Friday, 26 February 2016

Menjadi Seorang Backpacker


Menjadi Seorang Backpacker
Ketika orang berbicara tentang seorang backpacker yang ada dibenak saya adalah : Orang yang selalu keliling kemana-mana dan selalu punya tujuan yang jelas walaupun hanya dengan keuangan yang minim. Tapi secara tata bahasa Indonesia yang baik backpacker merupakan suatu perjalanan internasional secara independent.

Backpacker juga dapat diartikan seorang pengembara, seorang yang berpetualang ingin mengetahui isi dunia. Versi lebay menurut Emen sukceemen. haha. Di Indonesia backpacker ataupun hikking sudah menjadi trend, Ketika seseorang ingin melakukan perjalanan sendirian maupun secara kelompok. Pemikiran orang sekarang menyadari bahwa perjalanan bukan hal yang sangat mahal. Ketika orang bertanya "ngapain lu jadi backpacket, mending uangnya dikumpulin buat biaya hidup", memang kita semua membutuhkan biaya hidup. Tapi pengalaman itulah yang sangat mahal harganya dibandingkan dengan uang. 

Apa saja keuntungan menjadi seorang backpacker ? (petualang)



Menjadi Seorang Backpacker

1. Berpetualang itu menyenangkan

Karena hidup itu cuman sekali jangan sia siakan dengan hal yang bodoh misal dengan mabuk mabukan beli motor mewah dan lain lain, itu akan sia sia ketika orang hanya mengumpulkan uang saja, Kerja dan kerja.


Menjadi Seorang Backpacker


2. Lebih mengenal spot wisata

Ketika seorang backpacker melakukan perjalanan pasti dia akan mencari tau wisata wisata menarik di daerah tersebut, Itu akan berguna ketika temen kamu nanya spot wisata didaerah yang kamu kunjungin, bahkan lebih kerennya kamu malah menjadi peta untuk menuju tempat wisata yang sudah kamu kunjungi, bahkan kamu bisa dibayarin gratis sama temen ataupun sahabat.

Menjadi Seorang Backpacker


3. Menambah banyak teman bahkan relasi wisata

Menjadi seorang backpacker tak perlu malu. Karena pepatah mengatakan "Kalo lu malu lu nggak laper", itu hanya kiasan untuk saya pribadi biar bisa tidak punya malu, Mungkin sobat-sobit petani perlu itu agar tidak punya malu seperti saya ini. haha

karena kamu pasti akan ngerasain ketika kamu malu-malu sama orang dan hasilnya 0 kaya ujian matematika. hahha, saya belum bisa menjelaskan lebih rinci lagi, tapi coba deh sobat-sobit petani rasain haha..

Menjadi Seorang Backpacker


4.Backpacker itu murah meriah dan sangat mudah

Backpacker tidak perlu mahal, mengapa ? karena kalo mahal itu kurang berkesan kenangannya. Backpacker itu nggak harus mahal tapi percaya deh dengan uang minim saja kamu bisa jalan jalan. Kenapa sangat mudah? karena memang menjadi backpacker tidak semua para backpacker itu harus jalan kaki, coba sobat-sobit petani bayangkan bila backpacker jalan kaki dari Tangerang ke Bogor haha. selain menguras tenaga juga memakan waktu yang banyak.

Kamu bisa jalan-jalan memakai sepeda motor ataupun kendaraan lain yang kamu miliki, lalu keliling tempat wisata dengan teman, karena disitu kamu bisa menghemat dari patungan buat beli bensin, makan dan lain lain, itu sudah termasuk sangat mudah bukan.

Menjadi Seorang Backpacker


5. Mendapatkan pelajaran kehidupan dari setiap langkah yang lu injak

Maksudnya ketika kamu pergi jauh berpetualang, kamu akan belajar dan lebih mengenal sifat-sifat yang kamu miliki (intropeksi diri), bahkan kamu bisa memetik pelajaran dari teman-teman sendiri ketika kamu berpetualang bersama teman.

Petualang sejati tak hanya mengandalkan fisik semata namun pemikiran dan mental baja

Seorang backpacker juga memerlukan sebuah persiapan untuk memulai petualangannnya, Apa saja yang diperlukan? yuk simak yang dibawah ini.

1. Memerlukan perencanaan dan manajemen

Perencanaan sangat perlu untuk seorang backpacker, Karena ketika kita ingin mengunjungi suatu tempat perlu diadakan perencanaan karena :
- Kita belum mengenal daerah tsb
- Mencari tau tempat wisata di daerah tsb.
- Mencari rute jalan yang ingin dilalui
- Apakah daerah tsb aman untuk dikunjungi dan masih banyak lagi.

Manajemen untuk mengatur keuangan ketika kita sudah sampai disana, mencari hotel ataupun kamar untuk kita beristirahat. Menyewa kendaraan dan lain-lain.

2.Memanajemen waktu dan perjalanan

Manajemen waktu sangatlah penting untuk menjadi seorang backpacker, bahkan jika anda seorang pegawai anda sangat perlu untuk memanajemen waktu yang anda miliki.

Mencari waktu yang pas untuk melakukan backpacker sendirian maupun open trip, Menyusun waktu perjalanan dan mengatur keberangkatan bus, kereta bahkan pesawat. Jika diwaktu hari libur biasanya biayanya agak mahal untuk membeli tiket tersebut, maka diperlukannya manajemen waktu.
Baca juga : 60 Tempat Wisata di Yogyakarta
Jadwal Waktu perjalanan juga sangat diperlukan untuk seorang backpacker
untuk mengatur waktu berapa lama seorang backpacker diwisata tersebut, waktu istirahat, waktu makan serta waktu perjalanan.

Seorang backpacker sangatlah perlu untuk mengatur waktu yang baik.


3.Daftar bawaan seorang backpacker


Menjadi Seorang Backpacker

 

Apa saja yang daftar bawaan yang dibawa oleh seorang backpacker

Menjadi Seorang Backpacker

Kacamata
Kaca mata sangat diperlukan untuk mengurangi terpaan cahaya matahari yang sangat menyengat, ketika kita sedang melakukan perjalanan di siang hari, bisa juga untuk gaya agar tambah terlihat keren.

Menjadi Seorang Backpacker
Sleeping bag
Sleepingbag diperlukan ketika kita tidur diluar ruangan, untuk membuat tidur kita nyaman, menjaga suhu tubuh tetap hangat jika dicuaca dingin. Benda ini tidak perlu dipakai jika kita sudah memiliki kamar di hotel maupun di villa.

Disini saya Emen sukcemen akan bagi bagi tips cara memilih sleeping bag yang baik dan benar.

secara bentuk sleeping bag ada 2 macam yaitu Bentuk Murni dan Bentuk tikar/selimut

Bahan sleeping bag

1.Bahan polar
Memiliki keunggulan memberikan kehangatan yang baik dibandingkan dengan ukuran yang minim.

2.Bahan Dacron
Bahan yang hampir mirip dengan bahan boneka, bersifat ringan tapi cukup memakan tempat ditas maupun di cariel

3.Bahan parasit
bahan yang memiliki bobot cukup ringan, bahan parasit biasanya dilapisi dengan kapas atau bulu di bagian tengahnya yang akan membuat kamu lebih hangat.

4.Bahan sintetis (polyester)
Sleeping bag dengan bahan sintetis lebih ringan dan mudah kering.
 
Dari bahan yang sudah saya jelaskan diatas itu tergantung kebutuuhan atau keinginan para sobat-sobit petani, semakin mahal harganya semakin bagus kualitasnya.


Menjadi Seorang Backpacker
Pisau
Pisau digunakan untuk memotong, memotong sayuran, memotong ranting yang sudah kering juga masih banyak lagi kegunaan yang lain. Pisau sangatlah berguna ketika kita backpacker dihutan maupun digunung karena perlu digunakan untuk segala macam aktifitas yang berhubungan dengan pisau





Menjadi Seorang Backpacker
P3K(PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN)
P3K sangatlah  penting untuk dibawa, karena kita tidak tahu kapan kita akan terjatuh ataupun sakit, bahkan orang disekitar kita juga

Seorang backpacker sangat penting untuk memiliki kotak P3K sendiri agar jika suatu terjadi kecelakaan kita bisa menolong untuk tindakan pertama pencegahan.



Menjadi Seorang Backpacker
Tenda
Sangatlah penting untuk tempat kita berteduh ketika kita ingin beristirahat dan ingin menyegarkan badan.Ttenda terbagai menjadi bermacam jenis dan ukuran tergantung kebutuhan, ada yang 1 paket sama flysheet ataupun tidak sama sekali, ada juga ukurannya.

Saat ini pada umumnya produsen perlengkapan tenda/camping membagi produknya kedalam beberapa jenis yang mengarah pada penggunaan pada tenda tersebut, mereka menyebutnya dengan “tenda 3 musim dan tenda 4 musim”, perbedaan dari kedua tipe tenda tersebut terletak pada bahan yang dipakai dan bentuk rangka tendanya.
  • Untuk tenda 3 musim lebih banyak menggunakan material mesh (jaring) pada bagian dalam tendanya dan rangka tendanya lebih simple ada yang satu frame, dua dan paling banyak tiga frame.
  • Untuk tenda yang 4 musim atau dikenal juga dengan tenda ekpedisi, materialnya lebih baik tidak jarang juga terbuat dari bahan yang breathable dan rangkanya jauh lebih kokoh dengan empat frame bahkan sampe 5 frame yaitu Tenda Dome.


Cara mendirikan tenda untuk seorang backpacker



Tips pentingnya adalah:
  • Gunakan tali yang kuat sebagai tali pengencangnya.
  • Tambahkan bagian-bagian yang perlu dipasang pasak tenda.
  • Bawahlah flysheet tambahan jika flysheet tenda anda tersebut terlalu pendek dan tidak sampai menutupi hingga kebawah tenda.


Jaket
Sangat diperlukan untuk seorang backpacker, diutamakan yang berbahan tebal dan anti air (waterproof), untuk berjaga jaga suatu saat berada ditempat yang dingin.
Nanti diartikel berikutnya  kita akan membahas jenis jenis brand outdoor yang sudah terkenal di Indonesia, setelah kita membahas keperluan yang perlu dibawa oleh seorang backpacker.



Menjadi Seorang Backpacker
tas keriel yaitu alat penting untuk seorang backpacker untuk membawa alat alat yang diperlukan, tas ini berukuran dari 20L hingga mencapai 100L tergantung bawaan yang ingin dibawa oleh seorang backpacker.








Menjadi Seorang Backpacker
Perlengkapan masak dan juga kompor portable, diperlukan jika seorang backpacker melakukan perjalanan di outdoor di hutan maupun digunung. sangat mudah untuk dibawa dan tak mudah rusak.

Ada macam macam jenis kompor dan juga peralatan masak outdoor ini. tapi kita akan membahas sedikit demi sedikit agar kalian semua paham.

Kompor portable

kompor ini dibagi kedalam 2 jenis yaitu :

- Berbahan gas, biasanya kompor portable ini yang sering dimiliki oleh seorang backpacker karena     ringan dan mudah dibawa, gasnya juga mudah didapatkan
- Berbahan cairan, lalu yang ini kurang diminati karena banyak kekurangan ketika sedang dalam         keadaan cuaca yang ekstrim.
Baca juga : Tips Meningkatkan usaha brand outdoor backpacker di internet
Perlengkapan masak

Perlengkapan masak terbagi keberapa bentuk dan jumlah isi alat masak tersebut.

Berbentuk bulat, alat masak ini sangat portable dan dapat dilipat gagangnya, alat yang sering diminati oleh seorang backpacker untuk memasak. isi alat masaknya ada yang berisi 2 sampai 4 panci alat masak
- Berbentuk kotak, alat masak ini biasanya sering digunakan oleh tentara ketika sedang menyusuri hutan. tapi mudah didapatkan. namun kurang efisien untuk disimpan didalam tas karena ukurannya yang begitu besar.


Menjadi Seorang BackpackerSepatu
Sepatu suatu barang yang penting ketika kita berjalan ditempat yang terjal supaya tidak terpleset, disarankan untuk seorang backpacker membeli sepatu yang khusus outdoor, meskipun harganya cukup lumayan.

Keamanan dan kenyamanan backpacker ketika sedang dalam perjalanan itu sangat diperlukan.



Buat para sobat-sobit petani janagn takut backpackeran dengan sahabat, tunggu apa lagi yuk liburan. Salam lestari, salam bunga padi.

Gak Share Gak Asik

Jangan lewatkan

Menjadi Seorang Backpacker
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Ingin liburan gratis? Tambahkan email Anda untuk info liburan gratis.