Sunday, 14 February 2016

Volunter Gunung Guntur Jawa Barat

Tanggal 17 Agustus tanggal yang  istimewa dimana tanggal tersebut adalah tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia, saya melihat dimedia banyak pendaki gunung mengibarkan bendera merah putih dipuncak gunung-gunung indonesia, merah putih terlihat gagah menjulang tinggi dicakrawala dan dipuncak-puncak gunung Indonesia, melihat itu hanya kata takjub luar biasa dalam hati terasa. Dengan rasa penasaran untuk mendaki gunung atau (muncak) istilah dari para pendaki, saya beserta teman-teman merencanakan untuk mendaki sebuah gunung didaerah Garut Jawa Barat yaitu gunung Guntur yang berketinggian 2249 mdpl.

Kami adalah Volunter Gunung Guntur Jawa Barat yang tergabung dalam Pecinta Alam Negeri Sendiri (PETANI) mulai merencanakan pendakian kami yang tersusun dari 14 orang yaitu, Malik, Triyono, Diki, Rakhat, Kaylani, Latif, Fajar, Adhan, Dori, Mr. x, Alfie, Riska dan saya sendiri. Setelah koordinasi dan rencana yang tersusun kamipun mulai packing barang-barang,logistic, alat dan segala kebutuhan yang kami perlukan dalam pendakian, setelah semuanya fix kami siap untuk menaklukan gunung garut (si kecil cabe rawit) walaupun gunungnya hanya 2249 mdpl tetapi medannya sangat menantang maka kami sebut si kecil cabe rawit. Hehe..

Pendakian Gunung Guntur


Perjalanan kami mulai dari tanggal 28/30 Agustus 2015, mulai basecamp PETANI Batu ceper Tanggal 28 Agustus 2015 pukul 22.00 wib dengan mobil minibus trafel perjalanan kami tempuh 6 jam sesampainya disaung basecamp kaki gunung Guntur, kami sholat subuh, makan dan mulai memeriksa barang bawaan kami. Matahari mulai keluar dari tempat persembunyiannya kami berkumpul berdo’a bersama demi keselamatan pendakian kami kali ini.

Setelah melakukan transaksi di Pos administrasi dengan harga tiket Rp. 8.000/orang. Dan kamipun memulai pendakian saat itu pukul 06.00 wib, ramai pendaki yang mendaki dan juga turun mendaki, perjalana ke pos 1 sangat lancar kami hanya melihat batu-batuan besar dan pohon disekeliling jalan, pukul 07.00 wib tiba di pos 2 banyak pendaki yg beristirahat tapi kami terus melanjutkan pendakian, tiba dipos 3 kami beristirahat sekaligus mengisi air karena air hanya berada dipos ini dan pos selanjutnya tidak akan bisa kita mendapatkan air.

Volunteer Gunung Guntur Jawa Barat


Perjalanan yang terjal dan berbatu juga kemiringan yang sulit untuk berdiri memaksa kami agar sangat berhati-hati, semakin tinggi track pendakian pun semakin sulit kami lalui jalan berbatu menyulitkan kami tidak ada bonus track datar semuanya berbatu dan licin, pemandangan saat itu penuh suka cita karena banyak sekali lahan dari gunung Guntur yang hangus setelah kejadian kebakaran waktu kemarin, sesekali kami beristirahat mengatur nafas yang semakin lama semakin berat ,suatu pemandangan luar biasa bila kita mnghadap ke belakang yaitu pemandangan kota garut yang luas dan indahnya gunung cikuray juga anggunya gunung papandayan indah niaaan ciptaanMu Tuhan.

Volunteer Gunung Guntur Jawa Barat
Mt. Cikuray

Volunteer Gunung Guntur Jawa Barat
Mt. Papandayan

Perjalanan terus menanjak dan menanjak sesekali kami berhenti menghela nafas dan kamipun tidak serapi barisan awal semuanya berpencar tetapi tetap dalam kelompok, panas yang terik tak ada pohon besar sulit untuk berteduh kami hanya terus menanjak dan menanjak berjam-jam kami lalui melewati jam 12.00 wib.

Volunteer Gunung Guntur Jawa Barat

Volunteer Gunung Guntur Jawa Barat


Dan akhirnya saya bersama diki dan rahmat yang berada paling atas dari teman-teman segera melakukan pendakian cepat untuk mendirikan tenda dipuncak gunung, pukul 15.00 wib dengan susah payah dan tenaga yang masih tersimpan kami bertigapun tiba dipuncak tetapi kami tercengang ternyata puncak itu adalah puncak 1, dipuncak 1 ada tanah datar yang luas dan membentuk lembah kami kira itulah puncak Guntur tetapi itu hanya bayangan jadi itulah yang disebut puncak bayangan digunung Guntur. Kami mendepati beberapa tenda yang berada ditanah lapang tersebut kami bertiga segera memasang tenda, memasak air untuk menyambut teman-teman kami yang masih dibawah.

Setelah tenda terpasang dan air pun matang kami bersantai sejenak sambil menunggu teman-teman yang satu-persatu mulai tiba dipuncak 1. Perlahan tapi pasti pukul 16.00 wib semua teman-teman berhasil tiba dipos 1, segera mereka yang lelah langsung beristirahat dan kami mulai mendirikan beberapa tenda lagi karena sebagian tenda ada dicarrier teman yang lain. Sebagian pula ada yang memasak nasi dan lauk pauk untuk mengisi energy hehe..

Volunteer Gunung Guntur Jawa Barat


Pukul 17.00 wib sebagian dari kami mendaki puncak bayangan itu yang disebut puncak 2 dan puncak 3 (yang disebut top puncak) tetapi sebagian ada yang beristirahat ditenda, perjalanan ke puncak 2 kurang lebih 30 menit dibawah kabut yang gelap yang perlahan ketiup angin menambah indah pemandangan. Lalu perjalanan ke puncak 3 memakan waktu 20 menit mungkin saat maghrib kami tiba dipuncak 3 Subhanallaaah pemandangan yang menakjubkan sekali, langit jingga, terlihat pula puncak gunung papandayan, cikuray, ciremai, sunset, bulan dan matahari semua bercampur dilangit suatu keindahan yang tak dapat terlupakan sungguh maha karya luar biasa dari sang pencipta ALLAH swt.

Volunteer Gunung Guntur Jawa Barat

Volunteer Gunung Guntur Jawa Barat

Volunteer Gunung Guntur Jawa Barat


Kembali Kerumah


Setelah puas dengan alam puncak gunung Guntur Pukul 19.00 wib kami turun dari puncak 3 dan 2 untuk kembali ke tenda, jalan gelap dan licin hanya berbekal lampu senter kami turun dengan sangat hati-hati. Pukul 20.00 wib kami tiba ditenda ternyata sudah banyak sekali tenda-tenda para pendaki lain,kamipun beristirahat meminum kopi dan teh hangat dan makan malam yang menjalin kebersamaan, mamandang ke atas, langit penuh dengan bintang, memandang kebawah melihat kota garut yang bermandikan cahaya lampu, mata kami malam itu sungguh sangat dimanjakan dengan keindahan-keindahan alam dan sekitarnya. Kami hanya berkumpul, berbicara, tertawa bersama kawan-kawan pendaki lain disekitar kami.
Baca juga : Pendakian Gunung Guntur dan Penanaman Pohon
Malam itu sangat dingin terasa angin menusuk hingga  tulang-tulang, pukul 23.00 wib sebagian dari kami masih menikmati alam dan saling bicara dan sebagian ada yang sudah tidur. Waktu terus berjalan hingga pukul 05.00 wib kami bangun dan sudah ramai sekali dengan orang-orang yang ingin melihat sunrise tetapi kami semua kecewa cuaca sangat mendung dan berkabut, pukul 07.00 wib kamipun sarapan pagi penuh dengan kegembiraan, kesenangan dan kebahagiaan dan sebagian ada yang asik berfoto-foto mengambil kenangan digunung Guntur ini.

Pukul 09.00 kami bersih-bersih merapikan tenda, kompor, dan barang bawaan kami untuk segera turun, pukul 10.00 wib kamipun berkumpul berfoto bersama mengabadikan pengalaman pendakian Guntur, dan kami segera menuruni gunung Guntur. Saat turun kami hanya mendapatkan track pasir berbatu terus menerus, track yang jika diinjak mengeluarkan debu yang sangat tebal ini tak menghalangi kami untuk segera turun dan akhirnya track batu berpasir ada pula batu-batu yang besar  ini habis, sampailah kami di pos 3 disini pukul 14.00 wib kami beristirahat dan bermain-main membersihkan diri karena ada sungai yang mengalir sangat jernih. Lalu kami melanjutkan perjalanan turun sampai dibase camp bawah kaki gunung Guntur jam 16.00 wib, kami makan diwarung tersebut, lalu membersihkan diri, setelah semua selesai kami pun melakukan perjalanan pulang pukul 17.00 wib dimobil kami semua tertidur melepas lelah sampai akhirnya tiba dengan selamat, sehat wal afiat di basecamp PETANI Batu Ceper pukul 23.00 kamipun rehat sejenak ditemani kopi dan juga teh hangat sampai akhirnya satu-persatu pulang kerumah masing-masing.

Terima kasih Tuhan atas keindahan yang kami rasakan selama pendakian gunung Guntur Garut Jawa Barat..

PETANI ADV



Volunteer: Fadli a.k.a Ghamdi Al Uraidhi (PETANI)

Gak Share Gak Asik

Jangan lewatkan

Volunter Gunung Guntur Jawa Barat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Ingin liburan gratis? Tambahkan email Anda untuk info liburan gratis.

12 komentar

Tulis komentar
avatar
9 March 2016 at 09:11

pasti manis banget, ya, liat sunset di puncak gunung. Sayang banget saya kemaren gak sampai top puncak pas ke Guntur, hehe.

Reply
avatar
10 March 2016 at 17:01

kalau belum sampai puncak top balikin lagi jhe wi, sekalian bawa bibit pohon :)

Reply
avatar
11 March 2016 at 07:47

iya, nanti, deh :D
eh, lagi gencar penanaman bibit pohon, ya di Guntur?

Reply
avatar
11 March 2016 at 16:39

kapan-kapan bareng atuh, dari mne wi?
hmmmm bisa dibilang bgitu, kmren kan Beliau kena musibah kbakaran.

Reply
avatar
11 March 2016 at 21:35

ayo bareng, saya dari depok.
Selain kebakaran juga karena ada tambang pasir, tuh, jadi gersang banget.

Reply
avatar
13 March 2016 at 00:01

depok ny mne wi? ghue suka kesana, tapi di leuwinanggung nya.

klo urusan tambang pasir mah urusan pnduduk atawe pmerintah sonoh, klo dwi larang ntar anak bininya makan apa?

Reply
avatar
13 March 2016 at 21:55

saya di daerah arah cilodong. eh, leuwinanggung di mana, ya? belom tau daerah depok, hahaha.

wah iya, jadi kompleks urusannya kalo tentang pendapatan mah.

Reply
avatar
14 March 2016 at 16:55

cilodong malah ga tau w, tapos deket ga tuh?? klo engga citayem


yupzz.

Reply
avatar
14 March 2016 at 20:42

Tapos? duh, gak pernah main ke sana. Citayem, taunya stasiun doang, ahaha..

Reply
avatar
15 March 2016 at 16:44

yah leumah bukan depok asli yah. Mangnye Dwi asli mne?

Reply
avatar
15 March 2016 at 21:05

iya bukan asli depok. Udah 7 tahun, sih, di depok, tapi gak pernah jalan-jalan, hahaha..

Reply
avatar
21 March 2016 at 10:46

hahahha.. kebanyakan maen digunung sih lu.

Reply