Sunday, 28 February 2016

5 Wisata Alam Bawah Laut yang Paling Eksotis || petaniadv

Ngomong-ngomong tentang wisata alam, Indonesia begitu banyak memiliki panorama luar biasa mulai dari wisata alam, kota wisata, wisata religi bahkan gunung-gunung. kali ini saya akan membicarakan wisata alam bawah laut yang begitu eksotis di Indonesia

Semua penduduk Indonesia pasti tahu bahwa indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah dan Indonesia sendiri sangat perlu manusia-manusia yang tangguh untuk mengelola alamnya sendiri seperti yang dijelaskan tokoh atau seorang figur Iwan fals.

Sebenarnya kalau membicarakan soal SDA Indonesia itu sudah sangatlah  menipis, pembangunan ekonomi Indonesia tidak akan sukses kalau hanya mengandalkan SDA dan perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan tekhnologi.

Tentang Wisata Alam Bawah Laut


Indonesia tidak hanya memiliki keindahan pada pegunungan, bukit, air terjun dan pantainya saja, masih banyak lagi bagian alam dari Indonesia yang menyimpan pesona yang begitu menakjubkan salah satunya adalah Alam Bawah Laut, perlu di ingat Alam Bawah Laut bukan alam bawah sadar. hihihi..
Baca juga : Pantai Siung.
Ada banyak sekali wisata bawah laut yang sangat eksotis di Indonesia dan juga populer di tingkat dunia yang menjadi daya tarik wisatawan yang mempunyai hobi menyelam. Taman laut Inonesia terkenal karena ekosistem bawah lautnya yang masih sangat alami dan lengkap dengan terumbu karang yang hidup bedampingan dengan tumbuhan berjenis alga yang membentuk koloni karang yang terdiri atas ribuan hewan kecil serta dengan kawanan ikan yang beraneka warna menjadikan ini sebagai surga bawah laut yang membuat semakin indah.

4 Objek Wisata Bawah Laut yang Eksotis


1. Bunaken
5 Wisata Alam Bawah Laut yang Paling Eksotis || petaniadv

Sebagai taman nasional Indonesia wisata bawah laut ini belokasi di Sulawesi utara. diresmikan pada tahun 1991. Luas wilayah wisata bawah laut ini kurang lebih mencapai 890,65 km persegi dengan 97% diantaranya habitat laut

Taman laut bunaken memiliki lokasi diving terindah dengan kurang lebih mempunyai 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman yang berpariasi sampai 1.334 meter dari 20 titik itu 12 titik selam diantaranya adalah berada di sekitar pulau Bunaken dan di 12 titik inilah yang paling sering dikunjungi oleh penyelam bahkan pecinta alam bawah laut.

Pulau Bunaken juga pernah mencatat rekor baru dalam katagori penyelam terbanyak hinga mencapai 2861 penyelam yang diberi nama Sail Bunaken dan mendapatkan banyak pujian dari Diver diseluruh dunia serta mendapatkan penghargaan dari National Geographic sebagai taman laut terindah di Dunia.

2. Karimun Jawa
5 Wisata Alam Bawah Laut yang Paling Eksotis || petaniadv

Taman nasional wisata Karimunjawa terletak di kepulauan Karimun jawa kabupaten Jepara Jawa tengah yang terdiri dari 22 pulau. Taman nasional Karimun jawa memiliki  5 jenis ekosistem diantaranya : Hutan tropis dataran rendah, hutan pantai, hutan mangrove dan yang pastinyya terumbu karang serta padang lamun dan rumput laut. Berbagai flora banyak yang hidup di taman bawah laut ini seperti penyu sisik, penyu hijau yang saat ini sudah mulai langka.

Ada sekitar 30 lokasi penyelam di kepulauan Karimun jawa dengan terumbu karang yang indah dan biodata laut seperti ikan damsel dan ikan napolion. Tiga ekosistem utama yang berbeda adalah terumbu karang, padang lamun dan mangrove yang menjadi istana bagi ratusan spesies biota yang membentuk sebuah kota wabah laut yang ramai.

3. Raja Ampat
5 Wisata Alam Bawah Laut yang Paling Eksotis || petaniadv

Raja ampat banyak orang berpendapat Raja ampat adalah mutiara terpendam, karena memiliki lokasi menyelam terindah di Indonesia dengan keaneka ragaman kehidupan yang terlengkap didunia. Raja ampat terdiri dari 1.500 pulau yang tersebar di barat laut Papua. Pecinta alam bawah laut dan petualang lainya pasti tidak akan melewati Wisata Raja ampat sebagai tujuan wisata mereka.

Taman nasional Raja ampat merupakan taman nasional yang paling kaya dari seluruh area taman laut di wilayah Segitga koral dunia, Philipina, Indonesia-Papua Nuigini adalah negara/daerah yang dilindungi dengan konservasi perlindungan alam internasional.

4. Wakatobi
5 Wisata Alam Bawah Laut yang Paling Eksotis || petaniadv

Waka tobi adalah salah satu spot favorit bagi para pecinta diving di Indonesia. Objek wisata bahari yang satu ini terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wilayah seluas 1,39 juta hektar ini dipatenkan sebagai Taman wisata laut nasional Wakatobi pada tahun 1996 oleh pemerintah.

Taman nasional ini terhampar berbagai keanekaragaman kehidupan laut dengan skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas yang paling tinggi dari konservasi laut di Indonesia. Mungkin para sobat-sobit petani belum tau Wakatobi itu apa. Wakatobi adalah sebuah singkatan atau akronim dari 4 pulau besar  yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

5. Pulau Labengki

5 Wisata Alam Bawah Laut yang Paling Eksotis || petaniadv


Pulau Labengki merupakan pulau terindah yang terletak di Kec. Lasolo Desa Labengki Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, memiliki keindahan yang begitu mempesona, dengan karang-karang yang indah juga terdapat titik spot penyelaman yang sangat berkelas, perairan ini pun menjadi habitatnya species Kima atau karang raksasa yang besarnya bisa mencapai 50 cm. serta dihiasi dengan berbagai biodata laut yang hidup dengan kealamiannya.

Disini kamu dapat melihat mercusuar yang dibangun pada saat masa penjajahan Belanda. Sambutan hangat budaya dan keramahan suku Bajo akan kamu dapatkan disini, dizamin membuat para sobat/sobit betah berlama lama liburan di Pulau tersebut. Berbagai macam aktivitas bisa kamu lakukan disini seperti: Memancing, snorkeling, menyusuri pulau-pulau serta menyelam.

Buat para sobat-sobit petani tunggu apa lagi, mungkin wisata alam bawah laut sudah memanggil-manggil "Petaniadv kapan ksini" hahaa... Salam lestari salam bunga padi.

2 komentar

Saya senang sekali menemukan postingan anda dan bisa ikut memberi komentar menurut saya sangat berharga sekali bisa membaca tulisan anda, dan pada kesempatan ini akan saya manfaatkan untuk sumber referensi saya
Terima kasih banyak telah berbagi, saya berharap anda terus semangat menulis topik selanjutnya
http://paketraftingjawatimur.blogspot.co.id |
http://paketoutbounddijawatimur.blogspot.co.id |

Nice gan ,, kapan ya saya bisa kesaana ya gan,,, cuman mimpi kayaknya ehehe


EmoticonEmoticon