Sunday, 13 March 2016

3 Wisata Alam Camping Ground Untuk Keluarga

Bicara soal mengisi hari libur, apakah sobat-sobit petani suka menghabiskan hari libur dengan nonton di Mall, atau mandi di Water boom bahkan bermain di Pantai, menginap dihotel juga makan dilestoran ? Menurut saya pribadi, itu sudah biasa dilakukan oleh keluarga-keluarga masa kini. Mengapa tidak mencoba hal yang baru, atau sudah terlalu nyaman dizona sekarang ini ? kalau begitu langkahmu cukuplah dekat.

Bagaimana Dengan Kemping Keluarga ?

3 Wisata Alam Camping Ground

Mungkin mendengar kata kemping yang ada dikepala itu ribet, dengan barang bawaan seperti sleeping bag, nesting, kompor, alat masak seta sulit untuk mencari tempat pipis atau pup, belum lagi kalau hujan hahaha.. Buang jauh-jauh pikiran seperti itu.

Memang kemping identik dengan mendaki Gunung, kegiatan yang bisa menguras tenaga, bahkan semuanya harus dipersiapkan matang-matang, karena kegiatan mendaki bukan hal yang spele atau digampang-gampangin, sudah banyak pendaki yang meninggal di Gunung, ada banyak faktor yang menyebabkan seorang pendaki meninggal pada saat di Gunung diantaranya : Bencana alam, buruknya packaging, buruknya management logistik, kesalahan pada diri sendiri, hipotermia dan lain-lain.

Kemping tentu saja buka hal yang baru, apa lagi untuk para pecinta alam bahkan yang suka liburan di alam terbuka dan lebih seringnya dilakukan oleh orang-orang dewasa. Sangat jarang sekali ada seorang bapak yang membawa anak dan istrinya berwisata dialam terbuka, padahal jika para sobat-sobit petani mencoba hal baru seperti kemping, pasti akan sangat menyenangkan.
Baca juga : Mengatasi Gejala Hipotermia
Disini saya akan bercerita tentang berwisata alam yang aman dan nyaman, bisa disebut dengan kemping ceria atau Camping Ground. Ada banyak sekali lokasi untuk kemping yang aman dan kita tidak perlu lagi cape-cape membawa barang yang banyak dan berat seperti halnya mendaki, karena disini kita dapat berlibur, belajar sambil bermain dengan keluarga, sahabat serta teman kantor.

3 Lokasi Camping Ground yang Aman dan Nyaman


Sukamantri
3 Wisata Alam Camping Ground

Bukan hanya para traveler muda, pecinta alam dan pendaki saja yang bisa menikmati liburan sambil kemping. Sukamantri tempat camping ground yang menawarkan keceriaan bersama keluarga, membuat pengalaman anak-anak bertambah ketika liburan dialam terbuka.

Sukamantri terletak di bagian selatan kota bogor tepatnya dikaki gunung salak juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun disana para sobat-bit petani akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat berbeda, memasuki gerbang dengan jalan yang berbatu juga disambut dengan aroma pinus dan rasamala. Kemping ground di Sukamantri kita harus bayar Rp. 5000/orang dewasa, permalam. 

Disana kamu bisa menikmati aroma tanah dan segarnya udara serta jauh dari kebingungan sehari-hari. Fasilitas di kawasan Sukamantri cukuplah memadai dari toilet dengan air yang bersih (jernih), tempat beribadah (musholah), serta warung makan yang berjejer disekitar pintu masuk kawasan Sukamantri. Bila stok air di kolam habis disediakan sumur kerek yang akan menambah pengalaman baru buat sang anak.

Disini kita dapat melakukan aktivitas seperti bermain layang-layang, main kasti, hiking ke air terjun surya kencana, waktu berjalan hanya 40 menit perjalanan remaja dan dewasa serta permainan outdoor lainnya.

Mandalawangi
3 Wisata Alam Camping Ground

Bumi perkemahan mandalawangi atau yang dikenal dengan Mandalawangi Camping Ground adalah sebuah bumi perkemahan yang berada dikawasan  wisata cibodas, yang terletak di komplek balai besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Bumi perkemahan mandalawangi memiliki nuansa alam yang segar, sejuk juga indah. Tidak salah jika saya masukan dalam katagori buper favorit saya, karena disana para sobat-sobit petani akan disuguhklan dengan pemandangan sungai, danau tanah krikil, semak, serta hutan. Suhu yang relatif dingin menjadikan Bumi perkemahan mandalawangi ini ideal untuk dijadikan tempat kemping

Fasilitas dikawasan Bumi perkemahan Mandalawangi ini cukup lengkap kita bisa dengan mudah menemukan air bersih untuk memasak air, dilengkapi dengan toilet dan tempat ibadah. 

Jangan lupa menikmati fasilitas outdor activity seperti flaying fox, lintas danau lintas tali perahu dayung dan lain-lain.


Tanakita
3 Wisata Alam Camping Ground

Bukan hanya para traveler muda, pecinta alam dan pendaki saja yang bisa menikmati liburan sambil kemping. Tanakita yang terletak didepan taman nasional gede pangrango Kadudampit Cisaat Suka Bumi ada perkemahan yang ramah untuk keluarga, sehingga anak-anak dapat berliburan dengan asyik disana. 

Tanakita adalah tempat kemping yang berketinggian kurang lebih 1.100 mdpl  menjadikan tempat yang ideal untuk kemping. Tanakakita termasuk dalam wisata alam terbuka yang terbilang mewah dengan fasilitas yang nyaman jadi para sobat-sobit petani tidak usah repot membawa tenda atau perlengkapan lain nya karena disana sudah disediakan tenda set 4 dilengkapi dengan kasur, bantal, lampu dan colokan listrik.

Camping ground di Tanakita tergolong mahal, kita harus bayar untuk satu malam Rp. 550.000 sudah termasuk makan prasmanan 3 kali sehari .

Aktifitas lain yang bisa kita lakukan adalah treeking ke gunung sawer, lihat sunrise di situ Gunung, river-tubing disungai cigunung atau hanya jalan jalan di sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.


Setelah baca artikel ini apakah masih yakin tetap dizona aman yang hanya nonton dan mandi water boom. Kaki diciptakan untuk melangkah, melangkahlah sejauh mungkin karena tanpa langkah permulaan kamu tidak akan kemana-mana. Salam lestari, salam bunga padi.


EmoticonEmoticon