Saturday, 30 April 2016

6 Tips Urutan Packing Tas Carrier yang Baik dan Benar

6 TIPS URUTAN PACKING TAS CARRIER

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan Mountaineering yang memiliki resiko yang amat tinggi. Bagai mana tidak? Jelas, digunung kita sama sekali jauh dari segala modernisasi dan fasilitas lengkap yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak dapat memprediksi kondisi alam pada saat digunung, lalu kita dituntut untuk mencapai batas maksimal diri kita untuk bertahan di alam terbuka dengan cuaca yang selalu berubah-ubah dan tiba-tiba menjadi ekstrim, belum lagi dengan binatang buas, minimnya makanan, sumber air dan sebagainya.
Baca Juga : Materi dasar survival
Oleh karenanya, peralatan yang kita harus bawa saat mendaki harus lah lengkap dan harus selalu diperhatikan, karena itu modal kita untuk bertahan hidup di alam bebas. Ada banyak pendaki yang tidak memperhatikan tentang hal ini, biasanya karena mereka sudah pernah mendaki gunung tersebut, atau mungkin karena waktu mendaki hanya satu malam, atau mungkin karena hal lain yang membuat mereka tidak mementingkan peralatan yang dibawa serta menyepelekan pendakian.

Berikut ini ada beberapa 6 tips urutan packing tas carrier yang bisa sobat-sobit petani terapkan ketika akan packing carier untuk mendaki gunung atau bahkan kegiatan mounteneering lainnya.

Cara Packing Tas Carrier yang Baik dan Benar

Tas, carier, ransel atau rucksack adalah kebutuhan pokok abgi seorang pendaki dan saking hobinya sampai rela menguras tabungan untuk beli carier yang mahal-mahal. Namun yang sering sekali menjadi kendala adalah ketidak tahuan kita dalam mengemas atau packing barang-barang apa saja yang harus kita bawa didalam tas itu sendiri, yang menghasilkan bobot atau beban tas sobat-sobit sendiri menjadi berat.

6 TIPS URUTAN PACKING TAS CARRIER


1. Buat daftar perlengkapan yang akan dibawa

Sebelum sobat-sobit petani melakukan packing alangkah baiknya membuat daftar barang atau perlengkapan yang akan dibawa nanti, mulai dari yang penting atau yang wajib kalian bawa sampai saatnya menuju keperlengkapan tambahan. Hal ini sebenarnya sangat membantu sekali "menolak lupa" apa saja yang kita bawa lalu buatlah se-efesien mungkin.

2. Perhatikan Kapasitas Carrier Kamu

Setelah sobat-sobit menentukan dan membuat daftar perlengkapan yang akan di bawa tadi jangan lupakan kapasitas carriernya, muat atau tidak, kalau tidak pangkas daftar barang bawaan yang tadi sudah dicatat dengan memperhatikan fungsi dan keutamaan penggunaan barang tersebut. Kalau bisa Usahakan sobat-sobit petani mempunyai carrier dengan kapasitas yang pas untuk semua barang yang akan kamu bawa atau yang kamu butuhkan.

3. Lapisi Bagian Dalam Carrier

Sebelum mulai memasukan barang akan sangat bagus sekali jika bagian dalam carrier dilapisi dengan plastik, yang bertujuan agar tidak basah pada saat hujan dan dinginnya suhu gunung yang membuat bagian dalamnya anyeb.

4.Gunakan Matras Sebagai Frame

Ada sebagian pendaki yang meletakan matras diluar yang biasa kita lihat dibagian atas carrier atau bagian samping, selain tidak ada gunanya keberadaannya pun sangatlah mengganggu pada saat melewati medan yang amat sulit seperti berhadapan dengan ranting pohon yang menuntut kita harus merunduk. Usahakan matras tersebut diletakan melingkar didalam carrier berfungsi sebagai frame, hal tersebut membuat carrier sobat-sobit terlihat berotot, rapih dan tegak juga memudahkan kamu dalam menyusun barang.

5. Tas Harus seimbang

Susunan barang dalam ransel akan mempengaruhi beban dan kenyamanan pergerakan tubuh, jika salah posisi penempatan barang maka akan membuat punggung anda tidak nyaman dan tidak seimbang pada saat memikul beban dan berjalan di medan yang terjal bahkan yang dekat jurang.

Bagaimana cara menentukan tas carrier seimbang atau tidak? Tas tersebut harus bisa berdiri tanpa kita sandarkan lalu beri sedikit pukulan ringan, kalau jatuh berarti belum seimbang.

6. Jangan Biarkan Ruang Kosong

Jangan pernah biarkan ada ruang kosong, bila sobat-sobit membawa gelas plastik isilah gelas tersebut dengan barang lainya seperti roti, kopi atau teh dll.
Baca juga: Cara memilih tas carrier lengkap dengan funsinya.
Sudah ada 6 tips urutan packing tas carrier ala petaniadv. Muda-mudahan dengan memperhatikan cara packing yang benar ini setidaknya sobat-sobit petani bisa mengurangi resiko bahaya naik gunung. Apabila sobat-sobit petani mendaki gunung, janganlah pernah menyepelekan hal-hal kecil apapun. Ingat .. !!! alam bisa jadi sahabat yang mengasyikan bahkan bisa menjadi musuh yang menghancurkan atau mematikan. Salam lestari, salam bunga padi.


#sumber : Sobat petualang dan rayadventure


EmoticonEmoticon