Thursday, 19 May 2016

Memilih Tas Carriel Lengkap dengan Fungsinya


Dalam kegiatan berpetualang di alam terbuka seperti naik gunung, mungkin para sobat/sobit petani sudah mengetahui, bahwa mendaki gunung adalah kegiatan Mounteneering yang memiliki resiko begitu tinggi, karena pada saat di gunung kita sama sekali jauh dari semua fasilitas lengkap yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak sekali rintangan yang akan kita hadapi pada saat digunung seperti : Buruknya cuaca yang datang tiba-tiba, binatang buas, minimnya makanan serrta minuman, dan masih banyak lagi.

Ransel merupakan salah satu unsur penting yang harus di perhatikan, mengapa? Karena seluruh perlengkapan yang sobat/sobit petani butuhkan pada saat di gunung harus terbawa menggunakan ransel. Ranselku soulmate ku.

Berikut ini adalah tips "memilih tas carriel Lengkap dengan Fungsinya" yang harus sobat/sobit petani ketahui pada saat membeli ransel.

Memilih Tas Carriel Lengkap dengan Fungsinya


Tips Memilih Tas Carrier / Ransel

Memilih tas carrier yang tepat memang mudah-mudah gampang, atau gampang-gampang susah. mulai dari masalah model, warna yang sobat/sobit petani suka sampai ukuran yang cocok untuk postur tubuh sobat/sobit. Kalau menurut saya pribadi utamakanlah kenyamanan. Jangan tergiur harga murah, kalau tidak nyaman untuk apa?

Sebelum membeli ransel atau tas carrier, simaklah 8 hal penting yang perlu sobat/sobit petani ketahui.

Memilih Tas Carriel Lengkap dengan Fungsinya

1. Kapasitas Tas/Carrier

Usahakan pilihlah ukuran ransel yang sobat/sobit petani butuhkan. Ketika sobat/sobit petani ingin melakukan perjalanan pendek disarankan memilih ransel yang berukuran 30L sampai 40L. Ukuran ini cukup  memadai, sebagai tempat atau wadah membawa perlengkapan yang terbilang terbatas.

Ketika sobat/sobit petani melakukan perjalanan yang membutuhkan waktu sedang, seperti menginap satu malam, disarankan menggunakan ransel yang berukuran 50-60 L, ukuran ini akan lebih baik, karena kamu akan membawa perlengkapan yang agak banyak.

Sedangkan, bila sobat/sobit petani ingin melakukan perjalanan panjang atau jauh, yang mungkin  bisa memakan waktu berhari-hari, gunakanlah carrier yang berukuran 65-75 L, ukuran ini akan lebih baik, karena perlengkapan yang kamu bawa akan lebih banyak seperti tenda, alat masak, persediaan logistik, pakaian ganti dan lain-lain, semua akan mudah masuk didalamnya.

2. Jenis dan Bentuk Tas/Carrier

Bicara tentang bentuk ransel atau tas carrier. Pada umumnya, bentuk ransel itu lonjong dengan lebar yang sudah disesuaikan dengan lebar bahu kebanyakan orang. Selain untuk kenyamaan sipemakai, bentuk seperti itu juga akan terlihat bagus pada saat digendong, dari pada ransel yang mempunyai lebar jauh dari ukuran bahu kebanyakan orang.

Ada juga ransel yang dilengkapi dengan rangka metal yang mudah dilepas saat kita tidak memerlukannya. Rangka itu sendiri berfungsi menstabilkan dudukan dan bentuk ransel agar tidak mudah tergeser pada saat digendong.

3. Jumlah Bukaan Tas/Carrier

Tas carrier yang bagus biasanya dilengkapi dengan empat bukaan yang berada di bagian atas, tengah, belakang dan bawah. Jumlah bukaan pada tas carrier amatlah sangat membantu, ketika sobat/sobit petani membutuhkan barang yang ingin dipergunakan, tidak perlu repot-repot membuka bagian atas dengan membongkar semua.

Jika memang sobat/sobit petani membeli dengan bukaan yang hanya diatas untuk menghindari pembongkaran tas, mungkin bisa diatasi dengan packing yang sesuai.
Baca Juga : Urutan Packing Tas Carrier

4.Memilih Tali Bahu Tas/Carrier

Tali bahu ini jangan diremehkan, perhatikan benar penyangga bebannya, apakah lebarnya cukup, juga perhatikan jahitannya kuat atau tidak serta memiliki bantalan yang empuk. Sering sekali saya melihat carrier yang memiliki tali bahu yang tidak empuk, kalau itu carrier lama sangat wajar sekali, tetapi yang saya lihat ini baru. Dalam membeli tas, cobalah untuk kamu pakai tas tersebut agar kamu mengetahui apakah tali bahu tas tersebut empuk atau tidak. Oh iya !!! Jangan lupa juga pilih carrier yang memiliki tali dada yang berfungsi membantu untuk menopang beban.

5. Memilih Tali Pinggang Tas/Carrier

Tali pinggang ini berperan penting, karena tali pinggang bekerja sama dengan tali bahu, keduanya saling berbagi beban. Usahakan memilih tali pinggang yang empuk serta pas dipinggang. Ketika tali pinggang pas dan nyaman sudah pasti tidak akan lepas, dengan otomatis beban pada bahu akan berkurang.

6. Memilih Bantalan Punggung Tas/Carrier

Bantalan punggung yang empuk, sudah pasti nyaman pada saat dibawa atau di gendong, walaupun dalam kemiringan ekstrim sekalipun. Usahakan memilih tas carrier yang memiliki bantalan punggung empuk serta memiliki rongga udara breathable dan mudah kering.  Selain nyaman di bawa, bantalan punggung yang empuk juga berguna pada saat kamu bersandar pada waktu istirahat.

7. Kantong Tas/Carrier

Pilihlah carrier yang memiliki kantong quick express sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Contohnya kantong untuk menaruh botol minum, ponco dan senter serta barang-barang yang sering dipergunakan pada saat diperjalanan.

8. Metode Torso Tas/Carrier

Banyak diantara kita melakukan kesalahan dalam memilih ransel atau tas carrier yang cocok untuk badan kita, kebanyakan orang cenderung memilih berdasarkan kapasitas ransel. Padahal ransel besar belum tentu cocok dengan ukuran badan kita.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ransel atau tas carrier dengan panjang torso pada tubuh kita, karena panjang torso pada tubuh kita akan menunjukan ukuran back system yang cocok dari sebuah ransel.

Cara mengukur panjang dari torso

  • Berdiri tegak dengan kaki selebar bahu
  • Cari benjolan tulang yang ada dipangkalan leher, dimana garis bahu bertemu dengan leher. Kalau sobat/sobit sulit untuk melakukannya, cobalah tundukan kepala sobat/sobit kedepan agar lebih mudah untuk menemukannya.
  • Dari titik tersebut, gunakanlah meteran untuk mengukur dari bawah sampai ketonjolan dasar sampai kebelakang yang bertemu dengan tulang pinggul
  • Ukuran yang sobat/sobit petani dapatkan menunjukan ukuran ransel atau tas carrier yang cocok ditubuh sobat/sobit sendiri.
Ukuran XS : Memiliki panjang torso 35-39 cm
Ukuran S : Memiliki panjang torso 40-44 cm
Ukuran M : Memiliki panjang torso 45-49 cm
Ukuran L : Memiliki panjang torso 50-54 cm


Bagaimana sobat/sobit petani? Sudah bisa memilih tas carrier yang pas untuk teman jalan kamu? kalau masih bingung, datang saja ke basecamp petani, menjual segala macam perlengkapan outdoor (lengkap).

Bila ada yang kurang dan ada yang ingin menambahkan bisa melalui kolam komentar dibawah. Terimakasih, selamat mendaki. Salam lestari, salam bunga padi.

4 komentar

Tas carrier / keril / carriel bisa menjadi salah satu kado untuk kekasih hati seorang pendaki. Terima kasih atas info cara memilih tas carriel yang baik.....

Mantap nih, bisa jadi refferensi saat beli tas


EmoticonEmoticon