Tuesday, 7 June 2016

Memilih Sepatu Gunung untuk Hiking dan Tracking

Assalamualaikum sobat/sobit petani, apa kabar? muda-mudahan semua sehat dan bahagia. Hari ini gue akan membagikan tips memilih sepatu gunung yang baik dan benar, benar menurut gue yah hihihi..

Mengapa gue memposting cara memilih sepatu? karena sering banget gue ngeliat banyak pendaki sepatunya pada jebol, selanjutnya apa? yups, bener banget !!! sendal jepit sebagai penggantinya, ada juga yang nyeker. Loh emang enggak sakit yah? itukan lumayan sakit, selanjutnya apa yang akan terjadi, kulit kaki sobek, terkena akar serta batu-batu yang tajam.

Ada lagi kasus pendaki musiman, yang kalau mau naik pinjam alat, contohnya sepatu. baru sampe pos 1 kaki udeh pada lecet, selanjutnya apa yang dilakukan, pakai sendal jepit lagi, aadduuhh.. usahakan hindari hal-hal yang seperti ini yah sobat/sobit petani, guna untuk keamanan dan kenyamanan, karena prosedur pendakian harus menggunakan sepatu.

Dalam kegiatan mendaki gunung, sepatu menjadi perlengkapan yang begitu penting, oleh karenanya janganlah sampai salah memakai sepatu gunung, karena kalau sampai salah bisa menimbulkan cedera.

Keselamatan para pendaki harus diprioritaskan, karena apapun alasannya gunung bukanlah tempat yang bisa didaki hanya bermodalkan semangat doank. Udah enggak sedikit bro, pendaki mengalami yang namanya kecelakaan, yang di karenakan faktor alam maupun diri sendiri.

Berikut ini ada beberapa tis cara memilih sepatu gunung untuk hiking dan tracking semoga bermanfaat bagi sobat/sobit petani.

Memilih Sepatu Gunung untuk Hiking dan Tracking


Tip Memilih Sepatu Gunung



Sensasi ketika berada dipegunungan jelas sangat memacu andrenalin, keindahan yang ditawarkan membuat kebanyakan orang yang melihat tidak akan lelah untuk menjelajahi alam Indonesia. Berikut ini ada beberapa tips cara memilih sepatu gunung untuk hiking dan tracking, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Ketahui Jenis Sepatu Gunung Kamu

Sebelum sobat/sobit ingin membeli sepatu gunung, usahakan kenali jenis sepatunya terlebih dahulu. Mungkin kalian pernah melihat sepatu yang panjangnya melebihi mata kaki, ada juga yang di bawah mata kaki. Sepatu jenis seperti itu dibuat ada fungsi-fungsi khusus.

Seperti sepatu jenis lehernya pendek, biasa digunakan untuk medan yang tidak terlalu berat. Sedangkan sepatu yang panjang bagus digunakan untuk medan yang berat atau pendakian yang membutuhkan waktu lama. Karena sepatu yang melebihi mata kaki akan mengurangi resiko cedera engkel saat terpeleset.

Ketahui Bahan Sepatu Gunung Kamu

Dalam memilih sepatu gue paling suka sama yang anti air, mengapa? Karena sepatu gunung yang berkualitas baik harus memiliki sifat anti air, sepatu yang memiliki sifat anti air akan membuatmu tetap nyaman walau berjalan dijalan yang basah.

Hal yang kedua dalam memilih sepatu adalah perhatikan jenis bahan sepatu itu sendiri, ini adalah hal yang harus sobat/sobit petani perhatikan, bahwa bahan bahan sepatu gunung yang kamu gunakan haruslah nyaman, apalagi untuk medan yang berat dan jauh.

Perlu sobat/sobit petani ingat, bahwa sepatu terbaik untuk naik gunung harus berbahan sintesis, mengapa? Karena bahan sitesis akan memberikan sirkulasi udara yang baik untuk kaki kita. Usahakan hindari sepatu gunung yang menggunakan bahan kanvas atau karet, mengapa? Karena sepatu dengan jenis bahan kanvas/karet akan mudah robek.

Kenyamanan Sepatu Gunung kamu

Mungkin para sobat/sobit petani tidak ingin ada yang namanya hambatan pada saat mendaki, yang disebabkan karena salah memilih sepatu gunung. Apabila sobat/sobit ingin pendakiannya lancar, dan bisa mengurangi resiko cedera, perhatikanlah kenyamanan dan kualitas sepatu yang akan sobat/sobit pakai, karena sepatu gunung yang baik itu pasti dilengkapi denngan bantalan, yang berfungsi menhindari resiko cedera dan lecet-lecet.

Seperti yang gue udeh jelasin diatas, pilihlah sepatu gunung yang berbahan/kulit sintesis, karena bahan tersebut memiliki ketahanan yang cukup lama, sangat berbeda dengan bahan kanvas, yang kalau diangkat ringan sudah pasti cepat rusak. Lalu jangan lupa dengan yang namanya  anti air atau bahasa kerennya waterproof agar sepatu yang kamu pakai tidak mudah basah.

Pilihlah Sepatu Gunung Dengan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara bisa gue bilang kewajiban untuk sebuah sepatu, bahwa sepatu gunung yang baik harus memiliki sirkulasi udara yang baik agar tetap nyaman saat dipakai, uap keringat kaki yang keluar saat beraktifitas akan mudah keluar dan berganti dengan udara yang baru, hal ini akan membuat kaki kamu terhindar dari pertumbuhan jamur.

Kekuatan Sol Sepatu Gunung Kamu

Nah,, Solpat ini perlu sobat/sobit petani perhatikan, mengingat dalam sebuah pendakian tidak bisa dilewati dengan sepatu biasa. Sebaiknya usahakan dalam memilih sepatu gunung yang memiliki sol berpunggung tinggi, karena sol dengan punggung tinggi akan membuat sol tersebt mudah  menempel pada permukaan, yang akan membuat perjalanan sobat/sobit nyaman.

Gunakan Kaos kaki saat Pendakian

Menggunakan kaos kaki amatlah penting, karena kaos kaki akan menyerap keringat yang keluar dari kaki,  kita bisa terhindar dari resiko lecet. Pilihlah kaos kaki yang berbahan wool tebal, mengapa? Karena wool bisa melakukan sirkulasi udara yang lebih baik, kaki sobat/sobit pun akan lebih terasa nyaman.

Pilih Ukuran Sepatu Gunung yang Agak Besar

Ukuran sepatu, ini  adalah point yang paling penting, menurut gue pribadi ketika memilih sepatu gunung usahakan agak besar, arti dari agak besar itu tidak besar dan tidak sempit. Kalau sobat/sobit petani pergi ngampus, ngantor atau aktivitas sehari-hari menggunakan sepatu size 39, ketika sobat/sobit membeli sapatu gunung, cobalah dilebihkan ukurannya menjadi 40. Oh iyah !! Jangan lupakan kenyamanan.
Baca Juga : Cara Memilih Tas Carrier Lengkap dengan Fungsinya
Setelah membaca artikel ini, apakah sobat/sobit petani masih mau memakai sepatu asal-asalan? untuk hobimu, jangan tanggung-tanggung bro !!! Pilihlah sepatu gunung yang cocok untuk semua medan, dari yang berbatu sampai tanah yang licin. Pilih sepatu gunung dengan merek yang ternama, serta design, kekuatan dan kualitasnya sudah terbukti.

Semoga bermanfaat, kurang lebihnya bisa kalian tambahkan dikolam komentar.
Salam lestari, salam bunga bunga paadi padi.

Gak Share Gak Asik

Jangan lewatkan

Memilih Sepatu Gunung untuk Hiking dan Tracking
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Ingin liburan gratis? Tambahkan email Anda untuk info liburan gratis.