Monday, 27 June 2016

Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan || Petaniadv

Bicara Gunung Ciremai, mungkin didalam pikiran sobat/sobit petani gunung ciremai ini gunung yang seram dengan segala macam mitos yang tersebar luas, kalau saya bilang setiap gunung itu pasti seram, asalkan kalian sopan, dan tidak bicara sembarangan insya allah tidak akan diganggu.

Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Gunung Ciremai ialah Gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 3.078 meter diatas permukaan laut. Awal mulanya Gunung Ciremai ini adalah sebuah kawasan konservasi, lalu Pada tanggal 19 Oktober 2004 pemerintah mengubah yang awalnya Gunung Ciremai ini berstatus hutan lindung menjadi Taman Nasional, dimaksudkan untuk melindungi kekayaan hayati serta lingkungan di sekitar wilayah Gunung Ciremai.

Gunung Ciremai ini termasuk dalam Gunung tertinggi di Jawa Barat, Gunung ini akan menemani perjalanan kamu pada saat dikereta, karena akan terlihat jelas pada saat kamu melewati jalur pantura sekitar Kota Cirebon.

Taman Nasional Gunung Ciremai memiliki titik ketinggian 3.078 m dpl, mempunyai track sepanjang 10 km, ditemani dengan medan yang begitu berat. Wahh mungkin ini alasan mengapa kita harus menginjak Gunung Ciremai terlebih dahulu sebelum menginjak Gunung tanah Jawa Tengah.


Rute Menuju Gunung Ciremai via Palutungan


Akses menuju Gunung Ciremai via Palutungan amatlah mudah, ketika kamu sudah berada di Kota Kuningan bisa menyetop angkutan umum lalu turun di Resort Cigugur atau Kantor Taman Nasional Gunung Ciremai, walau jalur pendakian Gunung Ciremai via Palutungan amatlah mudah bahkan sudah begitu populer dikalangan masyarakat Kuningan, maka janganlah sungkan untuk bertanya, karena malu bertanya sesat di kamar.

Disetiap daerah atau Kota sobat/sobit petani tinggal pasti ada bus yang menuju kuningan, bila kamu dari Tangerang bisa mengunjungi Terminal Kalideres atau Poris Plawad, jangan sungkan untuk bertanya jam keberangkatan bus yang kamu suka.

Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Sebenarnya Gunung Ciremai memiliki 3 rute pendakian diantaranya : Gunung Ciemai via Apuy, Gunung Ciremai via Palutungan dan yang terakhir Gunung Ciremai via Lingkar Jati. Semua bisa kalian leawati insya Allah aman dan selalu utamakan keselamatan. Kali ini saya memilih pendakian Gunung Ciremai via Palutungan, mengapa? karena jalur ini yang menurut saya cocok untuk kamu yang baru menginjak Gunung Ciremai. Simaklah ulasan dibawah ini.
Baca Juga : Mendaki Gunung Kinabalu dengan Harga Murah
Pendakian dimulai dari Basecamp menuju Pos I Cigowong. Perlu diingat kamu bisa isi ranselmu air di Basecamp secukupnya, karena air bisa kamu dapati di Pos I Cigowong. Waktu tempuh yang akan kamu habiskan kurang lebih 2 Jam.
Pendakian Gunung Ciremai via PalutunganPendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Perjalanan dilanjutkan dari Pos I menuju Pos II Kuta. Jarak tempuh menuju pos II ini terbilang amatlah cepat, karena kamu akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit saja.

Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Perjalanan dilanjutkan dari Pos II menuju Pos III Pangguyangan Badak. Perlu diingat dijalur ini kamu harus selalu lebih berhati-hati, karena kamu akan melewati track memutar serta ribun. Jarak tempuh kurang lebih 1 Jam.


Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Perjalanan dilanjutkan dari Pos III menuju Pos IV ARBAN. Track  yang akan sobat/sobit petani lalui medannya akan lebih menantang/berat (menanjat). Jarak tempuh yang akan kamu habiskan kurang lebih 1 jam 20 menit.

Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Perjalanan dilanjutkan dari Pos IV menuju Pos V Tanjakan Asoy. Namanya jhe sudah tanjakan asoy, sudah pasti menanjat, kalo anak petani bilang ini adalah tanjakan melehoy, hahaha. Waktu yang akan kamu habiskan kurang lebih 45 menit.

Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Perjalanan dilanjutkan dari Pos V menuju Pos VI Pasangrahan. Track menuju pasangrahan masih tergolong sulit, karena kamu masih melalui track yang menanjat. Waktu yang akan kamu habiskan kurang lebih 1 jam.


Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Perjalanan dilanjutkan dari Pos VI menuju Pos VII Sangyang Ropoh. Track menuju Sangyang Roppoh ini masihlah teramat berat, karena sebagian besar tracknya berdominasi menanjat. Disini kamu juga akan menemukan persimpangan yaitu jalur Apuy.

Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Perjalanan dilanjutkan dari Pos VII menuju Pos VIII Goa Walet. Tracknya masih sama broh menanjat, tapi jangan hawatir kamu bisa mendirikan tenda disini (Goa walet) kurang lebih bisa menampung 9 s/d 11 tenda, termasuk tempat favorit juga untuk bermalam. Waktu yang akan kamu tempuh kurang lebih 1 jam.

Pendakian Gunung Ciremai via PalutunganPendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Perjalanan dilanjutkan dari Pos VIII menuju Puncak. Dalam waktu 30 menit kamu sudah bisa melihat keindahan kota Cirebon, Majalengka, Laut Jawa, Gunung Slamet yang berada disisi Timur serta Kawah atau Kaldera yang cukup besar.



Bagaimana? asik kan !!! iye kalau baca tentang pendakian di situs-situs mah enak, terasa cepat. hahaha. Ywdh cobain dah, tetapi tetap ingat utamakan keselamatan, bawa kembali sampahmu, buang sikap sombongmu. Salam lestari salam bunga padi.

2 komentar

MU nanya gan? Kalau naik dari Palutungan turun lingkarjti dapat sertifikat GA yh?

Kaya'e ga dapet gan, kalau mau dapet sertifikat harus naik lingkar jati turun pun di lingkar jati juga.


EmoticonEmoticon