Monday, 6 June 2016

Pendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak Galau

Pendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak Galau
Hari ini tepat tanggal 05-Juni-2016, saya bersama teman saya yang bernama Indah kusuma utami, tanpa direncanakan sekalipun, kita berdua sepakat untuk mendaki Gunung Kapur, bertujuan untuk melihat hilal. hihihihihi.. karena kita berdua naik tepat di akhir bulan syawal. Awal nye sih saya tidak mau, karena saya cowo murahan, kalau diajak naik gunung, jadi hayukk jhe. hahaha ditambah rasa penasaran sama yang namanya puncak galau, dari pada bete dirumah, mending jalan-jalan. :p



Pertama-tama apa yang saya lakukan? Inget sama lagu Dora, yang liriknya gini : Jika kau mencari tempat, akulah orang yang tepat, aku peta aku peta - aku peta. tiba-tiba Indah langsung bertanya, mau kemana kita? "Gunung kapur", yeeee ayoo brangkatt !!! barulah kita googling tentang gunung kapur.

Ketika saya googliing dan saya mendapatkan alamat tersebut. Dan saya ucapkan terimakasih kepada temen-temen yang sudah berbagi cerita tentang Gunung kapur tersebut, berkat kalian saya bisa kesana tanpa nyasar.

Pendakian Gunung Kapur Ciampea


Malam itu tgl 04-Juni-2016, Keluarga besar Insting Independent Scooter Ingrained Tangerang merayakan Aniversery yang ke 2 tahun, saya dan keluarga insting sangat merasa senang sekali, muda-mudahan Insting berumur panjang, tetap ada sampai saya punya anak cucu. Lalu saya habiskanlah malam bersama saudara-saudara Insting. waktu menunjukan pukul 02:00 wib, sayapun pulang, lalu bobo di Base camp petani, lumayanlah buat mengisi daya, karena besok paginya mau ke Gunung kapur puncak galau.

Janjian sama Indah jam 7:00 WIB, dan akhirnya !!! Yesss. saya telat. ibu negarapun naik pitam haha.. Terimakasih kepada Afriyadi yang udah mau bangunin, tanpa kau mungkin saya telat 3 jam.

Tepat Jam 07:30 wib, saya bersama rekan saya memulai perjalanan dari  Tangerang Alam sutra. Judul yang tepat adalah antara aku indah dan vespa ku. Perjalanan menuju Gunung kapur ciampea ini cukup lancar, serta tidak macet seperti halnya dijakarta yang padat kendaraannya. Singkat cerita sampailah kita di Kota Bogor Ciampea, tepatnya pukul 10:00 wib.

Sebelum melakukan pendakian, walaupun gunung kapur ini tidak terlalu tinggi, hanya 354 mdpl, safety prosedur mendaki tidak ketinggalan, mengambil surat izin mendaki (Rp.5000), menggunakan Sepatu Traacking, sarapan, dan berdoa.
Pendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak GalauPendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak Galau

Perjalananku dimulai dengan melewati lapangan bola. Untuk melewati lapangan bola itu diperlukan waktu sebentar, kira-kira hmmmm.. dateng jhe deh, nanti juga tau haha. Tidak bersolek 10 jam, perjalanan kita akan ditemani dengan cantiknya Hutan Jati. tanah yang basah/belok, membuat perjanan tambah berwarna haha. (malamnya hujan dibogor).

Tidak lama kita berjalan, akhirnya sampailah kita dipintu masuk hutan, disini kita akan menikmati tanjakan yang lumayan membuat jantung ini berdebar kencang. Saya terus menikmati perjalanan sambil melihat kiri dan kanan. Menurut artikel yang saya baca, di guunung kapur katanya terdapat banyak monyet, sayang sekali saya tidak menemukannya. :(

Pendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak Galau


Dan dengan pelan kita berjalan. Akhirnya sampailah kita di Puncak Galau, yang memiliki ketinggian 354 mdpl. Gunung kapur memiliki tiga puncak, yaitu Puncak lalana, puncak Gantung dan yang terkenal adalah puncak galau. dari puncak galau ke puncak gantung itu membutuh kan waktu kira-kira 10 menitlah, tetapi kita harus turun dulu, lalu menanjat lagi.

Pendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak Galau
Pendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak GalauPendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak Galau


Terakhir kita menguunjungi  puncak lalana yang tinggal tengok doank dari puncak gantung udah terlihat. setelah puas menjelajahi 3 puncak gunung kapur, perutpun mulai terasa lapar, kita memutuskan untuk turun dan memasang  hamok sambil menikmati alam dan cemilan yang kita bawa. Waktu istirahat kami habiskan 30 menit setelah itu beres-beres dan turun pulang.

Pendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak Galau


Perjalanan turun tidak seperti naik, karena tracknya licin kita turun menghabiskan waktu kurang lebih 60 menit untuk sampai Base camp Gunung kapur Ciampea tepat pukul 13:00. Dari base Camp kita terus pulang sehabis cuci kaki dan bersih-bersih. Singkat cerita, sampailah kita dirumah tercinta jam  16:00 wib.
Baca Juga : Pendakian Gunung Guntur
Buat sobat/sobit petani, cobain deh mendaki gunung kapur, walaupun sekarang bulan puasa, janganlah dijadikan alasan untuk berhenti mendaki. pilihlah gunung yang gemes dan tidak terlalu tinggi, lebih cantik lagi sambil menikmati menu buka puasa dipuncak gunung tersebut.

Rute Menuju Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak Galau


Sebenarnya jalan menuju Gunung Kapur Ciampea Bogor itu enggak sulit, cukup pakai GPS jhe seperti saya hhiii. sobat/sobit petani juga bebas menggunakan aplikasi apa saja seperti waze atau maps google. Kalian tidak usah ketik puncak galau, kalian hanya berpatokan pada RM. Tapak Rasa, nah si maps tersebut akan menunjukan jalan untuk menuju RM. Tapak Rasa.

 rm tapak rasa


Disebelah warung makan tersebut ada gang beserta pangkalan ojek, kalian bisa tanya atau menggunakan jasa ojek mereka (apabila tidak bawa kendaraan).

Sekian dari saya dan semoga artikel ini bermanfaat. Saya Rangga Nasi mengucapkan: Selamat Menunaikan Ibada Puasa. Salam lestari, salam bunga padi.



Gak Share Gak Asik

Jangan lewatkan

Pendakian Gunung Kapur Ciampea Bogor || Puncak Galau
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Ingin liburan gratis? Tambahkan email Anda untuk info liburan gratis.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
9 June 2017 at 15:49

biaya ndaki gunung RP5000 kak atau itu hanya izin ndaki,keterangan harga lengkapnya kak??(terimakasih)

Reply
avatar
10 June 2017 at 04:05

Kalau Novan udah dapet simaksi atau surat izin masuk itu sudah sama dgn biaya mendaki, hanya 5000 jhe, oh Iyah parkir juga 5000. (Kalau bawa kendaraan).
Disana juga banyak buku, jadi Novan selesai mendaki bisa istirahat di basecamp sambil baca".

Reply