Tuesday, 12 July 2016

Pendakian Gunung Merbabu via Selo || Petaniadv

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung favorit para pendaki pemula, karena jalur pendakian gunung Merbabu ini cukup bersahabat. Mungkin ada beberapa sobat/sobit petani yang belum pernah atau belum sempat berdiri tepat di puncak gunung Merbabu tersebut yang termasuk dalam gunung api bertipe Strato.

Secara administratif, gunung Merbabu berada di wilayah Kabupaten Magelang pada lereng sebelah barat, sedangkan pada lereng sebelah timur berada di wilayah Kabupaten Boyolali dan selatan Kota Salatiga, pada kabupaten Semarang berada di lereng sebelah utara, provinsi Jawa Tengah. Gunung Merbabu memiliki 5 buah kawah yaitu : Kawah Kombang, Kendang, Condrodimuko, Rebab dan kawah Subernyowo.


Transfortasi Menuju Gunung Merbabu via Selo


Selo merupakan sebuah nama Desa, tepatnya di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Menjadi tempat mulainya pendakian gunung Merbabu, juga menjadi titik mulainya pendakian gunung Merapi. Jalur gunung Mebabu via Selo ini lebih direkomendasikan untuk para pendaki pemula, karena  jalur Selo memiliki tingkat kesulitan yang medium.

Bila sobat/sobit petani ingin melakukan pendakian gunung Merbabu via Selo, kalian bisa menaiki Bus jurusan Magelang-Boyolali kemudian turun di polres Selo, dilanjutkan menyewa jasa ojek untuk sampai di basecamp pendaki gunung Merbabu via Selo.


Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Bila sobat/sobit petani melakukan pendakian gunung Merbabu via Selo perlu diingat disetiap track kamu tidak akan menemukan air, jadi kamu harus membawa air full dari basecamp.

Basecamp - pos I Dok Malang

Track dari Basecamp menuju pos I Dok Malang, bisa memakan waktu kurang lebih 2 1/2 Jam, kalian akan ditemani dengan hutan yang lebat. Sesampainya di Pos I kalian bisa beristirahat sejenak menikmati pemandangan berupa semak karena pos ini berada di tengah hutan.



Pos I Dok Malang - Pos II Pandean

Track dari Pos I menuju Pos II Pandean, bisa memakan waktu kurang lebih 1 jam, dengan track yang cukup landai dan masih ditengah hutan.



Pos II Pandean - Pos III Batu Tulis

Track dari pos II menuju Pos III Batu tulis ini kalian akan menghabiskan waktu kurang lebih 40 menit, disini kalian sudah bisa menyaksikan pemandangan lembah pegunungan dan bunga edelweis yang tumbuh disekitarnya. dipos III ini kalian bisa mendirikan tenda karena dataran yang cukup luas ditemani dengan gagahnya gunung merapi.



Pos III Batu Tulis - Sabana I

Track dari Pos III menuju Sabana I, kalian akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit, dengan track yang cukup menanjat, sesampainya disana kalian akan ditemani dengan pemandangan padang savana yang begitu indah dan luas.



Sabana I - Sabana II

Track dari sabana I menuju Sabana II kalian akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit dengan track yang agak menanjat dan kalian akan melewati pemandangan yang begitu sexi.
Baca Juga Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan


Sabana II - Watu Lumpang

Track dari Sabana II menuju Pos watu Lumpang kalian akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit, dengan track yang begitu menanjat yang ditemani dengan pemandangan bunga edelweis yang begitu mempesona serta dapat melihat jelas Padang Savana yang indah dan kokohnya gunung Merapi.


Watu Lumpang - Puncak

Track dari Watu Lumpang menuju puncak Kenteng Songo dan Tringgulasi bisa menghabiskan waktu kurang lebih 40 menit, dengan track yang masih menanjat.



Mendaki gunung itu seperti perjalanan hidup, melangkah dan terus melangkah dan tidak boleh menyerah, kamu akan menyadari bahwa ini bukan tentang menakhlukan gunung melainkan diri sendiri. Gue Rayhan, Salam lestari salam bunga padi.



Watch Now


Gak Share Gak Asik

Jangan lewatkan

Pendakian Gunung Merbabu via Selo || Petaniadv
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Ingin liburan gratis? Tambahkan email Anda untuk info liburan gratis.