Tuesday, 20 September 2016

Pendakian Gunung Merapi via Selo || Petaniadv

Apakah kalian tahu Gunung Merapi paling aktif diseluruh dunia? Gunung Merapi yang paling aktif di dunia ialah Gunung Merapi yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ketinggian 2968 mdpl. Secara administratif Gunung Merapi termasuk dalam daerah Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten. Gunung bertipe strato kubah lava ini sangat terkenal sekali dengan guguran lava yang masih sering terjadi, keindahan guguran lava tersebut bisa kalian saksikan langsung dari kota Yogyakarta.

Wisata Gunung Merapi dikembangkan dalam berbagai bentuk, seperti wisata kaliurang, kaliadem, kalikuning, merapi golf, hutan wisata turgo plawangan serta pendakian alam gunung merapi. Apabila gunung merapi sedang tenang kalian yang hobi dengan kegiatan hiking akan diperbolehkan mendaki sampai puncak.
Baca Juga : Pendakian Gunung Merbabu via Selo
Sebenarnya jalur pendakian Gunung merapi terbagi menjadi tiga, namun sejak erupsi 2010 dua jalur yang dulunya bisa dilalui sekarang sudah tidak bisa lagi dan sekarang yang tersisa hanyalah jalur Selo. Buat kalian yang ingin mendaki Gunung merapi sebaiknya kenali dulu jenis gunung yang akan kamu daki. Berikut ini simaklah cerita tentang perjalananku di Gunung merapi via Selo.

Pendakian Gunung Merapi via Selo


Kali ini untuk yang kedua kalinya saya mendaki gunung bersama girlfriend. wuiiiihh, walaupun awalnya dia enggak mau karena browsing yang dia baca mitos sama legenda gunung merapi, pelan-pelan gue  rayu, eh akhirnya mau juga hihii...

Untuk pendakian kali ini saya memilih mendaki gunung merapi via selo yang merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Boyolali. Sebelum pendakian dimulai saya bersama girlfriend dan teman saya mengunjungi basecamp Barameru untuk mengambil simaksi yang dikenakan biaya sebesar Rp. 16.000,00- lalu pendakianpun dimulai.

Basecamp-New selo

Bila kalian sudah mendapatkan simaksi kalian sudah boleh melanjutkan perjalanan menuju shelter new selo yang merupakan penanda masuk Taman Nasional Gunung Merapi, disanap terdapat banyak warung.
Pendakian Gunung Merapi via SeloPendakian Gunung Merapi via Selo


New Selo- Gerbang Pendakian

Sesampainya kalian di New Selo kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju gerbang pendakian yang akan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Kalau kalian beruntung di gerbang pendakian ini kalian akan menemukan monyet yang lucu-lucu.


Pendakian Gunung Merapi via Selo


Gerbang Pendakian - Pos I Watu Belah

Wah ternyata perjalanan dari gerbang pendakian menuju pos I kita akan ditemani dengan track yang agak menanjat, yang akan menghabiskan waktu kurang lebih 60 menit, disini kalian bisa beristirahat sejenak dan ngobrol-ngobrol cantik.


Pendakian Gunung Merapi via Selo


Pos I - Pos II

Jangan keasyikan dipos I karena perjalanan kita masih jauh yang akan menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam untuk menuju pos II. Di jalur ini kita akan ditemani dengan trek yang lebih kece dan berbatuan ditemani dengan jurang-jurang, woww.. Ingat kawan disini kita harus lebih berhati-hati.


Pendakian Gunung Merapi via Selo



Pos II - Pasar Bubrah


Setelah kita melewati jalur yang begitu kece, sekarang kita akan melewati jalur yang lebih kece lagi alias ekstrim, tapi kalian tetap tenang dan hati-hati karena semua pasti bisa dilalui. Untuk mencapai Pasar Bubrah dari Pos II akan menghabiskan waktu kurang lebih 45 menit.

Pendakian Gunung Merapi via SeloPendakian Gunung Merapi via Selo


Di pasar bubrah tersebut kalian bisa mendirikan tenda untuk bermalam, keesokan harinya kalian bisa menikmati sunrise di pasar bubrah tersebut. Perjalanan kali ini saya putuskan hanya sampai pasar Bubrah saja, karena untuk menuju puncak gunung merapi sudah tidak diijinkan, tetapi jika kalian tetap nafsu dan kekeh untuk muncak ya silakan, tetapi resiko tanggung sendiri.

Tips Mendaki Gunung


  1. Pilih hari yang bagus jika mau mendaki, hindari musim hujan.
  2. Sebelum melakukan pendakian latihan fisik dahulu sebulan sebelum hari H.
  3. Persiapkan tim dan semua perlengkapan yang akan dibawa.
  4. Usahakan medaki di atas 3 orang, max 8.
  5. Perhatikan management logistik.
  6. Jangan pernah sepelekan gunung, pakailah sepatu gunung.
  7. Usahakan dirikan tenda ditempat yang datar serta diselimuti pohon/semak.
  8. Apabila ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan/sakit kamu wajib menemani dan beri tahu kelompok lainnya.



Jangan lupa bawa kembali sampahmu, salam lestari salam bunga padi.


A video posted by pikar (@pikar_sember) on

Gak Share Gak Asik

Jangan lewatkan

Pendakian Gunung Merapi via Selo || Petaniadv
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Ingin liburan gratis? Tambahkan email Anda untuk info liburan gratis.