Monday, 10 October 2016

Tips Jalan - Jalan Bukan Sekedar Murah, Tapi Juga Menyenangkan!

Ada yang bilang, hobi jalan-jalan atau traveling itu adalah hobinya bagi orang yang beruang. Hal ini di karenakan kalau jalan-jalan atau traveling pasti harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya. Namun, akhir-akhir ini banyak sekali para backpacker yang menulis cerita perjalanannya dan memberikan tips untuk jalan-jalan yang tidak mengeluarkan budget terlalu besar. Cerita para backpacker tersebut tentu menjadi kabar gembira bagi sebagian kalangan yang ingin jalan-jalan dengan biaya yang murah.

Inginnya sih jalan-jalan murah dan menyenangkan, namun sering kali jalan-jalan murah berakhir dengan tidak begitu menyenangkan. Transportasi yang seadanya sehingga membuat badmood sepanjang perjalanan, penginapan alakadarnya yang tak begitun yaman untuk istirahat, dan tentunya makanan yang juga sekeda runtuk menunda lapar. Pengalaman-pengalaman tersebut tak jarang harus dirasakan mereka yang ingin jalan-jalan murah.

Pengalaman kurang mengenakkan tersebut tentu menjadi hal yang dihindari saat traveling. Lalu, bagaimana caranya agar bisa jalan-jalan dengan biaya yang murah namun tetap menyenangkan?

Yuk simak beberapa tips berikut ini!


1. Survei Lokasi Wisata dan Transportasi


Tips yang pertama kali harus dilakukan jika ingin jalan-jalan murah namun tetap menyenangkan adalah Survei lokasi tempat wisata. Survei dalam hal ini bukan hanya tentang tempat wisatanya saja, rute perjalanan juga menjadi hal yang penting untuk disurvei untuk menghindari badmood di sepanjang perjalanan. Rute perjalanan transportasi darat seperti rute kereta api dan bis bisa menjadi salah satu data untuk perencanaan atau itinerary perjalanan liburan dengan budget low.

Jika tempat wisata yang ingin dikunjungi memakan waktu perjalanan yang cukup lama jika ditempuh dengan jalur darat, tidak ada salahnya untuk mengecek rute Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air atau rute perjalanan maskapai pesawat lainnya. Terkadang jika dibandingkan harga tiket pesawat dengan tiket kereta atau bis tidak jauh berbeda. So, maumurah tapi lama ataumenambahbiayasedikittapimenyenangkandanhematwaktu?



Sumber : arraziibrahim.com

2. Hindari Berlibur di Musim Liburan


Tips selanjutnya adalah hindari berlibur di musim liburan. Mengapa? Karena ketika musim liburan tiba, harga tiket dan akomodasi penginapan seperti hotel biasanya naik. Hal ini tentu bisa menggagalkan rencana liburan dengan budget yang low tapi menyenangkan.

Keuntungan lainnya jika berlibur di luar waktu musim liburan selain hemat biaya adalah bisa lebih menikmati momen liburan karena otomatis akan lebih sepi dibandingkan saat musim liburan. Bisa berfoto-foto dengan puas, tidak macet, dan suasana yang lebih tenang tentunya menjadi pengalaman yang menyenangkan saat liburan.

3. Hubungi Teman atau Kerabat


Tips lainnya yang bisa dilakukan untuk jalan-jalan dengan budget yang low namun tetap menyenangkan adalah dengan menghubungi teman atau kerabat. Jika mempunyai teman atau kerabat yang berdomisili di dekat tempat wisata yang hendak dikunjungi tentu hal ini menjadi moment yang cukup menguntungkan. Selain bisa bercengkerama, keuntungan lainnya yang bisa didapat adalah bisa bermalam dirumahnya tanpa harus menyewa hotel. Ini bukan memanfaatkanya, tapi niatkan untuk bisa bercengkerama dan silaturahim lebih lama! Liburan dapat, silaturahim juga dapat!


Sumber : 10topwisata.blogspot.com


4. Bawa Uang Tunai Sesuai Budget yang Direncanakan


Tips selanjutnya untuk bisa liburan dengan budget yang low dan menyenangkan adalah dengan membawa uang sesuai dengan perencanaan. Misal dalam itinerary budget hanya satu juta, maka sejumlah itulah yang harus dibawa. Terkadang jika membawa uang lebih uang tersebut ikut habis terpakai, entah untuk belanja, atau untuk pengeluaran lainnya. Oleh sebab itu buatlah perencanaan keuangan yang baik sebelum liburan.

5. Membawa Perbekalan yang Cukup


Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk liburan dengan budget yang low dan menyenangkan adalah membawa perbekalan yang cukup. Sebagaimana sudah diketahui membawa perbekalan dari rumah dapat menghemat biaya. Selain menghemat biaya tentunya lebih higienis dan terjamin secara kesehatan. Jalan-jalan itu harus tetap sehat, jangan sampai setelah traveling jadi sakit Karena pola dan menu makanan yang salah!


Sumber : news.babe.co.id

Itulah 5 tips untuk perjalan liburan yang murah namun tetap menyenangkan. Liburan murah tapi menyenangkan? Why not?


EmoticonEmoticon