Monday, 29 May 2017

7 Tempat Wisata Dieng Paling Menarik Untuk Kamu Kunjungi || petaniadv

Dieng merupakan dataran tinggi pada sebuah kawasan pegunungan di Jawa Tengah. Secara geografis, dataran tinggi Dieng terletak pada dua kabupaten, yaitu pada kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Kawasan tinggi Dieng ini memiliki banyak gunung yang berstatus masih aktif, sehingga tak jarang muncul aktifitas vulkanis yang sangat unik dan menarik. Bahkan dataran tinggi Dieng sudah terkenal dengan banyaknya gunung api raksasa serta kapunden kawah.

Dengan banyaknya keunikan yang ditonjolkan oleh dataran tinggi Dieng, tak heran jika kawasan ini sangat diminati oleh pengunjung. Baik didatangi oleh pengunjung dari dalam daerah maupun dari luar daerah, bahkan juga banyak pengunjung yang datang dari luar negeri yang sengaja datang ke Indonesia hanya untuk berkunjung di Dieng. Dengan kawasan pegunungan yang mempesona sehingga tak jarang banyak tempat wisata Dieng yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bukan hanya itu, pada komoditas pertaniannya, dataran tinggi Dieng juga memiliki ciri khas sayuran yang berasal dari daerahnya. Yang terkenal dari penghasilan pertanian pada dataran tinggi Dieng ini adalah kentang, kubis, karika, purwaceng dan sayuran lainnya. Komoditas pertanian ini, misalnya kentang, telah banyak terjual hingga menyebar di berbagai wilayah indonesia, bahkan juga telah di ekspor hingga luar negeri.

Selah satu buah yang menjadi ciri khas dari Dieng yaitu karika, buah ini merupakan endemis yang hanya bisa hidup pada dataran tinggi Dieng, dengan buah yang menyerupai pepaya namun teksturnya sedikit kenyal, sehingga buah ini biasanya akan dibuat sebagai olahan manisan, dan dengan begitu akan menjadi oleh-oleh khas dari Dieng Wonosobo.

Bukan hanya itu saja, dataran tinggi Dieng juga terkenal dengan penghasil purwaceng, tumbuhan ini dijadikan sebagai obat yang merupakan tanaman sejenis semak. Tanaman yang dijadikan obat herbal ini dapat berkhasiat untuk menghangatkan badan dan menjaga stamina tubuh. Minuman purwaceng ini sangat cocok untuk diminum pada malam hari atau ketika sedang dalam keadaan dingin.

Dengan banyaknya tempat wisata Dieng dan makanan khas dari dataran tinggi Dieng ini, tak heran jika banyak pengunjung yang mendatangi dataran tinggi Dieng ini sebagai destinasi wisata. Sehingga Dieng sangat cocok dijadikan tempat liburan untuk keluarga pada libur panjang atau pada hari-hari biasa. Bila ditanya berapa banyak jumlah pengunjung dataran tinggi Dieng, tentunya sangat banyak, karena setiap hari tempat wisata Dieng tak pernah sepi.

Untuk lebih jelasnya berikut ini 7 tempat wisata Dieng yang sangat unik dan menarik, sehingga wajib untuk kamu kunjungi:

1. Kawasan Candi Arjuna Dieng


7 Tempat Wisata Dieng Paling Menarik Untuk Kamu kunjungi || petaniadv

Satu dari 7 tempat wisata Dieng yang sangat menarik adalah Kawasan Candi Arjuna. Sebenarnya pada kawasan tempat wisata Dieng ini bukan hanya candi arjuna saja namun juga terdapat banyak candilainnya, seperti; Candi Puntadewa, Candi Semar, Candi Srikandi dan Candi Sembadra, meskipun begitu kawasan ini dikenal dengan Komplek Candi Arjuna. Menurut sejarah, Candi Arjuna ini dibangun pada awal abad ke 9.

2. Telaga Warna Dieng


7 Tempat Wisata Dieng Paling Menarik Untuk Kamu kunjungi || petaniadv

Tempat wisata Dieng yang tidak boleh kamu lewati lainnya adalah telaga warna. Telaga ini terletak pada ketinggian 2000 mdpl, yang memiliki pesona alam yang sangat indah. Telaga Warna merupakan telaga yang berbeda dengan telaga lainnya di Indonesia atau bahkan pada negara lainnya, karena telaga ini memiliki warna-warna yang indah.

Warna ini berasal dari kandungan sulfur yang berada pada dasar telaga, sehingga dengan adanya sulfur ini apabila terkena cahaya matahari akan memantulkan warna yang indah, bahkan warnanya bisa berubah-ubah. Warna yang sering terlihat pada telaga ini adalah merah, hijau, biru lembayung dan warna lainnya. Dengan warna-warna inilah yang membuat telaga ini dinamakan Telaga Warna.

3. Kawah Sikidang Dieng


7 Tempat Wisata Dieng Paling Menarik Untuk Kamu kunjungi || petaniadv

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa dataran tinggi Dieng merupakan kawasan pegunungan yang memiliki gunung api yang sangat banyak, sehingga banyak aktifitas vulkanis pada kawasan dataran tinggi Dieng ini. Salah satu yang terlihat jelas dari aktifitas vulkanis pegunungan Dieng adalah banyaknya kawah.

Salah satu kawah yang memiliki kawah yang sangat indah dan menarik adalah tempat wisata Dieng Kawah Sikidang. Dengan luas sekitar 200 meter persegi, kawah ini memiliki kandungan kadar belerang yang tinggi, sehingga jika kamu ingin menikmati tempat wisata Dieng Kawah Sikidang sebaiknya gunakan masker karena bau belerangnya sangat menyengat.
Baca juga: 7 tempat wisata Bandung.
Untuk bagian keamanan pihak pengelola tempat wisata Dieng telah membuat pembatas pada tepi kawah agar keselamatan pengunjung terjamin. Meskipun begitu tempat wisata Dieng Kawah Sikidang ini tentunya sangat direkomendasikan untuk dikunjungi jika kamu berwisata ke Dieng karena pesona alam yang terlihat sangat indah.

4. Bukit Sikunir Dieng


7 Tempat Wisata Dieng Paling Menarik Untuk Kamu kunjungi || petaniadv

Terkenal dengan kawasan pegunungan tentunya tempat wisata Dieng ini memiliki bukit yang bisa dijadikan untuk pendakian. Jangan ditanyakan bagaimana keindahannya, karena bukit Sikunir ini menawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Bahkan karena bukit Sikunir ini, kawasan Dieng sering disebut dengan negeri diatas awan.

Karena jika kamu berada di puncak bukit Sikunir kamu akan serasa berada diatas awan. Apalagi jika kamu mengunjungi bukit Sikunir ini pada pagi hari menjelang matahari terbit atau sore hari pada saat matahari tenggelam, pastinya kamu akan melihat sunrise dan sunset yang sangat indah.

5. Gunung Prau Dieng

7 Tempat Wisata Dieng Paling Menarik Untuk Kamu kunjungi || petaniadv

Bukan hanya bukit Sikunir saja, tempat wisata Dieng gunung prau juga sangat cocok bagi kamu yang suka mendaki gunung, karena keindahan yang ditawarkan pada gunung prau ini tak kalah dengan gunung-gunung lainnya. Dengan ketinggian 2.565 mdpl, gunung ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang belum pernah mendaki, karena Gunung Prau memiliki tingkat ketinggian yang tidak begitu tinggi. Apalagi dengan adanya bukit Teletubbies, tentunya Gunung Prau sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan, dikatakan seperti bukit Teletubbies karena hamparan rumput yang terlihat memang mirip dengan tempat yang ada pada film Teletubbies.

6. Dieng Plateau Theatre


7 Tempat Wisata Dieng Paling Menarik Untuk Kamu kunjungi || petaniadv

Salah satu dari 7 tempat wisata Dieng yang sangat menarik dikunjungi adalah Dieng Plateau Theater. Objek wisata ini merupakan pusatnya tempat wisata yang ada di Dieng, karena pada Dieng Plateau Theater ini menyajikan kisah sejarah dari Dieng dengan film yang berjudul bumi khayangan Dieng Plateau, tentunya akan menambah pengetahuan kamu.

7. Batu Ratapan Angin


7 Tempat Wisata Dieng Paling Menarik Untuk Kamu kunjungi || petaniadv

7 tempat wisata Dieng lainya yang tak kalah menarik adalah batu ratapan angin, karena pada objek wisata ini kamu dapat melihat dua telaga sekaligus dari ketinggian tebing batu yang menjulang. Dua telaga ini yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, telaga warna memiliki keindahan tersendiri sedangkan Telaga Pengilon merupakan telaga yang memiliki air yang sangat jernih sehingga disebut dengan Telaga Pengilon. Pengilon dalam bahasa Indonesia berarti berkaca, karena jernihnya air pada telaga ini tentunya kamu bisa berkaca pada telaga ini, dengan demikian telaga ini disebut dengan Telaga Pengilon.

Dari 7 tempat wisata Dieng yang telah disampaikan diatas, tentunya wajib bagi kamu untuk mengunjungi kawasan dataran tinggi Dieng ketika liburan bersama keluarga. Dari 7 tempat wisata Dieng tentunya harus kamu kunjungi semuanya, karena memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan yang tak boleh dilewati, akan sangat memalukan bila kamu liburan ke Jawa Tengah tidak mengunjungi wisata dataran tinggi Dieng.

Gak Share Gak Asik

Jangan lewatkan

7 Tempat Wisata Dieng Paling Menarik Untuk Kamu Kunjungi || petaniadv
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Ingin liburan gratis? Tambahkan email Anda untuk info liburan gratis.