Sunday, 7 May 2017

Pendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang

Buat kalian yang ngaku sebagai penggiat alam dan sudah melanglang buana kemana-mana, apakah kalian pernah berdiri di puncak gunung Rajabasa? Mungkin buat kamu yang memiliki hobi menantang, sepertinya gunung yang satu ini wajib untuk kamu daki, mengapa? Karena gunung Rajabasa memiliki keindahan yang luar biasa dengan jalur pendakian yang tidak bisa di remehkan.

Bukan hanya itu saja, keunikan dari gunung Rajabasa adalah lokasinya yang cukup dekat dari pantai, walaupun gunung Rajabasa tidak begitu tinggi pemandangan laut akan kamu lihat jelas dari atas puncaknya.

Tentang Gunung Rajabasa

Pendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang || Petaniadv


Gunung Rajabasa merupakan gunung berapi dengan kerucut vulkannik, terdapat di Selat Sunda bagian tenggara dari Sumatra tepatnya di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Gunung Rajabasa memiliki puncak kawah dengan lebar 500x700 meter, dengan bagian daratan berawa, ketinggian gunung tersebut mencapai 1.302 mdpl.
Gunung Raja menyimpan nilai sejarah yang amat berharga pada zaman penjajahan Belanda, tempat tersebut menjadi basis  perjuangan sekaligus benteng pertahanan pasukan Raden Intan II dalam menghadapi penjajahan. Bukan hanya itu saja, gunung Rajabasa juga menyimpan potensi sumber panas bumi yang cukup diperhitungkan di Indonesia sebagai pembangkkit listrik.

Pendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang


Basecamp menuju shelter I: Disini kamu akan melewati perkebunan kopi dan coklat yang dimiliki warga setempat. Perjalanan menuju shelter I begitu jauh, bisa menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam. Disini terdapat sumber air.

Pendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang || PetaniadvPendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang || Petaniadv

Shelter I menuju Shelter II: Perjalananmu akan lebih berwarna, karena matamu akan dimanjakan dengan pemandangan pesisir pantai yang menawan seperti kamu. hahahayyy. Ingat track menanjat, bisa menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam.

Pendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang || Petaniadv


Shelter II menuju Shelter III: Perjalanan menuju shelter II kamu akan menemukan track yang terus menanjat serta licin tanpa bonus sedikitpun, sisi kiri kanan terdapat pohon tumbang dan  akar yang merajalela, perjalanan bisa menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam.

Pendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang || Petaniadv


Shelter III menuju Shelter IV: Track menanjat masih kamu temui disini, kamu akan menghabiskan  waktu kurang lebih 30 menit bahkan bisa lebih, tergantung dari kalian. Disini terdapat lahan yang cukup luas untuk kamu dirikan tenda.

Pendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang || Petaniadv


Shelter IV menuju Shelter V: Disini kamu akan melewati akar lorong rindu, track menanjat akan kamu temui sebentar saja, karena kamu akan menemukan track yang menurun juga agak melipir sedikit agar bisa sampai di shelter berikutnya. Ingat sisi kiri kananmu jurang serta jalan yang agak kecil, selalu berhati-hati.

Pendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang || Petaniadv


Shelter V menuju Puncak Rajabasa: Perjalanan  dari shelter v menuju puncak amatlah sebentar karena shelter v tepat dibawah puncak.

Pendakian Gunung Rajabasa via Sumur Kumbang || Petaniadv

Rute Menuju Gunung Rajabasa


Akses menuju gunung Rajabasa amatlah mudah, jika sobat-sobit petani dari tanah jawa maupun dari daerah lampung, cukup mengingat kota kecil yang bernama Kalianda (Terminal Kalianda), dari sana bisa bisa menggunakan transportasi carter angkot atau pakai jasa ojek, untuk bisa sampai kaki gunung Rajabasa, yaitu: Desa Sumur Kumbang.

Khusus untuk yang berada di Jabodetabek, kalian bisa menggunakan bus jurusan Merak, lalu dilanjutkan dengan menggunakan kapal laut menuju Pelabuhan Bakauheni, setelah sampai Pelabuhan Bakauheni kamu bisa langsung menggunakan transportasi Travel atau angkot warna kuning dengan jurusan Pelabuhan Bakauheni - Terminal Kalianda.

Setibanya kamu di Terminal Kalianda dilanjutkan dengan menggunakan saja ojek atau carter mobil angkot menuju Basecamp Desa Sumur Kumbang.

Perhatian !!!

  1. Bagi para sobat-sobit petani yang belum pernah mendaki gunung Rajabasa sangat disarankan ditemani Guide atau warga setempat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat.
  2. Sumber air terakhir cuma ada di shelter I
  3. Bawa Sampahmu kembali
Bagaiman, apakah kamu sudah siap untuk mendaki gunung Rajabasa?  Selamat mendaki.

Penulis : Rizal anjani
Editor  : Julfikar


EmoticonEmoticon