Tuesday, 6 June 2017

7 Tempat Wisata Terindah di Lombok

Siapa yang enggak kenal dengan Pulau Lombok, merupakan sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Pulau Lombok dijadikan sebagai destinasi tempat wisata oleh banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan juga banyak pengunjung yang berasal dari luar negeri datang ke 7 tempat wisata pulau Lombok untuk menikmati liburan bersama keluarga, teman bahkan orang spesial yang ada di kehidupanmu. Tempat wisata di pulau Lombok sangat banyak sekali, tentunya ini akan sangat menyenangkan bila kamu mengunjungi pulau tersebut.

Berikut ini 7 tempat wisata Lombok yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur



1. Pantai Kuta Lombok


7 Tempat Wisata Terindah di Lombok
Foto by: @ono_enie

Pantai Kuta biasanya identik dengan pantai yang terkenal di pulau bali, bila kamu berfikir pantai Kuta Bali merupakan pantai yang sangat indah, maka kamu akan takjub ketika mengunjungi pantai Kuta Lombok yang terletak di wilayah selatan pulau Lombok. Pantai Kuta Lombok memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih serta garis pantai yang lebih bergelombang juga terdapat bukit Mandalika yang akan membuat kamu betah berlama-lama di pantai Kuta Lombok ini.

Secara administratif pantai Kuta Lombok berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya enggak jauh dari Bandara Internasional Lombok. jika kamu dari pantai Sengigi perjalannmu akan memakan waktu kurang lebih 1.5 jam, kamu akan melewati kota Mataram jika mengambil rute Sengigi-Pantai Kuta. jadi jangan sampai di lewatkan yah.

2. Pantai Tanjung Aan Lombok


7 Tempat Wisata Terindah di Lombok
Foto by: @lomboknow

7 tempat wisata terindah Lombok yang kedua adalah pantai Tanjung Aan, lokasinya sangat berdekatan dengan pantai Kuta Lombok. Keunikan pantai tanjung Aan Lombok ini terdapat pada jenis pasir pantai nya yang berbeda, sekilas warna pasir tersebut sama-sama putih namun ketika kita cermati ada satu wilayah di tepi pantai yang warna pasirnya agak kekuningan, ketika kita menginjakkan kaki di atas kedua pasir tersebut akan sangat tersasa sekali perbedaannya.

Pasir yang berwarna putih terasa lembut seperti tepung atau bedak bayi, sedangkan pasir yang berwarna putih kekuningan terasa menggelincir di telapak kaki. Ternyata butiran pasir putih yang agak kekuningan tersebut sebesar biji merica, ke unikan tersebut membuat pantai Tanjung Aan mendapatkan julukan pantai tepung merica.

3. Pantai Sengigi Lombok


7 Tempat Wisata Terindah di Lombok
Foto by: @quirkynbluryx

7 tempat wisata terindah di Lombok yang berikutnya adalah pantai Sengigi, merupakan wisata pantai yang terkenal di lombok, terletak di sebelah barat pesisir pulau Lombok. Pantai Sengigi memang enggak sebesar pantai Kuta yang ada di Bali, namun Pantai Sengigi menjadi saingan terberat nya pantai Kuta Bali. Di Pantai Sengigi kamu dapat melakukan banyak kegiatan seperti Snorkeling sampai puas karena pantai Sengigi ini tidak memiliki ombak yang besar. terumbu karang yang menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di bagian tengah.

Untuk menuju Pantai Sengigi kamu harus lebih dulu tiba di kota Mataram, sesampainya di Bandara Selaparang Mataram kamu bisa menyewa mobil untuk melakukan perjalanan ke pantai Sengigi yang akan memakan waktu kurang lebih 40 sampai 50 menit. jika kamu tidak memiliki persiapan untuk menyewa mobil, dari Bandara Selarang Mataram kamu bisa menggunakan transportasi umum di bandara telah disediakan Bus Damri dengan tujuan Sengigi kamu hanya membayar Rp. 30.000 saja.

4. Mawun Beach Lombok


7 Tempat Wisata Terindah di Lombok
Foto by: @hananurila

Tempat wisata Lombok lainnya yang enggak kalah menarik adalah Mawun Beach, terletak di daerah Praya kabupaten Lombok tengah. Pantai Mawun bisa dikatan surga yang tersembunyi di sebelah selatan pulau Lombok. mengapa? karena dari semua pantai yang traveler kunjungi sampai saat ini pantai Mawun menjadi saingan terberat bagi pantai-pantai lain.

Hal yang paling indah dari pantai Mawun adalah ketika kamu melihat ke arah garis yang memisahkan pantai dan langitnya, akan sangat terlihat air laut yang mengisi pantai Mawun berasal dari sebuah area yang hampir mirip seperti selat yang di ampit dua gunung yang masih hijau dan sangat indah, jadi judul nya di antara dua gunung memeluk Mawun Beach.

Rute terbaik untuk menuju Mawun Beach adalah: Mataram-kediri-Praya-penujak-selong belanak-Mawun (lihat peta) Berdasarkan rute tersebut kita kita bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dengan kecepatan rata-rata 60/80 km/jam.

5. Gili Trawangan Lombok


7 Tempat Wisata Terindah di Lombok
Foto by: @ayodolan

Siapa yang enggak kenal dengan pulau Gili Trawangan, merupakan pulau terbesar dari tiga pulau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Gili trawangan mempunyai nuansa pesta lebih dari pada Gili Memo dan Gili Air, karena banyak nya pesta di sepanjang malam dan disetiap malam di rotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian.
Baca juga: Gunung Rinjani Lombok
Di Gili Terawangan enggak ada kendaraan bermotor karena memang enggak diizinin oleh aturan lokal, sarana transportasi yang lazim kamu gunakan adalah sepeda yang kamu dapat sewa. Aktivitas populer yang di lakukan oleh para wisatawan adalah: Scuba Diving (dengan sertifikasi PADI), Snorkeling (di pantai sebelah timur laut) bermain Kayak dan berselancar. Selain itu disini juga kamu dapat langsung menikmati sunsite dan sunrise sekaligus, hal itu terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan barat.

Rute terbaik untuk menuju Gili Trawangan adalah: Mataram-Pelabuhan Bangsal-Gili Trawangan (lihat peta) Berdasarkan rute tersebut kita kita bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan kecepatan rata-rata 60/80 km/jam.

6. Gili Nanggu Lombok


7 Tempat Wisata Terindah di Lombok
Foto by: @sallyrubin

Selain kawasan Gili Trawangan, Gili Memo dan Gili Air yang repotasinya sudah mendunia ternyata di kawasan Lombok barat juga terdapat gili lain yang bisa kamu singgahi yaitu Gili Nanggu. Gili Nanggu letaknya berada di selat Lombok atau di pesisir barat pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Gili Nanggu sebuah pulau kecil yang memberikan keindahan pantai yang enggak kalah indahnya dibandingkan gili-gili lain. Bagi kamu yang suka kesunyian Gili Nanggu masih sangat sepi dan termasuk privat. Tidak banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan disini kecuali para wisatawan yang bermain di pantai.
Baca Juga: 7 Tempat Wisata Bandung
Pulau Gili Nanggu juga memiliki kemegahan alam bahari yang memesona Layaknya Gili Trawangan, di Gili Nanggu terdapat pantai cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru. Suasana alamnya yang hening, membuat pulau ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pasangan yang ingin berbulan madu. Matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah yang bisa kamu nikmati sehingga bulan madumu akan menjadi menyenangkan dan tak terlupakan.

Rute terbaik untuk menuju Gili Nanggu adalah: Bandara Internasional Lombok-Sekotong-Pelabuhan Tawun-Gili Nanggu. (lihat peta) Berdasarkan rute tersebut kita kita bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 1.5 jam dengan kecepatan rata-rata 60/80 km/jam.

7. Gili Kedis Lombok


7 Tempat Wisata Terindah di Lombok
Foto by: @Nessyaakp

7 tempat wisata terindah di lombok terakhir adalah Gili Kedis, letaknya sangat dekat sekali dengan Gili Nanggu. Gili Kedis merupakan gili terkecil bila di bandingkan dengan gili-gili lainnya yang berada di Lombok. Jika kamu melihat Gili Kedis dari desa Tawun, maka pulau ini terlihat seperti pulau koral mungil yang ditumbuhi pepohonan lebat. disana kamu enggak akan menemukan fasilitas apapun. Sangat disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.

Gili Kedis sendiri mempunyai julukan sebagai Romantic Island, dan entah siapa yang pertama kali memberi julukan tersebut. Namun pulau kecil ini memang sangat layak sekali disebut sebagai pulau romantis karena keindahannya. di Gili Kedis kamu dapat melakukan berbagai kegiatan wisata dengan bebas yang membuat liburanmu semakin menyenangkan diantaranya yaitu: Snorkeling, bersantai menikmati pemandangan, berenang, dan juga berjemur. Gili Kedis sangat cocok sekali untuk kamu jadikan tujuan wisata, apa lagi bagi yang baru menikah. Suasana romantis akan membuat bulan madu kamu enggak akan pernah bisa terlupakan

Rute terbaik untuk menuju Gili Kedis adalah: Bandara internasional lombok-Sekotong-Pelabuhan Tawun-Gili Kedis. (lihat peta) Berdasarkan rute tersebut kita kita bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 1.5 jam dengan kecepatan rata-rata 60/80 km/jam.

Dari 7 tempat wisata Lombok yang telah disampaikan diatas, tentunya wajib bagi kamu untuk mengunjungi kawasan tersebut ketika liburan bersama keluarga bahkan orang spesial di hidupmu, akan sangat memalukan bila kamu liburan ke Lombok tetapi tidak mengunjungi 7 tempat wisata terindah di Lombok. Yukk liburan !!!


EmoticonEmoticon