Friday, 7 July 2017

Pesona Keindahan Air Terjun Sodong || Geopark Sukabumi

Jangan ngaku penggiat alam bila belum berkunjung ke air terjun sodong yang terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Air Terjun Sodong merupakan destinasi alam dalam bentuk air terjun yang terdiri dari dua jenis air terjun dengan ketinggian yang berbeda.

Air Terjun Sodong sendiri merupakan obyek wisata yang terletak di desa Ciletuh kawasan Geopark. Air terjun Sodong ini memiliki ketinggian hingga 20 meter, keunikan dari air terjun ini sendiri adalah pemandangan alamnya yang begitu indah dan juga sejuk, karena disekitar air terjun sodong di tumbuhi oleh pepohonan yang indah dan hijau. 

Mungkin kalian akan bertanya-tanya kenapa nama air terjun ini diberi nama“ Sodong “ dalam Bahasa Sunda sendiri Sodong adalah nama gua atau cekungan seperti lubang. Jadi untuk mendapatkan nama destinasi wisata yang unik ini masyarakat Sunda menamakan air terjun dengan sebutan Air Terjun Sodong. Tetapi ada informasi dari masyarakat sekitar yang menjelaskan bahwa nama"Air Terjun Sodong" ini di ambil dari pasangan air terjun Kembar dan Air Terjun Pengantin.

Foklor Air Terjun Sodong Geopark Sukabumi


Pesona Keindahan Air Terjun Sodong || Geopark Sukabumi
Foto by: @_aldarisma

Air terjun sodong ini juga di kenal sebagai salah satu air terjun yang memiliki cerita mistis. Rumornya, dahulu air terjun ini banyak sekali dimanfaatkan untuk mendapatkan ilmu kekebalan atau yang sering disebut masyarakat lokal sebagai "ilmu kanuragan". setiap individu yang ingin mencoba ilmu kekebalan dengan cara memotong bagian tubuh mereka kemudian di hanyutkan dari atas air terjun hingga kedasar air terjun. Konon setelah bagian tubuh yang terpotong sampai di dasar air terjun maka akan kembali lagi kebentuk semula. Namun mitos atau cerita dari rakyat ini belum sepenuhnya benar dan mungkin kita yang mendengarnya juga harus menghargai apa yang dipercaya oleh masyarakat sekitar lokasi air terjun sodong.
Baca juga: 7 Curug Terindah di Bogor
Kemudian mitos yang kedua dari air terjun sodong ini adalah jika seorang kekasih yang belum menikah sangat dilarang untuk berenang di Air Terjun  Sodong karena bisa berakibat fatal. Sekitar tahun 2000'an kejadian ini sempat menjadi nyata, dimana ada kekasih yang berenang di dasar air terjun dan tidak kembali muncul kepermukaan. Setelah beberapa hari melalui pencarian,, ternyata keduanya sudah di temukan dalam keadaan meninggal.

Setelah kejadian tersebut, air terjun yang selalu mengalir tiba-tiba terhenti untuk beberapa hari hingga dan pada akhirnya mengering. Kejadian ini sempat di kait-kaitan dengan mitos yang selama ini dipercaya oleh warga setempat. sebagai masyarakat modern, sejatinya banyak yang tidak percaya akan cerita tersebut. Tetapi, beredarnya cerita yang disampaikan masyarakat harus di hargai sebagai cerita rakyat hingga saat ini. 

ok guys, selanjutnya kita akan bahas mengenai lokasi, akomodasi dan biaya yang dihabiskan selama berkunjung di wisata Air Terjun Sodong.

Lokasi dan Harga Tiket


Lokasi Air Terjun Sodong terletak di desa Ciwaru, kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Rute perjalanan dari kota Sukabumi ke Air Terjun Sodong dapat mencapai 3-4 jam. Sedangkan untuk waktu yang di tempuh dari kota Jakarta atau Bandung sekitar 8-10 jam.

Hal ini juga tergantung dari tingkat kemacetan yang ada di jalan raya. Mengeni harga tiket masuk ke Air Terjun Sodong tidak terlalu mahal, satu orangnya dikenakan biaya Rp. 2.000,- saja, sedangkan untuk parkir kendaraan sekitar Rp. 3.000,-. 

Bagaimana dengan informasi yang telah disampaikan mengenai Air Terjun Sodong?. apakah kalian tertarik untuk menghabiskan waktu disana?!! Tunggu apa lagi, yukk liburan!!!

Editor: Leni Mahrotul Ulya


Gak Share Gak Asik

Jangan lewatkan

Pesona Keindahan Air Terjun Sodong || Geopark Sukabumi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Ingin liburan gratis? Tambahkan email Anda untuk info liburan gratis.