Friday, 14 July 2017

Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung

Dengan ketinggian 3.153 Mdpl, Gunung Sindoro merupakan salah satu dari gunung tertinggi di pulau jawa. Letak Gunung Sindoro sendiri terletak diantara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung. Gunung Sindoro juga dikenal dengan sebutan gunung kembar, hal ini karena Gunung Sindoro terletak berdekatan dengan Gunung Sumbing, sehingga untuk jalur pendakian antara Gunung Sindoro dan Gungung Sumbing terletak secara berdekatan.

Untuk mencapai puncak Gunung Sindoro terdapat beberapa trek pendakian, diantaranya yaitu :
  • Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Temanggung 
  • Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Tambi atau Sigedang, Wonosobo 
  • Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Sibajak, Temanggung 

Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung

Jalur-jalur pendakian Gunung Sindoro tersebut merupakan jalur yang favorit bagi para pendaki, namun jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung lebih banyak dipilih karena memiliki jalur pendakian tercepat dan termudah diantara jalur lainnya. Melalui jalur ini, juga pemandangan yang akan disajikan sangat menarik, karena pemandangan yang akan terlihat sangat indah dan menakjubkan

Rute Menuju Basecamp Gunung Sindoro via Kledung Temanggung


Bila kamu ingin menaklukan Gunung Sindoro dengan mencapai puncaknya, berikut ini cara menuju ke Basecamp Sindoro via Kledung Temanggung:

1. Dari arah semarang

Jika kamu berasal dari daerah semarang dan sekitarnya, maka untuk menuju Basecamp Gunung Sindoro via kledung, kamu hanya perlu dengan melakukan perjalanan dengan arah menuju Wonosobo. Rutenya yaitu, Semarang – Sumowono – Temanggung, atau mungkin kamu juga bisa dengan menuju Basecamp Gunug Sumbing via Garung, karena memang lokasi kedua Gunung tersebut sangat berdekatan.

2. Dari arah Jakarta

Jika kamu berasal dari arah Jakarta, maka untuk mencapai jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung, kamu hanya perlu dengan melakukan perjalanan menuju arah Wonosobo. kamu bisa dengan menggunakan bus jurusan Jakarta - Wonosobo yang akan berhenti di terminal Mendolo Wonosobo. Kemudian untuk mencapai Basecamp Gunung Sindoro via Kledung maka kamu harus menaiki bus menuju Magelang, dan berhenti di Dusun Kledung. Lebih mudah lagi jika kamu menggunakan mobil pribadi.

Setelah kamu sampai di dusun Temanggung dari berbagai arah, maka untuk mencapai basecamp Gunung Sindoro via kledung, kamu masih harus berjalan kaki, namun jalannya tak terlalu jauh. Kemudian dari Basecamp menuju pos 1, kamu masih harus melakukan perjalanan sekitar 1,5 jam. Agar kamu tidak lelah, maka kamu bisa dengan naik ojek dengan tarif per orang 15 ribu saja selama 20 menit, ini tentunya akan menghemat tenaga dan waktu kamu bukan?

Di sepanjang jalan menuju pos 1, kamu akan disajikan dengan pemandangan yang sangat indah, yaitu dengan adanya perkebunan warga yang sangat unik dan melewati bebatuan yang tertata rapi di sepanjang jalan. Jika kamu memiliki waktu lebih, maka kamu juga bisa mampir sebentar ke wisata alam Posong Temanggung yang sangat keren dan kekinian.

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung


Secara lebih jelas, untuk mencapai puncak Gunung Sindoro via Kledung Temanggung, berikut ini informasi mengenai pos yang akan kamu lalui:

Pos 1 menuju pos 2

Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung

Setelah melakukan perjalanan selama 20 menit dari Besecamp via Kledung, maka kamu akan sampai di pos 1. Sesampainya di pos 1 maka kamu sudah harus berjalan kaki dengan melewati jalan setapak (bukan jalan bebatuan). Sepanjang perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 ini maka sudah terlihat rimbunnya pepohonan, dan jalannya pun masih sangat mudah untuk didaki, karena memang masih sedikit tanjakan yang akan dilalui.

Pos 2 menuju pos 3

Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung


Setelah sampai di pos 2 maka istirahatlah sebentar untuk memulihkan energi, karena jalan yang akan kamu lalui lebih sulit yaitu sudah mulai ada tanjakan tajam dan didominasi dengan batu dan tanah licin. Dengan menuju pos 3, kamu juga sudah mulai keluar dari hutan, sehingga pemandangan di sekitar Gunung Sindoro akan terlihat jelas

Pos 3 menuju pos 4

Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung

Di pos 3 ini memiliki dataran yang ebih luas, sehingga tak heran jika banyak pendaki yang memilih mendirikan tenda di pos 3 ini sebelum mencapai summit. Perjalanan menuju pos 4 dari pos 3, perjalanan kamu akan sedikit sulit, dimana sudah mulai menanjak dengan kemiringan sekitar 40 sampai 60 derajat disertai dengan jalanan yang berbatu. Perjalanan menuju pos 4 ini, pemandangan yang akan terlihat sudah mulai menarik, karena kamu dapat melihat jajaran gunung secara jelas di depan mata kamu, yaitu Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Lawu dan Gunung Telomoyo.

Pos 4 menuju puncak

Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung

Pos 4 ini merupakan pos terakhir menuju puncak Gunung Sindoro, di sepanjang jalan kamu akan disajikan pemandangan yang sangat cantik dari kebun Edelweis ketika bermekaran. Di jalur pos 4 menuju puncak ini merupakan jalur terbuka, sehingga kamu akan lebih terasa sangat dingin dari pada sebelumnya.


Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung

Dengan ditandai kawah yang besar dengan semburan asap yang sangat cantik, maka kamu sudah mulai sampai di puncak Gunung Sindoro. Disini kamu juga bisa melihat hamparan pasir yang luas layaknya sebuah padang sabana, yang disebut dengan Segara Wedi, dimana jika terjadi musim hujan akan terisi dengan air, sehingga akan menjadi danau yang sangat indah.

Dari informasi beberapa pos yang akan kamu lalui, maka waktu yang kamu perlukan untuk mencapai puncak Gunung Sindoro adalah.

Dari Basecamp menuju pos 1 sekitar 1,5 jam

Pos 1 menuju pos 2 sekitar 1 jam
Pos 2 menuju pos 3 sekitar 2 jam
Pos 3 menuju pos 4 sekitar 1,5 jam
Pos 4 menuju puncak sekitar 1,5 jam

Sehingga untuk mencapai puncak Gunung Sindoro dari Basecamp akan membutuhkan waktu sekitar 7,5 jam. Untuk waktu turun maka akan dikurangi 20% hingg 40%, maka menjadi 4 atau 5 jam perjalanan.

Agar kamu dapat melakukan pendakian ke Gunung Sindoro dengan lancar maka berikut ini tips mendaki Gunung Sindoro via Kledung :

Tips Mendaki Gunung Sindoro via Kledung Temanggung


1. Menuju pos 1 dari Basecamp, disarankan dengan menggunakan ojek, hal ini agar dapat menghemat tenaga dan waktu kamu

2. Membawa persediaan air, di sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Sindoro melalui Kledung Temanggung, kamu tidak akan menjumpai sumber mata air, sehingga kamu harus membawa persediaan air yang banyak, agar kamu tidak kehabisan persediaan air. Di puncak Gunung Sindoro kamu dapat menemukan sumber air, namun jika musim hujan saja, karena jika musim panas danaunya akan mengering.
Baca juga: Pendakian Gunung Merbabu via Selo
3. Pos 3 merupakan lokasi terbaik untuk mendirikan tenda sebelum mencapai summit, namun jika di pos 3 ini penuh, kamu bisa berjalan kira-kira 100 meter lagi, karena disitu juga terdapat dataran yang luas dan mampu menampung hingga beberapa tenda.

4. Jangan mendaki Gunung Sindoro ketika musim hujan, karena jalan yang akan kamu lalui akan sangat sulit, dimana tanah yang berbatuan akan terasa sangat licin.

5. Bawa bekal makanan yang cuku, artinya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, dan jangan lupa bawa obat-obatan dan jaket.

Dengan informasi seputar pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung ini, maka perjalanan kamu akan mudah dan tenang bukan? Sudah siapkah kamu untuk mendaki? Jangan lupa bekali dirimu dengan materi dasar survival. Salam lestari salam bunga padi.

Gak Share Gak Asik

Jangan lewatkan

Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Ingin liburan gratis? Tambahkan email Anda untuk info liburan gratis.