Saturday, 12 August 2017

Info Lengkap Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit

Belakangan ini kegiatan mendaki gunung sangat trend banget, khususnya dikalangan para pendaki kekinian seperti gue ini gaes.

Bagi kamu yang suka mendaki, tentunya tidak sempurna bila belum menapaki jejak di Gunung Andong. Gunung bertipe perisai ini memang lagi hits banget, dengan ketinggian kurang lebih 1.726 mdpl membuat Gunung Andong selalu ramai dikunjungi para pendaki baru/kekinian.

Magelang merupakan Kabupaten di Jawa Tengah yang dikelilingi oleh banyak gunung, mulai dari gunung Merbabu, Sumbing, Merapi, Telomoyo hingga Andong.

Gunung Andong memiliki ketinggian kurang lebih 1.726 ini menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa indahnya dan sangat cocok sekali untuk kamu yang hanya ingin sekedar bersantai dan refreshing.

Gunung Andong terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang, berdampingan dengan Gunung Telomoyo dan berada di perbatasan Salatiga, Semarang dan Magelang. Karakteristik dari Gunung Andong adalah bentuknya yang mirip dengan punuk/punggung sapi, sehingga terciptalah nama gunung tersebut dengan sebutan andong.

Gunung Andong memiliki empat puncak diantaranya: Puncak Makam, dimana terdapat sebuah makam diatasnya, Puncak Jiwa yang merupakan tempat camping ground, Puncak Alap-Alap dan yang terakhir adalah Puncak Andong merupakan puncak tertinggi di Gunung Andong.

Gunung Andong memiliki 3 jalur pendakian yaitu:
1. Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit
2. Pendakian Gunung Andong via Dusun Pendem
3. Pendakian Gunung Andong via Dusun Gogik

Jalur pendakian Gunung Andong yang paling di gemari para pendaki kekinian ialah Melalui jalur Dusun Sawit. Berikut ini adalah rute menuju Basecamp Gunung Andong via Dusun Sawit.

Rute Menuju Basecamp Gunung Andong via Dusun Sawit


Seperti yang sudah di jelaskan di atas, Gunung Andong terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang Jawa Tengah, untuk mencapai Basecamp Gunung Andong via Dusun Sawit ini terbilang mudah banget gaes, ditambah dengan tekhnologi yang semakin canggih kamu bisa menggunakan google maps yang ada di smartphone kamu.

Apabila kamu kesulitan jangan sungkan untuk bertanya, kamu bisa memulai perjalananmu melalui Boyolali - Salatiga - kopeng dilanjutkan menuju pasar ngablak disambung menuju Dusun Sawit.

Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit


Mendaki gunug merupakan kegiatan yang akan menguras tenaga, walaupun Gunung Andong ini tidak terlalu tinggi, tetap ingat prosedur pendakian harus selalu diutamakan. Mengapa? Karena alam tidak bisa di prediksi, terkadang kita jalan jalan ke mall jhe suka kesandung apa lagi ke gunung ye kan. Hha

Info Lengkap Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit

Basecamp - pos 1
Perjalananmu dimulai dari Basecamp menuju ladang penduduk, yang akan mengarahkan kamu menuju gapura Pendakian, sepanjang pejalanan dan sejauh mata memandang kamu akan melihat jelas Gunung Andong yang berada persis disisi kiri.

Setelah melewati perkebunan, Pinus dan gapura, jalur gunung andong berubah menjadi tanah, setelah itu kamu akan menjumpai jalur bertangga yang di design khusus untuk memudah kan para pendaki Gunung Andong.

Info Lengkap Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit

Pos 1 - pos 2 Watu Gambir
Pos 1 gunung andong hanya berupa gubuk kayu, jika kamu merasa lelah istrahatlah, nikmati yang yang ada disekitarmu sambil menyeruput kopi. Karena tempat ini teduh banget jadi sangat cocok sekali untuk melakukan ngosay alias ngopi santay.

Perjalanan menuju pos 2 agak sedikit menanjat dan terdapat sumber air.

Info Lengkap Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit

Pos 2 - Puncak
Perjalanan selepas pos 2 kamu akan menemukan jalan yang berkelok-kelok ditemani dengan vegetasi hutan Pinus yang terbuka.

Setelah itu kamu akan menemukan jalan becek yang disebabkan dari sumber air, selepas itu jalur pendakian kembali berkelok mengitari punggung bukit hingga terlihat puncak makam yang ada di jalur kiri dan puncak jiwa dijalur sebelah kanan.
Baca juga: Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing
Puncak Jiwa - Puncak Andong
Puncak jiwa merupakan dataran luas yang ada di gunung andong, untuk menuju puncak andong tidaklah jauh.

Dari puncak gunung andong kamu bisa menyaksikan megah nya gunung Sindoro sumbing, Merbabu, Ungaran juga Slamet.
Bila kamu ingin menuju puncak alap alap kamu harus melewati jembatan setan, jembatan setan merupakan spot foto terkeren dikala turun kabut, karena fotomu akan terlihat seperti berjalan diatas jembatan awan.
Info Lengkap Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit

Dari info lengkap pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit yang sudah di jelaskan diatas mudah-mudahan bisa sedikit memudahkan perjalananmu. Tetap perlu di pegang yah, jangan ambil apapun kecuali gambar dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak. Salam lestari salam bunga padi. ACP

1 komentar

Asik ya bisa lihat banyak gunung dari puncak .


EmoticonEmoticon