Friday, 18 August 2017

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati
Foto by: @bahrun.ulum

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian kurang lebih 3.078 mdpl. Secara administratif, Gunung Ciremai terletak di Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Gunung berapi berbentuk kerucut ini terbilang masih aktip dengan tipe stato, memiliki kawah ganda pada puncaknya.

Gunung Ciremai memiliki 4 jalur pendakian diantaranya:
  1. Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan
  2. Pendakian Gunung Ciremai via Apuy
  3. Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati
  4. Pendakian Gunung Ciremai via Padabeunghar
Dari semua Jalur yang disebutkan diatas, jalur terberat dan terpanjang ialah jalur linggarjati, selain itu tidak terdapat sumber air, yang akan membuat perjalanan loe semakin melelahkan.

Rute menuju Basecamp Gunung Ciremai via Linggarjati


Akses menuju basecamp pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati menurut gue pribadi tidaklah sulit. Pertama, loe harus menuju terminal Cilimus, atau bisa langsung bertanya kepada orang disekitar tentang akomodasi menuju Desa Linggarjati.

Banyak akses menuju Desa Linggarjati, biasa nya loe akan diturunkan di pertigaan Desa Linggarjati, lalu menuju Basecamp Linggahsana, loe bisa menggunakan jasa ojek atau pickup, dengan tarif sekitar Rp. 10.000,-

Bila loe menggunakan transportasi kereta dengan tujuan Cirebon turun di Stasiun Prujakan, dilanjutkan dengan naik bus jurusan Kuningan. Bila loe berangkat dengan rombongan, loe bisa Carter mobil untuk langsung menuju Basecamp Gunung Ciremai via Linggarjati.


Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati


Sebelum hendak melakukan pendakian, cek semua barang yang loe bawa, management logistik harus kece, jangan lupa bawa air yg cukup karena di sepanjang jalur tidak terdapat sumber air.

Basecamp - Pos Cibunar
Perjalanan dimulai dengan jalur beraspal, setelah melewati villa jalur akan sedikit menanjat disambung dengan jalur tanah yang tergolong landai sampai pos Cibunar.

Pos Cibunar merupakan pos terakhir dimana loe bisa melengkapi kekurangan perabotan Lenong yang loe bawa. Waktu tempuh dari Basecamp menuju pos Cibunar kurang lebih 1 jam. Bila loe ingin menghemat waktu bisa menggunakan jasa ojek.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos Cibunar - Pos Leuweung Datar
Perjalanan di lanjutkan menuju Leuweung datar dengan melewati hutan Pinus yang teduh, Dengan jalur berbatuan padat dan menanjak. Setelah melewati hutan Pinus jalur berubah menjadi terbuka, loe akan terus ditemani dengan jalur sempit dan memanjat sampai Pos Leuweung Datar.

Waktu tempuh dari Pos Cibunar menuju Pos Leuweung kurang lebih 30 menit. Dengan ketinggian 1.225 mdpl.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos Leuweung Datar - Pos Kondang Amis
Perjalanan dilanjutkan menuju Pos Kondang Amis, Perjalanan menuju Pos Kondang Amis tidak memakan waktu terlalu lama. Jalur menuju Pos Kondang Amis masih terbilang sama berupa tanah padat dan sempit.

Pos Kondang Amis berupa tanah lapang yang teduh, Dengan dataran yang cukup luas, cocok banget buat loe yang ingin menyicipi perbekalan yang loe bawa, tapi ingat jangan sampai PW. Pos Kondang Amis berada dalam ketinggian kurang lebih 1.250 mdpl, dengan waktu tempuh kurang lebih 30menit.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos Kondang Amis - Pos Kuburan Kuda
Perjalanan dilanjutkan menuju pos Kuburan Kuda, dengan jalur yang semakin sempit dari sebelumnya, memiliki tanah lapang yang cukup luas. Bila waktu sudah sore loe bisa mendirikan tenda di pos kuburan kuda. Jika masih ingin melanjutkan perjalanan usahakan memiliki senter yang terang.

Pos kuda merupakan tempat datar yang cukup luas Sangat cocok sekali untuk loe jadikan tempat istirahat. Waktu tempuh dari pos Kondang Amis menuju pos Kuburan Kuda kurang lebih 30 menit. Dengan ketinggian 1.225 mdpl.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos Kuburan Kuda - Pos Pengalap
Selepas pos Kuburan Kuda, perjalan masih berlanjut menuju pos Pengalap, dengan jalur pendakian yang masih menanjat dengan tanah yang padat.

Pengalap merupakan pos yang memiliki lahan datar dan sangat cocok banget buat loe jadikan tempat istirahat untuk kembali melanjutkan perjalanan. Waktu tempuh dari pos Kuburan Kuda menuju pos Pengalap akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit, dengan ketinggian 1.650 mdpl.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos Pangalap - Pos Tanjakan Seruni
Jalur pendakian selepas pos Pengalap tidak berubah, jalur masih sama dengan jalur yang sebelumnya, tetapi jangan hawatir karena jalur menuju pos Seruni akan membawa loe kembali ke jalan yang agak melebar dan tidak sesempit seperti jalur sebelumnya.

Sepanjang jalur pendakian, loe akan menemukan beberapa tanjakan diantaranya adalah: Tanjakan Bin-bin, disini loe enggak perlu hawatir, karena gue yakin loe pasti bisa melewatinya dengan bantuan akar-akar sebagai pegangan pada saat mendaki. Waktu tempuh menuju pos Tanjakan Seruni kurang lebih 2 jam, dengan ketinggian 1.825 mdpl.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos Tanjakan Seruni - Pos Bapa Tere
Penyiksaan tidak sampai di tanjakan seruni saja, karena selepas Tanjakan Seruni loe mesti harus terus melanjutkan perjalanan menuju pos Bapa Tere. Jalur menuju [os Bapa Tere terbilang kezam, kejam nya melebihi Bapak Tiri. Coba bayangkan !!

Sepanjang jalur menuju pos Bapa Tere loe tidak akan menemukan sedikit jalan datar,  semua nyaris menanjat, jadi loe harus lebih ekstra bersemangat. Waktu tempuh menuju pos Bapa Tere kurang lebih 2 jam, memiliki ketinggian 2.025 mdpl, dengan tingkat kemiringan sampai 85 derajat.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos Bapa Tere - Pos Batu Lingga
Perjalanan menuju pos Batu Lingga tidak seperti waktu loe menuju pos Bapa Tere, sekarang loe bisa bernafas lega, tetapi tetap saja engap haha..

Pos Batu Lingga merupakan area datar yang hanya mampu menampung beberapa tenda saja. Pos Batu Lingga dinamakan karena dahulu terdapat batu besar yang bernama Lingga, sekarang batu tersebut sudah di terjunkan kebawah gunung, disebabkan masih adanya masyarakat yang memuja atau dijadikan tempat persembahan.

Waktu tempuh menuju pos Batu Lingga kurang lebih 1 jam, berada pada ketinggian 2.200 mdpl.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos batu Lingga - Pos Sangga Buana
Perjalan dilanjutkan menuju pos Sangga Buana. Jalur menuju pos Sangga Buana masih menanjat, jangan putus asa karena pos Sangga Buana adalah pos terfavorit untuk mendirikan tenda sebelum melakukan summit menuju puncak Gunung Ciremai.

Waktu tempuh menuju pos Sangga Buana kurang lebih 2 jam, berada pada ketinggian 2.500 mdpl.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos Sangga Buana - Pos Pengasinan
Selepas istirahat, perjalanan dilanjutkan menuju pos Pengasinan, dengan jalur yang masih menanjat berupa tanah dan berbatu, tetapi perjalanan kali ini akan semakin berwarna karena loe bisa melihat keindahan kota Kuningan dengan sangat jelas.
Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan.
Pos Pengasinan merupakan area dengan dataran luas, tetapi sangat tidak disarankan buat loe untuk mendirikan tenda di pos Pengasinan, karena tidak ada nya pohon, dikhawatirkan terkena badai gunung. Waktu tempuh menuju pos Pengasinan kurang lebih 1 jam, berada pada ketinggian hampir 2.800 mdpl.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Pos Pengasinan - Puncak Gunung Ciremai
Perjalanan dilanjutkan menuju puncak Gunung Ciremai yang merupakan siksaan atau tanjakan terakhir untuk menuju puncak. Pada puncak Gunung Ciremai ini loe bisa melihat jelas keindahan kota Kuningan dan beberapa gunung diantaranya: Puncak Gunung Slamet, Puncak Gunung Sindoro dan Puncak Gunung Sumbing.

Perjalanan menuju puncak Gunung Ciremai terbilang cukup singkat, tetapi sangat menyiksa, butuh ketabahan untuk melewati nya, hingga sampai terlihat keindahan yang hakiki.

Info Lengkap Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

Tips Mendaki Gunung Ciremai via Linggarjati

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang cukup berbahaya, maka dari itu simaklah beberapa tips mendaki gunung Ciremai via Linggarjati berikut ini.
  1. Pilih hari baik, jangan naik pada musim hujan, kalau loe naik pada musim panas terus hujan, itu namanya loe apes. Disarankan untuk mandi junub sebelum mendaki. hhii.
  2. Fisik harus ekstra sehat, rajin-rajin lah berolahraga agar tidak mudah keram atau cedera otot pada saat mendaki.
  3. Tim solid 6 s/d 8, minimal 3. jangan sampai mendaki gunung dibawah 3 orang.
  4. Management logistik harus kece, jangan kurang jangan lebih, haram buang sampah sisa logistik loe di gunung.
  5. Cek semua perlengkapan penting yang loe bawa, jangan sampai terlewat, tinggalkan yang tidak berguna.
  6. Diwajibkan pakai sepatu hiking/tracking.
  7. Dirikan tenda ditempat yang terdapat pohon, agar terhindar dari badai gunung.
  8. Jika ada dari salah satu teman loe yang enggak bisa melanjutkan perjalanan, diwajibkan untuk selalu ditemani, jangan asal tinggal jhe.
Dengan adanya info lengkap pendakian gunung Ciremai via Linggarjati mudah-mudahan bisa sedikit memudahkan perjalanan para sobat-sobit petani, semoga bermanfaat. Salam lestari salam bunga padi. ACP


EmoticonEmoticon