Tuesday, 8 August 2017

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun

Gunung rinjani adalah gunung berapi tertinggi ke 2 yang ada di Indonesia, Gunung yang berada di Lombok NTB (Nusa Tenggara Barat) ini juga masuk ke dalam jajaran jajaran tujuh summit Indonesia yang memiliki ketinggian 3.726 meter di bawah permukaan laut. Gunung Rinjani juga termasuk gunung favorit para pendaki gunung lokal maupun mancanegara karena keindahan jalur pendakiannya.

Kaldera yang Indah dan luas serta adanya Segara Anak menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan atau pendaki untuk menjajal ketinggian gunung berapi yang eksotis ini. Adapun untuk jalur pendakian gunung Rinjani yang resmi ada 3 yakni :




Namun dari ketiga jalur tersebut, Senaru dan Sembalun adalah jalur yang paling ramai dan banyak digunakan, sedangkan jalur Torean adalah jalur pendakian yang paling ekstrim.

Dari ketiga jalur pendakian tersebut yang paling terkenal yakni Sembalun. Info lengkap pendakian Gunung Rinjani via Sembalun banyak dicari para pendaki, terlebih bagi para pendaki pemula yang akan naik ke Gunung tersebut dan ingin melihat langsung keindahan pemandangan jalur dan puncaknya.

Tidak heran jika hampir setiap hari Gunung Rinjani yang cantik nan indah ini selalu ramai pengunjung, baik wisatawan atau pendaki, apalagi jika di hari weekend atau hari libur.

Gunung Rinjani erat hubungannya dengan cerita legenda Dewi Anjani yang sudah dipercaya oleh masyarakat setempat secara turun temurun. Keindahan dan juga kecantikan pemandangannya sesuai dengan namanya Rinjani yang telah membuat Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini banyak diserbu wisatawan.

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun

Tipe Trek Jalur Pendakian Gunung Rinjani Via Sembalun


Selanjutnya untuk Info lengkap pendakian Gunung Rinjani via Sembalun yang termasuk juga harus diketahui para calon pendaki terlebih bagi para pemula adalah mengenai jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun.

Jalur pendakian ramai
Jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun ini memang termasuk jalur yang ramai, terutama banyak dilalui oleh para pendaki penggemar trekking. Karena untuk jalur Sembalun ini trek pendakiannya melewati punggungan gunung yang berkelak kelok dan sabana.

Jalur didominasi savana
Melakukan pendakian via Sembalun ini memang akan menguras keringat dan juga tenaga karena jalur trek ini lebih didominasi oleh savana, dimana savana tersebut terasa sangat panas disebabkan sinar terik matahari.

Namun panas matahari yang Anda rasakan akan hilang begitu saja karena akan terbayar dengan keindahan dan kecantikan pemandangan yang terdampar di sepanjang lembah hijau menuju ke timur Gunung Rinjani, selain itu Anda akan disuguhi vie Pulau Selat Alas dan juga Sumbawa.
 

Harga tiket pendakian Gunung Rinjani via Sembalun


Sesuai dengan berita yang beredar mengenai tarif masuk ke TNGR ini mulai di tahun 2017 akan diberlakukan harga baru untuk mendaki ke Gunung Rinjani. Berita ini disampaikan langsung oleh Kepala Seksi bagian Tata Usaha TNGR atau Taman Nasional Gung Rinjani yang bertempat di kantor TNGR Desa Sembalun, pada hari Kamis tanggal 8 September tahun 2016.

Kenaikan harga tiket masuk ke TNGR ini menjadi Info lengkap pendakian Gunung Rinjani via Sembalun yang harus diketahui para pendaki yang berencana naik ke Gunung Rinjani. Adapun tarif yang akan diberlakukan mulai bulan Januari tahun 2017 yaitu :

Pendaki lokal atau nasional

  • Untuk hari biasa = Rp. 5000 per orang
  • Untuk weekend atau hari libur = Rp. 7500 per orang


Pendaki asing

  • Untuk hari biasa = Rp. 150.000 per orang
  • Untuk hari libur = Rp. 225.000 per orang

Prosedur Perizinan Pendakian Gunung Rinjani Via Sembalun


Info lengkap pendakian Gunung Rinjani via Sembalun selanjutnya adalah mengenai prosedur yang diberlaku untuk TNGR. Adapun untuk kuota jumlah pengunjung pendakian TNGR sampai sekarang belum ada pembatasan kuota.

Sementara bagi Anda yang berencana naik gunung Rinjani diwajibkan melakukan pengajuan izin pendakian. Adapun cara pesan atau reservasi izin pendakian ke TNGR ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni :

1. Dengan melalui telepon, email atau faksmil
2. Datang langsung kemudian melakukan reservasi di Kantor Balai TNGR, atau bisa juga langsung di pintu masuk Desa Sembalun.

Waktu tempuh jalur pendakian via Sembalun


Pos 1
Untuk jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun awalnya melewati ladang penduduk dan area persawahan. Sejauh mata memandang Anda akan disuguhi keindahan padang rumput yang dikelilingi banyak bukit. Sampai di pos 1 jalur pendakian via Sembalun ini hanya berupa padang rumput yang sangat luas dan juga panas.

Setelah melalui sebuah jembatan dengan air yang sudah mengering dengan ditandai petunjuk arah untuk menuju ke pos 1 pendakian via Sembalun, petunjuk tersebut menunjukkan pos 1 sudah mulai semakin dekat. Mengenai waktu tempuh dari Sembalun ke Kawah Plawangan Sembalun sekitar 7 jam perjalanan.

Kawah Ke Danau Segara Anakan
Dari kawah Plawangan Sembalun menuju ke Puncak Gunung Rinjani sekitar sampai 4 jam perjalanan. Sementara dari Kawah Plawangan Sembalun untuk turun ke Danau Segara Anak menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Kemudian dari Segara Anak naik ke Kawah Plawangan Senaru sekitar 3 jam.
Baca juga: Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane.
Kegiatan mendaki Gunung Rinjani ini memang sangat melelahkan dan juga dapat memacu adrenalin. Pada ketinggian 3.000 mdpl ini akan dihadapkan dengan jalur pendakian trek pasir, sehingga setiap pijakan kedua kaki Anda akan masuk ke hamparan pasir.

Oleh karena itu bagi para pendaki Gunung Rinjani sangat disarankan untuk menggunakan pelindung kaki atau geiter. Dari atas puncak Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 mdpl ini Anda bisa melihat dan menikmati keindahan serta kecantikan alam yang telah Tuhan ciptakan.

Tips Mendaki Gunung Rinjani Via Sembalun

1. Persiapkan Alat-Alat Dan Perlengkapan Yang Akan Dibawa

Kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan yang termasuk kegiatan ekstrim, dimana kegiatan mendaki ini tidak hanya membutuhkan waktu yang sebentar namun lebih dari itu. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membawa alat-alat dan perlengkapan yang lengkap dan safety.

Adapun alat-alat dan perlengkapan yang harus dibawa per kelompok atau pun perlengkapan sendiri ketika akan mendaki Gunung adalah tenda yang bisa disesuaikan dengan jumlah orang yang mendaki.

Selain itu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah:

SB, minimal SB dengan suhu 5 derajat
Matras
Lampu atau senter
Perlengkapan masak dan logistik
Geiter atau pelindung kaki, karena untuk trek gunung Rinjani terdapat trek pasir
Jaket atau baju ganti
Alat-alat dan perlengkapan lainnya

2. Untuk info lengkap jalur pendakian

Untuk info lengkap jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun yang tidak boleh terlewat adalah suhu rata-rata sekitar 20 derajat celcius dan untuk suhu terendah sekitar 0 derajat celcius di Puncak Rinjani. Adapun angin kencang yang di Puncak Rinjani biasanya terjadi di bulan Agustus.
Baca juga: Pendakian Gunung Kerinci via Kersik Tuo.
Kebanyakan pendaki memulai pendakian dengan melewati jalur Sembalun dan mengakirinya dengan melewati jalur pendakian Senaru. Hal ini disebabkan karena untuk jalur Senaru lebih cepat dibandingkan dengan jalur Sembalun yang kebanyakan melewati savana.

Demikianlah beberapa info lengkap pendakian Gunung Rinjani via Sembalun yang harus diketahui oleh para calon pendaki, mulai dari harga tiket masuk, prosedur pendakian, jalur dan keadaan Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini. Semoga bermanfaat.

6 komentar

Memang Keren Pemandangannya gan, jadi pengen ke sana nih hehehe :D

Mantap,, jadi kepengen ke Rinjani 😫

terima kasih bang , sudah menjadi sumber referensi , ini tempat favorit saya tapi entah kapan bisa kesana

Cm_outdoorequipment delete 9 August 2017 at 03:24

Hahahaaahaahhaha poto gw ...

Pendakian gunung rinjani via torean nya min, tolong share. Insya allah tahun depan mau kesana via torean.

Terimakasih min, infonya lengkap. Insya allah akhir tahun mau mendaki gunung rinjani via sembalun.
tks


EmoticonEmoticon