Tuesday, 8 August 2017

Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Gunung Semeru merupakan salah satu Gunung yang ada di Indonesia, yakni tepatnya di provinsi Jawa Timur diantara kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Semeru termasuk gunung berapi tertinggi nomer tiga setelah Gunung Kerinci di Jambi, Sumatera Barat dan Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl ini menjadi gunung yang banyak dimintai oleh para wisatawan atau pendaki karena keindahan dan kecantikan alamnya yang mempesona.

Tidak mengherankan memang jika banyak sekali orang yang mencari Info lengkap pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane. Misalnya saja mengenai info jalur pendakiannya, prosedur perizinan masuk ke gunung yang termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru atau TNGBTS. Puncak Semeru dikenal dengan nama Mahameru yang sangat populer di kalangan para pendaki dengan sebutan lain puncak para Dewa.

Selain banyak dikelilingi perbukitan, Gunung Semeru juga terkenal dengan keindahan Ranu Kumbolo yang menjadi tujuan utama pada pendaki Gunung Semeru. Sementara untuk Info lengkap pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane mengenai perizinan, calon pendaki Gunung Semeru wajib menyertakan KTP dan juga surat kesehatan dari dokter.

Batas kuota pendaki Gunung Semeru sekarang dibatasi hanya untuk 500 pendaki saja untuk setiap harinya. Bagi pendaki luar kota prosedur perizinan pendakian bisa melalui booking secara online, hal ini bertujuan untuk menghindari kuota penuh ketika sampai di pos pendakian.

Baca juga: Cara Booking Pendakian Gunung semeru via Online

Rute Perjalanan Dari Kota Malang Ke Desa Tumpang


Dari Kota Malang Anda bisa naik angkutan yang menuju ke desa Tumpang. Kemudian dilanjutkan menggunakan pickup atau truk yang banyak tersedia di belakang terminal Tumpang untuk mengantar Anda ke desa terakhir di kaki Gunung Semeru, yakni desa Ranu Pane. Di Pos Ranu Pani terdapat dua danau yang indah yakni danau Ranu Pane dan danau Ranu Regulo yang berada di ketinggian 2.200 mdpl.

Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane


Untuk jalur pendakian ke Gunung Semeru sebenarnya ada dua jalur yakni :

1. Jalur pendakian via Ranu Pane
2. Jalur pendakian via Ayek-Ayek

Namun untuk jalur pendakian yang umum dan ramai digunakan hanya jalur Ranu Pane saja, sedangkan untuk jalur Ayek-Ayek tidak untuk umum dikarenakan kawasan jalur Ayek-Ayek ini masih terdapat banyak hewan-hewan liar yang dilindungi. Berikut ini simaklah Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane:


Basecamp Menuju Ke Pos 1
Setelah Anda sampai di gerbang Selamat Datang Gunung Semeru, pendakian via Ranu Pane ini dimulai dengan jalur landai lalu menanjak di samping banyak perkebunan penduduk setempat.

Anda harus mengikuti jalur pendakian arah ke kiri dimana jalur ini berupa jalan setapak sampai di warung pertama, warung ini merupakan tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan menelusuri lereng dan bukit.

Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Pos 1 Ke Pos 2
Setelah pos 1, trek pendakian via Ranu Pane ini masih sama yakni jalan melipir dengan trek yang lumayan landai dan tidak menanjak. Di sepanjang jalur pendakian ini Anda akan sampai di Watu Rejeng, dimana area ini cukup lebar dan datar, cocok sekali untuk Anda beristirahat.

Pos pendakian 2 ini tidak jauh dengan pos pendakian 1 yang berupa area lebar dan datar di belokan jalur pendakian dan juga terdapat warung yang banyak menyediakan minuman dan makanan ringan.

Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Pos 2 Ke Pos 3
Setelah pos 2, trek masih sama yakni masih jalan melipir bukit dengan tipe trek yang tidak terlalu menanjak namun akan membuat tenaga terkuras. Di jalur pendakian menuju ke pos 3 ini Anda akan melewati jembatan baru, dimana jembatan baru ini dibangun untuk mengganti jalur lama yang longsor.

Namun tak jauh dari jembatan baru ini terdapat jembatan lama yang menjadi penanda pos 3 sudah mulai dekat. Untuk pos 3 ini juga tidak jauh beda dengan pos-pos sebelumnya yang berupa area datar yang terdapat di belokan jalur dengan warung yang menjadi ciri khas pos 3 ini.

Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Pos 3 Ke Pos 4
Sampai di pos 3, jalur dengan trek menanjak sudah mulai terlihat di depan mata. Tanjakan yang mirip tanjakan cinta namun versi mininya ini akan cukup menguras tenaga sebelum Anda melipir ke jalur yang berupa perbukitan. Setelah pos 3 jalur pendakian cenderung landai dan agak naik turun. Sebelum sampai pos 4, sisi danau Ranu Kumbolo sudah mulai terlihat dan juga area terbuka yang berupa savana perbukitan sudah mulai terlihat.

Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Pos 4 Ke Ranu Kumbolo
Jarak antara pos 4 ke Ranu Kumbolo tidak terlalu jauh, karena Anda hanya akan menuruni bukit yang lumayan curam dan di tempat inilah Anda bisa memilih mau camp dimana. Ranu Kumbolo ini merupakan tempat yang tepat untuk Anda dan rombongan mendirikan tenda.

Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Ranu Kumbolo Ke Cemoro Kandang
Setelah puas dengan menikmati pemandangan Ranu Kumbolo Anda harus bergegas menapaki bukit yang terjal, bukit terjal ini dijuluki tanjakan cinta dengan disuguhi pemandangan yang indah yang mengarah ke arah danau tersebut. setelah Anda sampai di ujung bukit, Anda akan melihat padang rumput yang luas yakni Oro-Oro Ombo dimana padang rumput ini dikelilingi banyak bukit yang indah di kanan kirinya.
Baca juga: Info lengkap Pendakian Gunung Rinjani.
Ada dua jalur yang bisa Anda lalui yakni turun langsung dengan melewati medan yang cukup curam atau dengan melipir bukit dengan turunan yang tidak terlalu curam. Cemoro Kandang ini merupakan salah satu area teduh yang cukup luas karena area ini berupa dataran yang berada di kaki bukit, dimana area ini adalah ujung Oro-oro Ombo.

Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Cemoro Kandang Ke Kalimati
Selepas Cemoro Kandang jalur pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane ini kembali menjanjak. Menelusuri jalan setapak yang merupakan hutan cemara rimbun, untuk trek ke Kalimati ini termasuk trek yang cukup menguras tenaga. Di beberapa trek pendakian Anda akan menemukan beberapa area datar yang dapat digunakan untuk beristirahat. Selepas melewati trek yang naik turun bukit menandakan Anda sudah mulai mendekati Jambangan.

Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Kalimati Ke Puncak Mahameru
Jalur pendakian dari Kalimati ke puncak Mahameru yang melalui Arcopodo sudah ditutup karena longsor untuk jalur pendakian dan sudah dibuat jalur baru tepat di sisi shelter. Jalur pendakian ke Puncak masih menyusuri hutan cemara dan sangat menanjak dan juga curam, jadi harus sangat berhati-hati.
Baca juga: Info Lengkap Pendakian Gunung Kerinci.
Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane yang tidak boleh terlewatkan adalah untuk selalu mengutamakan safety. Untuk pendakian hanya disarankan sampai Kalimati saja, jika melanggar, resiko ditanggung sendiri. Di samping itu gunakan trekking pole dan gaiters agar nyaman dan aman saat summit.

Info Lengkap Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Sebagai tips, sebaiknya hindari hal-hal yang dilarang saat melakukan pendakian agar semua bisa berjalan dengan lancar karena sebagian besar pendaki yang mengalami hal-hal buruk adalah mereka yang tidak mengindahkan peraturan. Semoga Info lengkap pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane beserta sedikit tips tersebut bisa bermanfaat untuk Anda.

1 komentar

ini wisata diatas awan didaerah saya mampir


EmoticonEmoticon