Thursday, 3 August 2017

Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Bicara tentang Gunung Sumbing, tidak lengkap kalau Gunung Sindoro tidak disebutkan dalam artikel ini. Karena banyak orang menyapa kedua gunung tersebut dengan sebutan Gunung Kembar, hal ini karena Gunung Sumbing terletak berdekatan dengan Gunung Sindoro, sehingga untuk jalur pendakian antara Gunung Sumbing dan Gungung Sindoro terletak secara berdekatan.

Bila kamu ingin mendaki gunung sumbing, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mengenali jalur pendakian Gunung sumbing via garung. Dengan melakukan hal tersebut, kita akan lebih tau perlengkapan apa saja yang mesti kita bawa.

Gunung Sumbing via Garung


Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Gunung Sumbing berdiri tegak setinggi 3.371 mdpl, seakan menjadi magnet bagi para pendaki untuk menakhlukan Gunung Sumbing yang berada di Jawa Tengah ini. Gunung Sumbing telah menempati urutan ketiga gunung tertinggi di Jawa, setelah Gunung Slamet dan Gunung Semeru.

Secara administratif Gunung Sumbing ini terletak pada tiga wilayah kabupaten, yaitu: Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Temanggung. Gunung sumbing memiliki  beberapa jalur pendakian, namun jalur pendakian yang paling digemari para pendaki ialah, jalur lama Basecamp Garung yang berada di Desa Garung.

Transportasi yang mudah, membuat Basecamp Garung selalu dipenuhi oleh para pendaki lokal seperti gue ini gaes, yang seneng banget melakukan pendakian Gunung Sumbing via Garung. Bila kamu ingin mencoba menginjakkan kaki di puncak Gunung Sumbing, berikut ini adalah rute menuju basecamp Gunung Sumbing via Garung

Rute Menuju Basecamp Garung Gunung Sumbing


Dari arah Jakarta
Jika kamu berasal dari arah Jakarta, maka untuk mencapai jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung, kamu hanya perlu dengan melakukan perjalanan menuju arah Wonosobo. kamu bisa dengan menggunakan bus jurusan Jakarta - Wonosobo yang akan berhenti di terminal Mendolo Wonosobo.

Kemudian untuk mencapai Basecamp Gunung Sumbing via Garung maka kamu harus menaiki bus menuju Magelang, dan berhenti di Dusun Garung. letaknya tidak jauh dari tempat kamu berhenti jadi kamu tinggal jalan kaki saja menuju basecamp Gunung Sumbing via Garung.

Pendakian Gunung Sumbing via Garung



Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Pada tanggal 14 april 2016, petani adv mengajak teman-teman untuk mendaki bersama, kebetulan Gunung Sumbing menjadi tempat yang dituju, dan memilih jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama (Basecamp Garung), alasannya karena sebagian dari teman-teman petani sudah pernah melewati rute tersebut.

Sebulan sebelum pendakian kami sudah mempersiapkan semua, mulai dari persiapan fisik sampai persiapan peralatan apa saja yang harus dibawa.

Basecamp - Pos 1 Malim
Dari Basecamp Garung menuju pos 1 (Malim) kurang lebih memakan waktu 2 jam, jalan yang dilalui berupa aspal menuju kawasan ladang tembakau penduduk Desa Garung, tidak lama kemudian jalanpun berubah menjadi batu yang tersusun rapih dengan track yang lumayan landai. Bila sobat-sobit petani ingin menghemat tenaga serta waktu, bisa menggunakan jasa ojek, dengan cepat kalian akan diantar menuju pos1.

Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Pos 1 Malim - Pos 2 Genus
Setelah tiba di pos1 (malim) istirahatlah sebentar untuk mengumpulkan tenaga menuju pos-pos lain. Perjalanan menuju pos 2 genus kurang lebih memakan waktu kurang lebih 1 jam dengan jalur semakin agak menanjat, tetapi masih dalam hal wajar.

Perjalanan menuju Pos 2 Genus kalian akan menemukan jalur bercabang, yang pada akhirnya menjadi satu jalur kembali. Sesampainya di pos 2 genus kamu akan menemukan berupa tanah lapang dan hanya mampu menampung 3 tenda saja.

Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Pos 2 Genus - Pos 3 Seduplak Roto
Pendakian Gunung Sumbing dari pos 2 (genus) menuju pos 3 (seduplak roto) semakin menanjat, selama perjalanan menuju menuju pos 3 (seduplak roto) tidak ditemukan jalan landai, semua menanjat dan banyak melihat keatas yang memiliki tingkat kecuraman yang cukup tinggi.

Bila kamu sudah merasa lelah beristirahatlah sejenak, menuju pos 3 (seduplak roto) Gunung Sumbing terbilang teduh bisa kamu jadikan tempat yang cocok untuk membuka perbekalan yang kamu bawa, sambil menikmati keindahan Gunung Sindoro. Waktu Tempuh perjalananmu dari Pos 2 Genus - Pos 3 Seduplak roto kurang lebih 1 1/2 jam.

Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Pos 3 seduplak roto - Pestan Gunung Sumbing
Selepas dari menuju pos 3 (seduplak roto) kamu masih harus melanjutkan perjalanan menuju Pestan, jalur ini masih berupa tanjatan dan kamu di tuntut untuk tetap semangat, karena pemandangan yang akan terlihat sudah mulai menarik, karena kamu dapat melihat Gunung Sindoro secara jelas di depan mata mu.
Baca juga: Pendakian Gunung Sindoro via Kledung
Pestan adalah tempat yang luas untuk mendirikan tenda, tetapi agak beresiko kalau sedang datang badai. Kalau sobat-sobit petani melewati jalur ini siapkanlah buff atau masker, karena jalur ini berdebu. Keindahan gunung sindoro sangat terlihat jelas dari Pestan, kamu bisa memanfaatkan waktumu sedikit untuk mengambil gambar.

Waktu Tempuh perjalananmu dari Pos 3 Seduplak roto - Pestan kurang lebih 30 menit.

Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Pestan - Pasar Watu Gunung Sumbing
Perjalanan dari Pestan menuju Pasar watu terbilang cukup jauh track pendakian berubah menjadi batu batuan besar tracknya pun semakin menanjat sangat dibutuhkan tenaga ekstra untuk menuju Pasar Watu tersebut. Waktu tempuh menuju Pasar Watu kurang lebih 1 1/2 jam.

Jalur menuju Pasar Watu terbilang jelas jadi kamu tidak perlu hawatir tersesat asalkan ikuti petunjuk yang ada. di pasar watu juga terdapat sedikit tanah lapang yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan tenda.

Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Pasar Watu - Watu Kotak Gunung Sumbing
Perjuanganmu tidak hanya sampai di Pasar Watu, karena kamu harus masih melanjutkan perjalananmu menuju Watu Kotak, sepanjang jalur pendakian kamu akan melewati batu besar dan tebing, disini kamu harus lebih berhati-hati, karena di jalur ini jalannya agak terjal.

Watu Kotak memiliki dataran yang tidak cukup luas, sehingga tak heran jika banyak pendaki yang memilih mendirikan tenda di watu kotak ini sebelum mencapai summit. tetapi perlu diingat lahan di watu kotak ini sangat terbatas. Waktu Tempuh perjalananmu dari Pasar Watu - Watu Kotak kurang lebih 2 jam.

Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Watu Kotak - Puncak Gunung Sumbing
Berjalan setapak demi setapak perjalanpun semakin berat, mungkin karena kita sudah cukup lelah, jalur pendakian masih berupa batu-batu besar dan terjal. Untuk sampai kepuncak Gunung Sumbing dari Watu Kotak bisa memamakan waktu kurang lebih 1 1/2 jam. Gunung Sumbing memiliki dua puncak yaitu: Puncak Buntu yang ada di sebelah kiri, Dari puncak buntu untuk mencapai puncak kawah Gunung Sumbing kalian bisa menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit.

Info Lengkap Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Tips Mendaki Gunung Sumbing via Garung


  • Pilihlah hari yang baik/bagus untuk mendaki.
  • Siapkan fisik.
  • Peralatan Mendaki harus lengkap.
  • Dirikan tenda ditempat yang datar, usahakan diselimuti pohon.
  • Management logistik harus baik.


Puncak bukan tujuan untuk mendaki, bila ada teman kelompok yang tidak bisa melanjutkan. perjalanan sebaiknya ditemani. Bawa kembali sampahmu. Salam lestari, salam bunga padi.


EmoticonEmoticon