Friday, 22 December 2017

Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Garut merupakan kota favorit bagi para pendaki, mengapa tidak, karena Garut memiliki 3 gunung yang cukup terkenal dan aman untuk didaki diantaranya: Gunung Papandayan, Gunung Guntur dan Gunung Cikuray.

Dari ketiga gunung tersebut memiliki sisi unik yang berbeda juga wajib untuk kamu gali, seperti halnya Gunung Cikuray. Cikuray merupakan Gunung tertinggi yang ada di kota Garut, rangking 4 tertinggi di Jawa barat, memiliki ketinggian kurang lebih 2821 mdpl.

Cikuray atau Gunung Cikuray merupakan gunung bertipe Stratovolcano yang tidak memiliki kawah aktif. Bila kamu pensaran dan ingin mendaki Gunung Cikuray? Untuk info lengkap pendakian gunung Cikuray via Kiara jenggot simak ulasan di bawah ini.

Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot


Untuk pendakian gunung Cikuray sebenar nya ada 3 diantaranya
1. Pendakian gunung Cikuray via pemancar.
2. Pendakian gunung Cikuray via Bayongbong.
3. Pendakian gunung Cikuray via Kiara jenggot.

Namun untuk pendakian umum dan banyak diminati para pendaki melewati jalur pendakian gunung Cikuray via pemancar.  Sedangkan Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot merupakan jalur pendakian baru yang di buka sejak akhir tahun 2015.

Basecamp - Pos 1
Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Perjalanan dari basecamp menuju pos 1 tidak lah sulit, karena kamu akan melewati jalan yang tidak terlalu menanjat alias landai. Jalan berupa berbatuan yang tersusun rapih, serta ditemani dengan perkebunan warga diantara nya kebun kol, cabai serta padi.

Usahakan memulai pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot pada pagi hari, sekitar jam 06:00 agar tidak cepat lelah karena terik matahari. Karena perjalanan dari basecamp menuju pos 1 gunung Cikuray tidak rimbun.

Pos 1 merupakan sebuah lahan  datar yang tidak cukup luas hanya bisa menampung 1 - 3 tenda saja. Waktu tempuh dari Basecamp menuju pos 1 kurang lebih 1 jam.

Pos 1 - pos 2

Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Selepas pos 1 perjalanan dilanjutkan menuju pos 2. Perjalanan kali ini terbilang naik level dari yang awal nya landai berubah menjadi menanjat, pastinya akan banyak menguras tenaga para sobat-sobit petani adv, bila kamu sudah merasa lelah cobalah istirahat sejenak sekedar mengisi tenaga.

Ketika sudah terasa jauh dan menemukan pepohonan yang mulai besar itu pertanda bahwa pos 2 gunung Cikuray via Kiara Jenggot sudah mulai dekat. Teruslah bersemangat. Karena naik gunung tidak seberat beban hidup mu. 😂

Pos 2 merupakan sebuah lahan datar yang mampu menampung 3-4 tenda saja, bukan hanya itu di pos 2 ini terdapat sumber air yang sangat jernih, jadi kamu bisa mengisi semua dirigen kosong yang sudah kamu siapkan untuk bekal memasak di tempat kamu ngecamp nanti.

Perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 kurang lebih memakan waktu 1 jam.

Pos 2 - Pos 3

Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Selepas pos 2 perjalanan dilanjutkan menuju pos 3 gunung Cikuray via Kiara Jenggot. Perjalanan kali ini masih sama, didominasi dengan track yang menanjat ditemani dengan pepohonan besar dengan tanah padat serta semak belukar yang sedikit menyulitkan perjalananmu.

Waktu tempuh menuju pos 3 memang tidak terlalu lama kurang lebih hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

Pos 3 menuju pos 4

Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Perjalanan dilanjutkan menuju pos 4 gunung Cikuray via Kiara jenggot. Jalur menuju pos 4 ini terbilang masih sama yaitu memanjat akan tetapi tingkat kesulitan semakin bertambah jalurpun semakin merapat yang membuat perjalananmu semakin seru 😁

Waktu tempuh perjalanan menuju pos 4 gunung Cikuray kurang lebih 40 menit.

Pos 4 - pos 5
Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Perjalana tidak sampai pada pos 4 saja karena kamu harus melanjutkan sampai pos 5 dimana pos 5 adalah tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda, memiliki space yang cukup luas.

Keunikan kamu nge'camp dipos 5 kamu akan menemukan beberapa tanaman kantung Semar dengan ukuran yang berbeda-beda. Waktu tempuh menuju pos 5 kurang lebih 50 menit.

Pos 5 - pos 6

Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Selepas pos 5 perjalanan masih berlanjut menuju pos 6 dimana perjalanan menuju pos 6 membuat kamu sedikit frustasi karena Medan yang semakin sulit sesekali kamu pasti memegang akar untuk memudahkan perjalanan saat memanjat.

Waktu tempuh menuju pos 6 kurang lebih memakan waktu sekitar 60 menit.

Pos 6 - pos Simpang

Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Perjalanan dilanjutkan menuju pos Simpang, dimana puncak sudah tercium bau nya pertanda perjalanan semakin dekat. Pos Simpang ialah sebuah pos pertemuan jalur gunung Cikuray via Kiara jenggot dan jalur gunung cikuray via pemancar.

Perjalanan menuju pos Simpang akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit.

Pos Simpang - pos 7

Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Perjalanan menuju pos 7 kamu dituntut lebih bersemangat karena wangi-wangi puncak gunung Cikuray semakin menyengat 😂 . Selalu ingat tetap terjaga karena jalur menuju pos 7 semakin terjal, didominasi dengan tanah yang berbatu juga banyak akar belukar.

Pos 7 merupakan tempat camp favorit sebelum melakukan summit pendakian gunung Cikuray via Kiara jenggot, Waktu yang kamu butuhkan menuju pos 7 kurang lebih sekitar 30 menit.

Pos 7 - Puncak Gunung Cikuray

Info Lengkap Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot

Perjalanan menuju puncak tidak semudah yang kamu pikirkan, karena kamu masih melalui hutan yang lebat juga rapat, karena nya kamu tidak bisa melihat puncak di sepanjang jalur pendakian gunung Cikuray via Kiara jenggot, karena puncak gunung Cikuray tertutup pohon-pohon.

Selepas pos 7 mendekati puncak kamu akan menemukan shelter yang cukup luas, dimana tempat ini sangat cocok sekali untuk kamu jadikan tempat bermalam dan melepas lelah. Waktu tempuh menuju puncak dari shelter yah mungkin sekitar 10 menitan.

Tips mendaki gunung Cikuray via Kiara jenggot


1. Jangan mendaki dengan teman yang belum pernah melakukan pendakian gunung Cikuray via Kiara jenggot, mengapa? Karena jalur Gunung Cikuray via Kiara Jenggot masih jarang di lalui para pendaki.

2. Persiapkan peralatan pendakian yang kamu butuhkan, jangan sampai tertinggal. Karena mendaki gunung termasuk kegiatan ekstrim, dimana kegiatan mendaki ini tidak hanya membutuhkan waktu yang sebentar namun lebih dari itu. Jadi buat kamu tidak ada alasan untuk tidak membawa alat-alat dan perlengkapan yang lengkap dan safety.

3. Management logistik harus kece
Nah banyak para pendaki zaman now identik dengan mie instan hal ini menjadi salah besar, karena pada saat kita mendaki gunung tubuh kita membutuhkan kalori besar dan itu tidak ada di mie instan, boleh kalian membawa nya tetapi harus di barengi dengan makanan lain seperti sosis beras sayuran coklat buah dll.

Perlu di ingat logistik yang kamu bawa tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Karena nabi tidak suka sesuatu yang berlebih-lebihan.
Baca Juga: Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit
4. Hindari mendaki gunung Cikuray dikala musim hujan
Mendaki gunung dikala musim hujan itu rintangan semakin berat dan merepotkan. Bila kamu mendaki dikala musim panas lalu hujan berarti kamu masuk dalam katagori apes. xixixixi

Dari semua tentang info lengkap pendakian Gunung Cikuray via Kiara Jenggot diatas semoga akan sedikit memudahkan perjalanan sobat-sobit petani adv dimana pun berada. Selamat mendaki.

KONTAK BASECAMP KIARA JANGGOT
0823 1797 2503
0822 1635 4137

Sumber: Pendaki-lakalaka
Foto by: Pendaki-lakalaka

2 komentar

Pas ke Cikuray cuma sampe pos 5 abis itu kena ujan badai liat tanjakan yg super kejam mengurungkan diri meneruskan perjalanan hahaha 😂

Iiiihh padahal bentar laagii ituu. 😂🤣

Kapan kapan nnjat bareng, kuyy.


EmoticonEmoticon