Tuesday, 16 January 2018

Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Gunung Arjuno merupakan Gunung tertinggi ketiga di Provinsi Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung, dengan ketinggian mencapai 3339 di atas permukaan laut, gunung ini sendiri memiliki bentuk kerucut dan merupakan gunung api yang masih aktif.

Dengan ketinggian yang cukup menantang membuat gunung ini menjadi salah satu favorit bagi sebagian besar pecinta alam untuk menaklukkan ketinggian gunung Arjuno ini. Gunung yang secara letak administratif berada di Kota Batu yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang. Untuk dapat mencapai gunung ini, kamu bisa melewati jalur Purwosari yang merupakan jalur favorit bagi banyak pendaki untuk bisa menaklukkan gunung ini.

Berikutut ini adalah info lengkap pendakian Gunung Arjuno Via Purwosari yang bisa menjadi refrensi bagi kamu yang baru pertama kali hendak menaklukkan gunung ini.

Kenapa Harus Memilih Jalur Purwosari Untuk Dapat Menuju Gunung Arjuno?


Ada beberapa alasan yang membuat jalur pendakian Gunung Arjuno via Purwosari ini dianggap lebih menarik dan dipilih sebagian besar pendaki untuk dapat mencapai Gunung Arjuno. Salah satunya karena di sepanjang perjalanan selama melewati jalur Purwosari ini pendaki akan sekaligus menapak tilas peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit sepanjang jalur pendakian di jalur Purwosari.

Sehingga tidak heran jika jalur ini dikenal sebagai jalur mistis karena di sepanjang perjalanan kamu tidak hanya bisa melihat situs peninggalan masa lampau tapi juga bertemu dengan tempat-tempat pemujaan yang dipenuhi dengan berbagai macam sesaji serta dupa yang akan mengeluarkan aroma khas yang membuat bulu kuduk merinding. Tidak salah jika jalur Purwosari ini menjadi salah satu pemacu adrenalin bagi pendaki juga sebelum bisa sampai ke Puncak Gunung Arjuno.

Kelebihan lainnya jika kamu melewati jalur ini, kamu bisa menemukan banyak sumber mata air hingga ke Mangkutoromo. Sehingga bisa dijadikan sebagai tempat istirahat sejenak sekaligus melepas dahaga dengan menikmati air langsung dari sumber mata air yang masih bersih dan segar.

Titik Awal Pendakian Jalur Purwosari Menuju Puncak Gunung Arjuno


Jalur pendakian melalui Purwosari dimulai dari Desa Tambak Watu, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Jika dari Malang bisa ditempuh menggunakan angkutan Bus dari terminal Arjosari Malang dengan tujuan Pasar Purwosari.

Dari sini, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum menuju pintu Pos Perijinan. Sehingga disarankan bagi kamu yang hendak mendaki ke Puncak Gunung Arjuno via Purwosari untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti motor. Agar bisa langsung turun ke Pos Perijinan.

Di Pos Perijinan ini juga disewakan berbagai macam keperluan yang bisa mendukung perjalanan kamu ke Puncak Gunung Arjuno seperti gas, kompor dan peralatan lainnya. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa sendiri dari rumah.

Daftar Pos Di Jalur Pendakian Purwosari


Base Camp Menuju Post Onto Beogo (Estimasi waktu 1 jam)

Titik pertama pendakian dimulai dari Desa Tambak Watu yang merupakan basecamp sekaligus Pos Perijinan. Untuk sampai pada pos pertama yaitu Pos Onto Beogo dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Dengan jalan yang masih cukup landai, kamu bisa menemukan tempat pemujaan pertama di jalur ini. Di sepanjang perjalanan kamu akan menemukan beberapa persimpangan, tapi tidak usah takut tersesat, karena kamu bisa mengikuti pipa air yang menuju ke Pos Onto Beogo.

Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Pos Onto Beogo Menuju Pos Tampuono (Estimasi waktu 1 Jam 15 menit)

Pendaikan dilanjutkan menuju pos kedua yaitu Pos Tampuono yang bisa ditempuh dengan waktu 1 jam 15 menit. Di jalur kamu masih bisa santai karena jalanannya masih belum terlalu menanjak. Nantinya kamu bisa menemukan sebuah warung di kiri jalur pendakian ini. Di jalur ini juga kamu bisa menemukan Sendang Kunti untuk mengisi persediaan minum kamu.

Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Pos Tampuono Menuju Pos Sakri (Estimasi waktu 15 menit)

Dari Pos kedua Tampuono menuju pos ketiga yaitu Pos Eyang Sakri, jaraknya tidak terlalu jauh dan hanya bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Nantinya kamu akan menemukan jalan menyimpang, tapi kamu bisa memilih jalan yang bertanda plang menuju Puncak Gunung Arjuno.

Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Pos Eyang Sakri Menuju Pos Eyang Semar (Estimasi waktu 1 jam 30 menit hingga 2 jam)

Perjalanan dari pos ketiga menuju pos 4 ini akan mulai berat karena jalanan akan dipenuhi dengan jalan menanjak dan bebatuan. Di sepanjang perjalanan kamu bisa menemukan tempat pemujaan seperti sebuah Pohon dengan bertuliskan Rahayu menggunakan aksara Jawa yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat, setelah itu kamu juga akan menemukan sebuah patung semar yang juga menjadi tempat pemujaan dan gubug untuk beristirahat, di sini kamu bisa mengisi perbekalan air di mata air yang akan kamu temui di jalur ini. Untuk mencapai pos Eyang Semar dibutuhkan waktu 1 jam 30 menit hingga 2 jam.

Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Pos Eyang Semar Menuju Pos Mangkutoromo (Estimasi waktu 50 menit)

Meskipun jarak antara pos eyang semar menuju Pos Mangkutoromo cukup dekat dan hanya butuh waktu sekitar 50 menit, tapi medan yang akan kamu lalui cukup menguras tenaga dengan jalan berbatu, berkelok dan menanjak. Setelah sampai di Pos Mangkutoromo, kamu bisa beristirahat untuk mengembalikan energi karena pos ini cukup luas dan banyak gubug yang disediakan untuk beristirahat. Kamu juga harus mengisi penuh perbekalan air minum kamu di mata air yang ada di pos ini, karena setelah pos ini kamu tidak akan menemukan mata air lagi.

Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Pos Mangkutoromo Menuju Pos Candi Sepilar (Estimasi waktu 30 menit)

Perjalanan yang akan kamu tempuh dari Pos Mangkutoromo hingga Pos Candi Semar akan lebih berat dengan medan yang jauh lebih sulit. Kamu bisa menempuh waktu selama 30 menit untuk menuju pos ke lima ini.

Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Pos Candi Sepilar Menuju Pos Jawa Dwipa (Estimasi waktu 1 jam 30 menit)

Medan yang akan kamu lalui dari Pos Candi Sepilar menuju Pos Jawa Dwipa akan semakin sulit. Karena di sini kamu tidak akan menemukan jalan datar, melainkan jalan menanjak dengan medan bebatuan yang cukup menguras tenaga kamu. Dibutuhkan waktu hingga 1 jam 30 menit untuk menuju Pos Jawa Dwipa.


Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Pos Jawa Dwipa Menuju Plawangan (Estimasi waktu 3 jam)

Karena perjalanan menuju Pos Plawangan cukup melelahkan, maka sebaiknya kamu beristirahat di Pos Jawa Dwipa, sama seperti Pos Mangkutoromo di pos ini areanya juga cukup luas dan bisa digunakan untuk membangun tenda sebagai tempat istirahat untuk melanjutkan perjalanan keesokan harinya menuju Plawangan. Karena untuk menuju Plawangan bukan hanya jalan bebatuan dan menanjak yang akan kamu temui, tapi juga udara dingin dan oksigen yang menipis akan menjadi musuh terberat kamu.
Baca Juga: Pendakian Gunung Slamet via Bambangan
Di Pos Plawangan ini juga dikenal bukit yang diberi nama bukit penyesalan karena setelah melewati bukit di sini kamu akan merasa menyesal ketika melihat bukit lain yang harus kamu daki, sehingga bukit ini disebut sebagai bukit penyesalan. Di Plawanangan ini kamu juga akan menemukan jalan simpang yang memiliki petunjuk arah, satunya mengarah ke Puncak Arjuno dan satunya lagi mengarah ke jalur pendakian dari arah Lawang. Dibutuhkan waktu 3 jam untuk mencapai Plawangan.

Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Pos Plawangan Menuju Puncak Ogal Agil (Estimasi waktu 1 jam)

Setelah tiba di Plawangan, maka Puncak Gunung Arjuno atau yang disebut dengan Puncak Ogal Agil sudah mulai terlihat dan tentunya akan memacu semangat kamu untuk segera menuju ke sana. Dari Plawangan menuju puncak sendiri hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Info Lengkap Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Tips Mendaki Gunung Arjuno via Purwosari

Menurut saya pribadi setelah beberapa kali melakukan pendakian ada banyak sekali pendaki yang tidak sampai puncak bahkan saya pun pernah mengalaminya semua itu karena persiapan fisik, mental bahkan banyak faktor lainnya serta peralatan yang kita bawa kurang memadai pastinya.

Maka dari itu mendaki gunung perlu persiapan yang matang, jangan hanya ikut-ikutan teman atau tergiur dengan pesona keindahan yang kamu lihat di sosial media, asal kamu tahu, mendaki gunung itu nyawa taruhannya. Berikut Tips Mendaki Gunung Arjuno via Purwosari.

1. Mendakilah dengan team yang berpengalaman, minimal pendakian 4 orang jangan pernah kurang dari itu, karena itulah prosedur pendakian.

2. Jangan pernah bicara sembarang, karena setiap gunung pasti berpenghuni, mendakilah dengan sopan layaknya kita bertamu kerumah pacar.

3. Perlengkapan pendakian harus lengkap, contoh kecil pakailah sepatu tracking dan teman-temannya yang lain.

3. Persiapan logistik harus lengkap serta bertenaga, ingat jangan terlalu over karena akan menambah bebanmu saja. Bawa air juga harus cukup.

4. Jika ada salah satu dari teman tidak bisa melanjutkan perjalanan sangat di wajibkan ada yang menemani jangan ditinggal.

5. Jangan pernah buang sampah sembarang serta mengambil apapun disaat mendaki, bawa kembali sampahmu.
Baca juga: Materi Dasar Survival
Tips yang sudah saya sampaikan diatas menurut saya pribadi itulah point terpenting. Bila ada yang salah atau kurang, teman-teman petani adv bisa menambahkan di kolam komentar.

Itu dia info lengkap pendakian Gunung Arjuno Via Purwosari yang bisa kamu jadikan refrensi untuk mencoba jalur ini agar dapat menikmati Puncak Gunung Arjuno. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semua. Salam Lestari Salam Bunga Padi.


EmoticonEmoticon