Wednesday, 31 January 2018

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Gunung adalah salah satu tempat yang bisa membantu kita mengisi waktu luang. Kegiatan mendaki adalah sebuah aktivitas yang bisa kita lakukan di gunung, seperti pendakian ke Puncak Lawu via jalur Candi Cetho Karanganyar. Pemandangan gunung yang indah dan memukau mata, serta termasuk bagian permukaan bumi yang tinggi membuat kita penasaran dan ingin mengunjunginya.

Salah satu nama gunung di Indonesia yang sering didatangi para pendaki adalah Gunung Lawu. Gunung ini sangat terkenal di Pulau Jawa. Lokasi gunung Lawu berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jadi jika ditanya dimana alamat Gunung Lawu, maka akan ada 2 jawaban, yakni terletak di Kabupaten Magetan Jawa Timur dan Kabupaten Karanganyar Tengah. Gunung ini menjadi gunung yang bersejarah di Pulau Jawa, dimana unsur mistik sangat kental di gunung ini. Apalagi kalau sudah mulai melakukan pendakian.

Gunung Lawu ini juga dipercaya sebagai tempat muksa atau (meninggalnya) Prabu Brawijaya ke V setelah melakukan peperangan. Ada makamnya juga yang akan kita temui sebelum sampai ke Puncak Gunung Lawu.

Kesan mistik sangat jelas ketika kita melihat Gunung Lawu ini. Baik dari kejauhan maupun dari dekat. Akan sangat kental terasa aura mistiknya saat sudah mendelat di Gunung ini yang memulai pendakian. Dipercaya juga oleh warga sekitar Gunung Lawu dan para pendaki, bahwa para calon pendaki Gunung Lawu harus berhati bersih. Tidak boleh ada niat merusak alam. Selain itu, para calon pendaki pun juga harus menjaga ucapannya. Tidak boleh berbicara jorok atau kotor atau pun mengeluh saat melakukan pendakian.

Para pendaki pun tidak boleh menengok ke belakang sedikit pun saat melakukan pendakian. Terus menatap ke depan dalam melakukan pendakian. Kepercayaan ini harus dilakukan pada saat akan melewati posko terakhir menuju ke puncak Lawu.

Kemistisan dari Gunung Lawu ini juga dipercaya dengan munculnya Burung Gagak yang akan memberikan petunjuk arah bagi para pendaki. Karena dalam penjalanan pendakian, bukan tidak mungkin kita akan tesesat. Apalagi ada Pasar Setan yang akan kita lalui. Pasar kasat mata memang, namun jika kita tergiring masuk ke alamnya, maka sangat kecil kemungkinan kembali lagi di dunia nyata.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Jalur Pendakian Gunung Lawu


Untuk mendaki Gunung Lawu, ada 3 alternatif jalur yang bisa kita lewati. Diantaranya adalah Jalur Pendakian Gunung Lawu Cemoro Sewu, Cemoro Kandang dan Jalur Candi Cetho. Antara Jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang memiliki jarak yang tidak terlalu jauh. Untuk jalur Candi Cetho terletak di Karanganyar Jawa Tengah. Jalur ini adalah jalur yang paling jauh daripada jalur pendakian lainnya.

Bukti dari jauhnya jalur pendakian lewat Candi Cetho ini adalah ditempuhnya pendakian ke Puncak Gunung Lawu, yakni sekitar 12 jam sampai dengan 15 jam. Bagi para pendaki yang berasal dari Jawa Tengah memang lebih baik melewati jalur ini, karena lebih cepat aksesnya.

Jalur Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho


Candi Cetho yang kita kenal selama ini adalah sebuah tempat wisata yang ada di Karanganyar Jawa Timur. Kompleks wisata ini adalah berupa kompleks candi. Banyak orang yang berkunjung di sana untuk mengeksplor keindahan Candi Cetho.
Ternyata selain sebagai tempat wisata, Candi Cetho ini merupakan jalur pendakian ke Gunung Lawu. Berikut adalah jalur pendakiannya :

Dari Basecamp ke Pintu Masuk

Basecamp terletak di area Candi Cetho. Letaknya tepat di sebelah kanan kiri Candi. Untuk memulai pendakian, maka jalur pertama yang akan kita tuju setelah dari Candi Cetho adalah ke Pos Masuk. Lamanya perjalanan adalah 15 menit. Perjalanan ke Pos Masuk masih mulus-mulus saja. Di Posko Masuk, kita harus melakukan pendaftaran.

Dari Posko Masuk ke Pos 1

Perjalanan ke Pos 1 ini menghabiskan waktu waktu selama 1 jam, dengan rincian 30 menit sampai ke Candi Kethek atau Candi Kera (dinamakan Candi Kethek karena dulunya ribuan kera ada di sana) dan 30 menit lagi sampai ke Pos 1. Sepanjang perjalanan, masih didominasi jalanan datar yang masih mudah dilalui. Di Pos 1, kita disediakan tempat peristirahatan sederhana untuk melepas penat.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Dari Pos 1 ke Pos 2

Dari Pos 1, kita harus melewati jalan yang sudah sedikit menanjak untuk sampai ke Pos 2. Lamanya perjalanan adalah 1,5 jam. Terdapat tempat peristirahatan juga di sini, yakni tepat di bawah pohon. Pos 2 - Brakseng terdapat sebuah shelter, berada pada ketinggian 2.250 mdpl, berupa tanah lapang dan lebih luas dari pos sebelumnya.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Dari Pos 2 ke Pos 3

Pendakian yang sebenarnya akan sangat kita rasakan untuk menuju ke Pos 3. Setelah lelah berkurang, kita harus mempersiapkan fisik dengan baik karena selama 3 jam yang akan datang, kita akan melewati jalanan dengan medan yang sulit. Mulai masuk keluar hutan. Harus lebih berhati-hati lagi.

Setibanya di Pos 3, kita bisa pasang tenda dan istirahat untuk melakukan perjalanan selanjutnya. Kebanyakan akan menginap di Pos 3 ini karena perjalanan dari Pos 2 ke Pos 3 yang sangat jauh.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Dari Pos 3 ke Pos 4

Keesokan harinya, kita bisa meneruskan perjalanan menuju ke Pos 4. Lama perjalanan yang akan kita tempuh adalah 2 jam. Di pos ini, banyak juga pendaki yang memasang tenda untuk menginap. Perjalanan dari pos 3 menuju pos 4 merupakan jalur yang paling menanjat diantara semua pos yang ada dijalur Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho.

Trek masih berupa tanah padat dengan akar yang melebar pada pertengahan jalan, dan akan merapat lagi ketika kamu sudah mulai mendekati pos 4.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Dari Pos 4 ke Pos 5

Perjalanan ke pos ke 5 ini menghabiskan waktu 2 jam. Medan pendakiannya mampu membayar perjuangan pendakian sebelumnya yang cukup berat, karena jalannya cukup datar dan keindahan alam Gunung Lawu terpancar di sini.

Ditambah lagi dengan keberuntungan yang kemungkinan kita dapatkan, yakni bertemu dengan burung Jalak. Bukan burung biasa, karena dercaya sebagai burung jelmaan dari Kyai Jalak. Burung ini akan memberikan petunjuk jalan kepada pendaki. Namun tidak semua pendaki bisa menemuinya.

Di Pos 4 ini juga kita akan melewati tempat yang bernama Bulak Peperangan. Dimana tempat ini dipercaya sebagai tempat peperangan Prabu Brawijaya dan Raden Fatah. Keindahan di area ini sangat memukau mata, sehingga cocok untuk mengambil gambar.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Dari Pos 5 ke Puncak Hargo Dalem

Pemandangan padang Sabana akan menjadi track pemandangan yang akan menemani perjalanan kita menuju ke Pos Hargo Dalem. Ditambah lagi ada bukit Cinta yang kita lewati selama perjalanan. Sangat indah dan lebih menakjubkan daripada pemandangan sebelumnya.

Di Pos Hargo Dalem ini, para pendaki juga bisa menikmati keindahan Gupak Menjangan yang merupakan sebuah mata air murni. Biasanya di sini dijadikan tempat mencari minum hewan menjanga.

Pengalaman perjalanan ke Hargo Dalem tidak sampai di situ saja, para pendaki akan melewati Pasar Dieng atau Pasar Setan. Bulu kuduk akan dibaut merinding karena mendengar suara ramai di sini layaknya pasar. Kalaupun tidak mendengar, suara angin yang berhembus pun terdengar aneh.

Barulah setelah Pasar Setan ini dilalui, kita akan tiba ke Hargo Dalem. Dimana Hargo Dalem ini adalah Puncak Pertama Gunung Lawu. Makam Prabu Brawijaya pun ada di puncak ini.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Dari Puncak Hargo Dalem Masuk ke Puncak Hargo Dumilah

Untuk menuju ke Puncak utama Gunung Lawu yang bernama Hargo Dumilah, kita bisa beristirahat dengan puas di Puncak Hargo Dalem dengan membeli makanan di warung mbok Yem. Dimana warung ini adalah warung yang paling terkenal, karena merupakan warung tertinggi di Indonesia, yakni tepatnya berada di ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut.
Baca Juga: Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Harga makanannya pun murah dan mengenyangkan. Cukup sebagai penambah energi untuk melanjutkan perjalanan ke Puncak Hargo Dumilah yang akan memakan waktu setengah jam. Dominasi jalan terjal akan kita jumpai. Ditambah banyaknya cerita mistik. Maka dari itulah saat mendaki tidak boleh menengok ke belakang.

Diperlukan kerja sama yang baik untuk mencapai puncak Gunung Lawu. Keindahan Gunung Lawu akan sangat terasa dan menjadikan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Untuk melakukan pendakian ke Puncak Lawu lewat jalur Candi Cetho Karanganyar kita akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 15.000,- per orang. Lalu untuk biaya parkir kendaraan bermotor adalah Rp 10.000,-.

Sebelum berangkat pendakian ke Puncak Lawu Lewat Jalur Candi Cetho Karanganyar, pastikan bahwa kita sudah:

● Mempersiapkan secara lahir dan batin. Secara lahir, dengan stamina yang bagus dan secara batin dengan niat tulus. Dari 2 hal tersebut merupakan hal yang penting dalam melakukan pendakian gunung Law.

● Membawa perbekalan yang cukup. Tidak perlu banyak, yang penting cukup. Karena sudah ada Warung mbok Yem yang siap membantu mengisi ulang bekal pendakian kita.

● Mendaki secara berkelompok. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting saling menjaga. tidak boleh endaki dibawah 3 orang.

Setelah berhasil pendakian ke Puncak Lawu lewat jalur Candi Cetho Karanganyar, kita akan turun gunung hanya sekitar 4-5 jam saja. Lebih cepat dari pada pendakiannya.

Dari semua yang sudah dijelaskan diatas mengenai Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho muda-mudahan akan sedikit membantu perjalananmu. Jangan lupa siapkan fisik dan mentakmu serta dilengkapi dengan perlengkapan yang aman. Selamat mendaki Gunung lawu dan buktikan keindahannya.

1 komentar


EmoticonEmoticon