Wednesday, 17 January 2018

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Gunung Lawu merupakan gunung yang memiliki tinggi 3525 di atas permukaan laut. Dengan ketinggian di atas 3000 meter, membuat gunung ini menjadi salah satu tujuan utama bagi pendaki untuk dapat merasakan rasanya menapaki puncak gunung ini dan menaklukkan ketinggiannya. Sehingga tidak heran membuat gunung ini selalu dipenuhi pendaki yang penasaran ingin menjajal kemampuannya untuk menaklukkan gunung ini. Jika kamu berencana atau menjadi salah satu yang juga penasaran ingin menaklukkan Gunung Lawu, artikel ini akan memberikan info lengkap pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu.

Untuk menuju puncak Gunung Lawu sendiri ada 4 jalur pendakian berbeda yang bisa ditempuh pendaki untuk bisa sampai di Gunung Lawu. Berikut ini adalah jalur pendakian yang ada di Gunung Lawu:

1. Jalur Cemoro Sewu yang dimulai dari Kabupaten Magetan Jawa Timur

2. Jalur Srambang yang bisa dimulai dari Kabupaten Ngawi Jawa Timur

3. Jalur Cemoro Kansang yang bisa dimulai dari Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah

4. Jalur Gunung Lawu Candi Cheto yang juga bisa dimulai dari Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah

Karena memang Gunung Lawu letaknya berada di tiga kabupaten berbeda yaitu, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Karanganyar yang berada di Provinsi Jawa Timur.

Gunung Lawu sendiri sebenarnya memiliki tiga puncak gunung. Yakni:


1. Hargo Dumiling

2. Hargo Dale

3. Hargo Dumilah

Tapi di antara ke empat puncak Gunung Lawu tersebut, hanya Puncak Hargo Dumilah yang memiliki ketinggian paling tinggi di antara puncak yang lainnya. Selain itu, Puncak Hargo Dumilah sendiri satu-satunya puncak yang dapat ditempuh dari empat jalur pendakian berbeda.

Untuk kali ini, artikel ini akan membahas mengenai jalur pendakian menuju Puncak Gunung Lawu melalui jalur Cemoro Sewu.

Gunung Lawu sendiri sebenarnya merupakan gunung berapi yang telah lama sekali sudah tidak aktif lagi. Kondisi inilah yang dimanfaatkan banyak pecinta alam untuk menggunakan Gunung Lawu ini sebagai pembuktian nyali dan kekuatan mereka untuk menaklukkan puncak ketinggian. Apalagi Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang memiliki tinggi di atas 3000 meter. Dengan catatan terakhir kali meletus pada tahun 1885 silam, membuat Gunung Lawu ini menjadi salah satu gunung yang difavoritkan oleh banyak pendaki.

Nah, bagi kamu yang berniat untuk mendaki gunung ini, atau ingin mendaki gunung ini melewati jalur Cemoro Sewu, kamu bisa baca terus artikel mengenai info lengkap pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu.

Jalur Pendakian Gunung Lawu Melalui Cemoro Sewu


Untuk dapat mencapai Puncak Gunung Lawu melalui jalur Cemoro Sewu, kamu bisa mulai dari titik terminal Karang Pandan Kota Magetan. Sehingga bagi kamu yang berasal dari Luar Kota seperti Solo, Semarang dan Kota lainnya, tujuan awal untuk dapat sampai ke Puncak Gunung Lawu adalah dari Terminal Karang Pandan. Setelah dari Terminal Karang Pandan kamu bisa menuju base camp Gunung Lawu, Cemoro Sewu, dengan menyewa mobil Pick Up jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi.

Sebelum bisa sampai di Base Camp Cemoro Sewu, kamu akan melewati Base Camp Cemoro Kandang yang jaraknya memang tidak terlalu jauh, yakni hanya 300 meter saja dari Cemoro Sewu.

Basecamp Cemoro Sewu


Sesampainya di Bace Camp, kamu bisa beristirahat sejenak karena di sini sudah terdapat fasilitas yang cukup lengkap, seperti tempat makan, tempat untuk beristirahat, WC umum hingga Mushola yang bisa digunakan untuk beribadah.

Ketia berada di Base Camp Cemoro Sewu, kamu bisa mengurus registrasi sebelum muncak ke Gunung Lawu. Biasanya yang diminta hanyalah menunjukkan KTP dan membayar biaya registrasi sebesar 10 ribu perpendaki.

Basecamp Menuju Post 1 Estimasi Waktu 60 menit hingga 75 menit

Setelah puas beristirahat dan mengisi tenaga di Base Camp Cemoro Sewu, kamu bisa mulai mendaki Gunung Lawu menuju Post 1. Dengan kondisi jalan yang masih cukup bagus dan masih landai. Jalan bebatuan yang sudah ditata rapi dengan pemandangan hutan pinus dan perkebunan warga yang akan menjadi teman perjalanan kamu. Jika beruntung kamu juga akan menemui berbagai macam burung dan kera ekor putih yang akan menyapamu di jalan. Selain itu di jalur ini kamu bisa menemukan mata air sendang panguripan yang bisa digunakan untuk mengisi bekal air minum.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Pos 1 Menuju Pos 2 Estimasi Waktu 60 menit

Ketika kamu tiba di pos 1 kamu akan tiba di lahan yang cukup luas, cocok digunakan untuk mendirikan tenda. Tapi jika kamu hanya ingin berhenti sejenak saja, kamu bisa istirahat di beberapa warung yang disediakan dan juga sebuah bangunan besar yang biasa digunakan untuk beristirahat.

Setelah puas beristirahat kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju pos 2 dengan medan yang masih terbilang mudah. Meski diselingi beberapa tanjakan tapi jalan menuju pos 2 masih tidak terlalu menguras tenaga. Jalan masih dipenuhi oleh bebatuan yang ditata rapi. Sesekali kamu mungkin akan mencium bau belerang yang berasal dari bebatuan yang kamu injak.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Pos 2 Menuju Pos 3 Estimasi Waktu 75 menit

Begitu sampai di pos 2 kamu juga akan disambut dengan warung yang telah siap memenuhi kebutuhan kamu. Di sini kamu bisa beristirahat sejenak sambil mengisi perut yang sudah keroncongan.

Melanjutkan perjalanan menuju pos 3 kamu akan mulai disguhi oleh pemandangan alam terbuka. Hutan pinus yang menemani perjalanan kamu akan digantikan dengan jurang dan tebing yang cukup berbahaya dan trak pendakian. Tapi meski begitu perjalanan masih cukup ramah karena jalanan masih landai dan belum begitu menguras tenaga.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Pos 3 Menuju Pos 4 Estimasi Waktu 95 menit

Saat tiba di pos 3 kamu akan menemukan bangunan besar yang bisa kamu gunakan untuk istirahat. Di belakang bangunan ini ada tempat untuk meletakkan sesajen sehingga terkadang akan tercium bau dupa.

Perjalanan menuju pos 4 akan mulai susah dan cukup menguras tenaga. Dengan trak yang cukup menanjang dan memiliki kemiringan akan membuat kamu lelah. Hutan belantara yang luas dan hijau akan menemani kamu selama perjalanan.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Pos 4 Menuju Pos 5 Estimasi Waktu 75 menit

Di pos 4 ini lahannya cukup sempit jadi kurang nyaman saat digunakan untuk beristirahat. Sehingga sebaiknya beristirahat tidak terlalu lama saja dan langsung lanjutkan perjalanan ke Pos 5.

Perjalanan menuju pos 5 mulai dipenuhi dengan trak yang mudah dengan jalanan datar yang masih landai. Kamu bisa berjalan santai menuju pos 5. Saat dalam perjalanan kamu bisa menemukan mata air sumur jolotundo yang bisa kamu gunakan untuk mengisis persediaan air.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Pos 5 Menuju Sendang Derajat 70 menit

Di pos 5 kamu bisa kembali menemukan warung yang bisa digunakan untuk mengisis persediaan perut. Selain itu pos 5 memiliki lahan yang cukup luas cocok digunakan untuk mendirikan tenda untuk beristirahat dan mengisi tenaga.

Perjalanan menuju Sendang Derajat memang cukup singkat karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, tapi medan yang harus kamu lalui sangat berat. Kamu harus dipaksa melewati jalan menurun untuk kemudian melewati tanjakan yang lumayan menguras tenaga.
Baca Juga: Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Sendang Derajat Menuju Puncak

Di sini kamu bisa mendirikan tenda dan beristiraha semalam. Selain untuk mengisi tenaga tapi juga bisa digunakan untuk menyaksikan matahari terbit dari ketinggian 2000 meter yang lumayan indah. Setelah dari Sendang Derajat kamu bisa memilih dua rute perjalanan. Langsung ke Puncak tertinggi Gunung Lawu, Puncak Hargo Dumilah atau ke Puncak Hargo Dalem dahulu.

Puncak Hargo Dalem Estimasi Waktu 15 menit

Jika kamu ingin ke Puncak Hargo Dalem dulu kamu bisa melewati jalur di bawah puncak dan berjalan melingkar untuk bisa sampai ke Puncak Hargo Dalem.

Puncak Hargo Dumilah Estimasi waktu 20 menit

Sementara jika kamu ingin langsung menuju ke Puncak Hargo Dumilah kamu akan langsung melewati jalan menanjak. Di sini kamu tidak akan menemui jalan bebatuan lagi, tapi kamu akan menemukan jalan yang sudah berupa tanah. Dengan medan yang sangat berat dan tanjakan tinggi, akan memaksa kamu untuk merangkak agar bisa sampai di Puncak tertinggi Gunung Lawu.

Info Lengkap Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu yang tidak boleh terlewatkan adalah untuk selalu mengutamakan safety. Sebagai tips, sebaiknya hindari hal-hal yang dilarang saat melakukan pendakian agar semua bisa berjalan dengan lancar karena sebagian besar pendaki yang mengalami hal-hal buruk adalah mereka yang tidak mengindahkan peraturan.

Semoga Info lengkap pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu beserta sedikit tips tersebut bisa bermanfaat untuk Anda.l Selamat Medaki, Salam Lestari Salam Bunga Padi.


EmoticonEmoticon