Saturday, 20 January 2018

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani via Senaru

Dengan ketinggian mencapai 3.726 di atas permukaan laut, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ke dua di Indonesia, setelah Gunung Jayawijaya yang berada di Papua. Secara geografis, Gunung Rinjani berada di Lombok, Pulau Nusa Tenggara Barat.

Selain itu gunung yang masuk ke dalam 7 summit Indonesia ini menjadi salah satu favorit pendaki dari seluruh Indonesia, bahkan pecinta alam dari berbagai Negara di Dunia yang tertantang untuk menaklukkan Gunung Rinjani.

Bagi kamu yang juga tertantang dan ingin menaklukkan Gunung Rinjani, berikut ini adalah info lengkap pendakian Gunung Rinjani via Senaru.

Sebenarnya ada tiga jalur pendakian yang bisa digunakan untuk bisa sampai di Puncak Gunung Rinjani. Seperti:

1. Sembalun

2. Senaru

3. Torean

Tapi di antara ke tiga jalur pendakian tersebut, hanya jalur via sembalun dan senaru yang paling sering digunakan oleh pendaki. Karena jalur Torean merupakan jalur pendakian yang masih terbilang baru sehingga untuk melewati jalur ini agar bisa sampai ke Puncak Gunung Rinjani, dibutuhkan jasa guide yang mengetahui betul jalur tersebut, agar pendaki tidak tersesat.

Tetapi sayangnya untuk menyewa jasa guide, biayanya cukup mahal dan menguras kantong. Sehingga lebih baik, menggunakan jalur via sembalun atau pun senaru.

Banyak pendaki yang memilih untuk menggunakan jalur pendakian gunung rinjani via senaru pada saat naik ke Puncak Gunung Rinjani dan turun dengan melalui jalur sembalun. Atau juga bisa sebaliknya.

Salah satu daya tarik dari Gunung Rinjani ini adalah keberadaan kaldera yang cukup luas dan segara anak yang banyak dibicarakan oleh para pendaki. Berkat keindahan pemandangan dan panorama alamnya. Ditambah lagi dengan fenomena matahari terbit yang bisa kamu saksikan di puncak Gunung Rinjani merupakan salah satu hal wajib yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh pendaki.

Sehingga tidak heran kan, jika Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung favorit di Indonesia di mata para pecinta alam dan pendaki, baik yang berasal dari Indonesia mau pun manca Negara.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana rasanya menaklukkan Gunung Rinjani dan dalam waktu dekat ini ingin mengunjungi Gunung Rinjani. Baca dulu yuk, info lengkap pendakian Gunung Rinjani via Senaru.

Pendakian Gunung Rinjani via Senaru


Untuk bisa sampai ke Basecamp Senaru, dari Bandara Lombok kamu bisa langsung menyewa mobil yang akan membawamu ke Desa Senaru dan juga menyewa jasa porter. Mengingat waktu yang dihabiskan untuk mencapai gunung ini dapat memakan waktu 4 hingga 5 hari dan membutuhkan banyak persiapan. Tentu akan lebih mudah jika kamu juga menyewa jasa porter.

Sesampainya di Basecamp Senaru, kamu bisa beristirahat terlebih dahulu dan mengumpulkan tenaga untuk pendakian keesokan harinya, dan jangan lupa untuk mengurus registrasi sebelum mendaki Gunung Rinjani.

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani Via Senaru

Basecamp Senaru Menuju Pos 1


Dari pintu masuk senaru menuju pos 1, jaraknya hanya sekitar 1 kilometer dengan jarak tempuh kira-kira 1 jam. Perjalanan masih cukup mudah dengan jalan yang masih datar dan minim tanjakan. Pos 1 hanya memiliki 1 gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Tapi karena jarak dari senaru dan pos 1 cukup dekat dan tidak terlalu memakan tenaga kamu bisa meneruskan perjalanan menuju pos 1 Ekstra yang jaraknya 1,3 kilometer dari pos 1 dan bisa ditempuh dengan waktu 2 jam.

Perjalanan menuju pos 1 Ekstra masih terbilang sama dengan track yang cukup ramah juga medan jalur yang belum terlalu berat. Di pos 1 Ekstra juga terdapat 1 gazebo untuk beristirahat sejenak.

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani Via Senaru

Pos 1 Menuju Pos 2


Dari pos 1 Ekstra menuju pos 2 berjarak 1,1 kilometer dan dibutuhkan waktu 2 jam untuk bisa sampai di pos 2. Karena medannya sudah semakin berat dan full tanjakan sehingga benar-benar menguras tenaga. Untuk itu, sebaiknya kamu beristirahat saja di pos 2 dengan bermalam dan mendirikan tenda di sana.

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani Via Senaru

Pos 2 Menuju Pos 3


Untuk bisa sampai di pos 3 dibutuhkan waktu sekitar 1 jam saja karena jaraknya cukup dekat, hanya sekitar 1 kilometer. Jalur trek yang sudah mulai menanjak dihiasi hijaunya pemandangan hutan, dan hati-hati jika kamu melewati basecamp monyet yang berada di antara pos 2 menuju pos 3. Jangan pernah kamu mengeluarkan makanan jika tidak ingin di serang oleh sekawanan monyet kelaparan.

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani Via Senaru

Pos 3 Menuju Plawangan Senaru


Jika dari pos 1 menuju pos 3 kamu masih menemui hutan belantara sebagai latar belakang pemandangan kamu, maka ketika menuju Plawangan Senaru kamu akan mulai menemukan pemandangan terbuka dengan trak menanjak yang cukup panjang. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Plawangan Senaru adalah sekitar 1,5 jam.

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani Via Senaru

Plawangan Senaru Menuju Segara Anak


Begitu sampai di Plawangan senaru, kamu akan terkagum-kagum dengan pemandangan kaldera yang cukup luas. Tapi sebenarnya perjalanan kamu belum berakhir, kamu masih harus menuruni jalan bebatuan untuk bisa sampai di segara anak.

Segara anak merupakan danau yang luas dan merupakan daya tarik dari Gunung Rinjani. Di sana selain kamu bisa menemukan mata air yang cukup nikmat kamu juga bisa menemukan pemandian air hangat alami. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai di segara anak adalah 2 hingga 3 jam. Di sini kamu bisa beristirahat dengan membangun tenda dan melanjutkan perjalanan esok hari.

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani Via Senaru

Segara Anak Menuju Plawangan Sembalun


Setelah beristirahat semalaman dan mengisi tenaga, sudah saatnya kamu melanjutkan perjalanan yang sebenarnya. Karena jarak antara segara anak dan plawangan sembalun cukup jauh sehingga dibutuhkan waktu hingga 6 jam untuk sampai di sana ditambah dengan jalut trak yang full menanjak.
Baca Juga: Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Sehingga begitu tiba di plawangan sembalun sebaiknya kamu segera beristirahat, karena waktu terbaik untuk menuju puncak Gunung Rinjani adalah pada dini hari. Untuk dapat menyaksikan matahari terbit dari balik Gunung Rinjani. 

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani Via Senaru

Plawangan Sembalun Menuju Puncak Gunung Rinjani


Perjalanan di mulai pukul 2 dini hari agar kamu bisa menyaksikan fenomena matahari terbit dari atas puncak Gunung Rinjani. Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai di puncak adalah 3 jam. Trek menanjak di medan berpasir akan menyulitkan kamu. Sehingga lebih baik kamu berjalan perlahan untuk bisa sampai di Puncak Gunung Rinjani.

Selain itu tingkat kemiringan yang luar biasa juga akan menguras tenaga kamu. Tetapi semua itu akan terbayarkan oleh pemandangan Gunung Rinjani yang luar biasa indah pada saat matahari terbit dan mulai menyinari puncaknya.

Dari atas puncak Gunung Rinjani kamu bisa melihat segara anakan. Indah bukan? Seperti gambar pada uang sepuluh ribuan Indonesia.

Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani Via Senaru
Baca Juga: Pendakian Gunung Rinaji via Sembalun
Tips Mendaki Gunung Rinjani via Senaru

Sebelum kamu melakukan pendakian simaklah tips mendaki gunung rinjani via senaru di bawah ini, bila ada yang kurang atau salah kamu bisa tambahkan di kolom komentar.

1. Gunakan lah jasa transfortasi berupa travel untuk mempermudah perjalananmu, kamu akan langsung diantar tepat di basecamp sembalun dengan jarak tempuh dari bandara Internasional Lombok sekitar 3 Jam.

2. Bila kamu ingin menggunakan jasa guide dan porter bisa kamu langsung cari di area basecamp, alangkah baiknya kamu booking terlebih dahulu jauh sebelum kamu ingin berangkat mendaki gunung rinjani.

3. Mulailah pendakian di pagi hari, bila kamu datang hari sudah sore disarankan menginap dahulu dibasecamp, setelah pagi tiba kamu bisa langsung mulai pendakian.

4. Tempat camp terbaik berada pada pos 2, plawangan dan sagara anakan karena disana terdapat sumber air.

5. Selalu gunakan perlengkpan safety pada saat summit juga di lengkapi dengan trekking pole dan Gaiters untuk mempermudah pendakian pada saat bertemu trek yang berpasir.

6. Selalu waspada pada badai di area lereng gunung rinjani, jika itu terjadi hentikan pendakian, kamu juga bisa berlindung di bebatuan di sepanjang lereng.

7. Jangan terburu dan selalu berhati-hati pada saat naik, berada dipuncak maupun turun. Hindarilah hal-hal yang bisa menyebabkan kamu kecelakaan.

8. Bila kamu ingin turun dari sagara anakan menuju Senaru sebaiknya pada pagi hari, karena trek menuju senaru sangat panjang, karena perjalanan turun menuju senaru ini menjadi perjalanan menanjat yang pastinya sangat menguras tenaga.

9. Jangan pernah mengotori area sagara anakan juga mencemari karena sumber air disana memiliki fungsi vital bagi masyarakat serta para calon pendaki Gunung Rinjani via Senaru.

Semoga artikel mengenai Info Lengkap Pendakian Gunung Rinjani via Senaru ini bermanfaat bagi kamu yang barangkali berencana untuk mengunjungi Lombok dan menaklukkan gunung tertinggi ke dua di Indonesia ini. Selamat mendaki. Salam Lestari Salam Bunga Padi.

2 komentar

Hati-hati menggunakan jasa porter di sembalun atau senaru secara langsung! bilamana terjadi kehilangan sesuatu yang tak dapat diduga, tidak ada yang bertanggung jawab! sebaiknya menggunakan jasa travel! kita dapat klaim segala sesuatunya! Jasa Travel telah memberi wawasan dan tanggung jawab, mandiri dan berdedikasi kepada team porter dan guide, silahkan hubungi travel agent berada di Lombok ataupun TO (trekking organizer) di Senaru dan Sembalun, para pengunjung segeralah menjaga kebersihan lingkungan Taman Nasional Gunung Rinjani! Selamat menikmati keindahan gunung Rinjani - salam dan jabat erat ~Satya Budi~

Terimakasih atas infonya omm. :D


EmoticonEmoticon