Saturday, 29 September 2018

Info Lengkap Wisata Keretak Nibong Belitung Timur

Wisata Keretak Nibong Belitung Timur || Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam. Di manapun Anda berada, pasti di daerah tersebut memiliki objek wisata yang khas dan menjadi tempat favorit bagi wisatawan lokal. Ketika wisata tersebut sudah terkenal, wisatawan luar hingga mancanegara pun akan berdatangan untuk mengisi waktu liburnya.
wisata keretak nibong belitung timur
pict by : instagram @kretak_nibong

Salah satu fokus PETANIADV kali ini adalah tentang objek wisata di kawasan Belitung Timur. Mendengar kata Belitung, Anda langsung teringat dengan film Laskar Pelangi bukan? Film yang diadaptasi dari novel popular Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini rilis pada 26 September 2008 yang mengambil latar Desa Gantong, Belitung. Di film tersebut penonton dihadapkan pada pesona alam Belitung yang sangat indah dengan hamparan alam yang masih jauh dari peradaban.

Pulau Belitung yang terkenal bagaikan surga ternyata menyimpan pemandangan alam yang tak kalah menarik di kawasan Belitung sebelah timur, salah satunya adalah wisata Keretak Nibong. Wisata ini tergolong baru karena diresmikan pada tahun 2018.

Asal mula nama keretak nibong sendiri diambil dari bahasa masyarakat Belitung pada zaman dahulu, di mana "keretak" berarti jembatan penyeberangan dan "nibong" merupakan nama pohon yang di gunakan sebagai material untuk membuat jambatan tersebut. Sehingga dapat diartikan bahwa wisata Keretak Nibong adalah wisata alam yang menyuguhkan sederetan jembatan penyeberangan yang dibuat menggunakan pohon nibong.

Ide wisata ini sebenarnya hampir sama dengan tempat-tempat hits kekinian yang lebih mengeksplore tentang keindahan alam dan spot foto instagramable. Wisata Keretak Nibong ini membuktikan bahwa di Belitung juga ada wisata alam lain, tak hanya wisata Negeri Laskar Pelangi saja. Awalnya wisata ini didirikan oleh komunitas nelayan “Telok Balok” di Desa Balok. Mereka menciptakan kreativitas yang luar biasa untuk bersama-sama membangun sektor wisata di Desa Balok. Tujuannya sebagai upaya pelestarian alam dan meningkatkan pendapatan tambahan bagi para nelayan. Pembangunannya pun dilakukan secara swadaya.

Mengetahui adanya pembangunan Wisata Keret Nibong, Pemerintah Desa (Pemdes) Balok dengan segera melakukan pembangunan sumber daya manusia (SDM), khususnya untuk generasi muda. Pembangunan SDM tersebut dilakukan melalui pelatihan pemandu wisata (guide) yang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur.

Baca Juga : Keindahan Wisata Rumah Domes Yogyakarta

Selain jembatan penyeberangan, di dalam Wisata Keret Nibong Belitung Timur tersebut juga ada pondok atau rumah masyarakat zaman dulu dengan arsitektur tradisional Belitong. Pondok tersebut digunakan sebagai tempat persinggahan sementara sambil menikmati keindahan keretak nibong dan sungai Balok yang mengalir tenang. Ada juga pohon-pohon bakau, yang dapat Anda susuri dengan menggunakan perahu nelayan. Selain itu, ada tumbuhan anggrek, spot foto yang menarik seperti sarang burung, pondok-pondok, tempat duduk di atas pohon, dan spot foto berbentuk hati.

Lokasi Wisata Keretak Nibong


Wisata Keretak Nibong terletak di Desa Balok, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung 33561. Tepatnya berada di area sungai Balok yang termasuk situs makam Raja Balok.

Rute Menuju Keretak Nibong


Untuk bisa menjangkau wisata hutan bakau ini, Anda dapat memulai perjalanan dari Bandara Hanandjoedin yang berjarak 41 kilometer dan waktu tempuh sekitar 49 menit (tanpa hambatan / macet) dari wisata tersebut.

keindahan wisata keretak nibong
pict by : instagram @deki_prianto

Dari Jalan Bandara lurus, kemudian belok kiri ke Jalan Sudirman, lalu berlok kanan lurus hingga bertemu dengan TPQ Al Mukhlisin, Kong DJIE 99. Jika Anda sudah sampai di pertigaan, tetap berkendara lurus saja.

Setelah itu, belok kiri, menuju Jalan Badau. Ada pertigaan, masih lurus hingga sampai di Jalan Dendang. Kemudian menuju ke Jalan Raya Desa Jangkang, lalu sampai di Jalan Raya Desa Balok. Tepat di jalan itu Anda pun akan menemukan objek wisata jembatan Nibong yang Anda maksud.

Harga Tiket Masuk Keretak Nibong


Untuk harga tiket masuk belum ada ketetapan pasti dari pihak pengelola wisata Keretak Nibong. Sedangkan untuk paket wisata susur Sungai Balok ditawarkan seharga 100.000 tiap 1 perahu untuk 4 orang.

Baca Juga : Keindahan Wisata Puncak Mustika Manik Bogor

Objek wisata ini dinilai sangat bagus, karena selain bisa menikmati keindahan alamnya, Anda juga secara tidak langsung diajarkan untuk menjaga kelestarian ekosistem hutan mangrove di daerah perairan. Keberadaan wisata Keretak Nibong seperti angin segar bagi masyarakat sekitar, sejak adanya wisata baru dibelitung ini pendapatan nelayan meningkat melalui aktivitas kepariwisataan situs makam Raja Balok dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata di kawasan Belitung Timur.

3 komentar

Lagi maintenance KK emen. 😂

Tks info nya petani adv. Insya Allah akhir tahun mau liburan ke Bangka Belitung sama temen". Nice


EmoticonEmoticon