Wednesday, 31 October 2018

Legenda dan Pesona Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah


PetaniADV || Indonesia yang merupakan Negara beriklim tropis memiliki kenampakan alam yang luar biasa dimulai dari gugusan pantai berpasir indah sampai pegunungan yang memanjakan mata penikmatnya.

Seluruh daerah di Indonesia rata-rata memiliki cirinya tersendiri seperti Bandung yang terkenal dengan wisata alamnya yang sejuk dengan suhu di bawah 21 derajat cecius. Selain Bandung, Jawa tengah yang beribukotakan Semarang juga memiliki kecantikannya tersendiri.

Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah
Pict By : instaram @ayopdjenggod


Jika kamu pengguna Sosial Media yang aktif, kamu pasti akan tahu Curug Lawang Kori. mengapa? tentu karena banyak orang yang sudah kesana  untuk menikmati keindahannya dan tentu sembari selfie dan mempostingnya di Instagram atau Sosial Media lain yang mereka gunakan. Curug Lawang Kori sendiri adalah wisata air terjun atau Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah.

Apa itu Watu Kemloso?

Pasti kamu sedikit bertanya apa itu Watu Kemloso? Watu Kemloso adalah aliran lava yang mengalir dan telah beku menjadi batuan, hingga membentuk batuan berbagai bentuk, warna dan ukuran tergantung dari tingkat panas lava tersebut.

Terbentuknya Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah ini berawal ketika Gunung Sumbing yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa mengeluarkan lava dengan tingkat panas yang sangat tinggi yang aliran lavanya mencapai puluhan kilometer dari puncak gunung berakhir di Desa Windusari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.

Baca Juga : Deretan Wisata Air Terjun Sukaraja Bengkulu

Lava ini melewati sungai Clapar dan membentuk batuan keras memanjang yang akhirnya kita kenal sebagai Watu Kemloso.

Yang akan kamu temui saat bekunjung

Wisata Alam Watu Kemloso Windusari dengan kata lain merupakan wisata alam yang terbentuk dari fenomena alam ribuan tahun silam. Selain itu, hal menarik lainnya ialah wisata alam Watu Kemloso yang dibalut oleh keindahan legenda dengan bukti adanya batu besar seperti layaknya pondasi yang tersusun rapi, kokoh, dan indah.

Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah juga menyimpan keunikan lain yakni ada sebuah gua besar yang pintunya terbuat dari batu yang konon menurut penduduk setempat bisa terbuka di hari-hari tertentu.

Lokasi Wisata Alam Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah

Wisata alam Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah sendiri terletak di Desa Windusari Kidul Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Rute yang bisa kamu tempuh untuk menikmati Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah jika dari Kota Magelang alurnya adalah jalan menuju batas Kota Semarang lalu lurus saja ikuti jalan sampai rambu lalu lintas selanjutnya belok ke kiri sampai Pasar Windusari, mengikuti jalan lurus sedikit dan belok kanan dan ikuti jalan sampai bertemu gapura tempat wisata Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah tentu dengan bantuan sesepuh yang sudah ahli atau dengan juru kuncinya.

Pict By : Instagram @bernhardawui


Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah ini juga konon tempat penyimpanan benda-benda pusaka, peralatan gamelan, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan saat ada hajatan masyarakat sekitar.

Baca Juga : Kawasan Wisata Cikaret Cibinong Bogor

Kamu sebagai pecinta alam yang ingin lebih mensyukuri keindahan Negara dengan keanekaragaman hayati ini bisa mengunjungi Watu Kemloso Windusari Jawa Tengah atau lebih kita kenal dengan sebutan Curug Lawang Kori. Selain hanya sekedar selfie, kamu juga akan disuguhi kearifan lokal dan keindahan legenda yang menyelimutinya.

Dengan harga tiket masuk Rp. 5.000 kamu sudah dapat menikmati beberapa persen keindahan alam yang Indonesia miliki.

Melakukan wisata atau perjalanan liburan tidak hanya mengenai kecantikan kota-kota dengan peradaban maju seperti Dubai dan New York tetapi mengenai pengalaman merasakan hal baru dengan menyatu pada alam sebagai penyempurna kehidupan dan aspek yang manusia tidak pernah bisa lepas yakni alam yang asri sebagai sumber penghidupan.


EmoticonEmoticon