Tuesday, 23 October 2018

Info Lengkap Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi

Sukabumi merupakan kota kecil yang penuh dengan keindahan alam yang sangat banyak, hal ini karena Sukabumi merupakan daerah yang berada pada dataran cukup tinggi. Banyak tempat wisata di Sukabumi menyajikan pesona alam yang begitu indah, tentunya akan sangat mengesankan untuk kamu pada saat berlibur di Kota Sukabumi tersebut.

Wisata berbasis alam memang sedang marak dan menjadi daya tarik tersendiri bagi remaja Indonesia khusunya. Maraknya pengguna media sosial membuat banyak orang memburu tempat wisata semacam ini, alasan nya sih simple, hanya karena ingin mempercantik feeds Instagram yang menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Info Lengkap Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi
pict by: Instagram @tbachmadmaulana

Nah, kali ini ada salah satu tempat wisata yang sangat di rekomendasikan untuk kalian sebagai tempat berlibur akhir pekan, yakni wisata alam Curug Sawer Sukabumi. Jika kalian penasaran maka kalian wajib membaca ulasan Info Lengkap Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi. di bawah ini.

Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi


Curug Sawer merupakan tempat wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Sukabumi Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit, memiliki ketinggian sekitar 25-30 meter dan berada pada Kawasan Wisata Situ Gunung, Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP). Curug ini masuk dalam wilayah pengelolaan hutan termasuk RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi.

Bagi kamu yang memang tinggal di daerah ini, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar obyek wisata Curug Sawer tersebut. Tetapi berbeda hal nya dengan kamu yang tinggal di luar Sukabumi, mungkin masih sangat asing mendengar nya.

Obyek Wisata Curug Sawer Sukabumi, merupakan destinasi wisata yang selalu ramai di padati wisatawan dalam negeri, bukan hanya karena keindahan alam nya saja, fasilitas, harga tiket masuk serta kemudahan akses jalan yang menjadi alasan Curug Sawer selalu ramai di padati wisatawan.

Sebenarnya pada kawasan wisata alam situ gunung ini terdapat curug lain, salah satunya ialah  Curug Cimanaracun, dimana curug ini merupakan sumber dari air danau Situ Gunung. Curug ini berjarak sekitar 200 meter dari Wisma Situgunung.

Bagi kamu yang menyukai tantangan sangat diwajibkan untuk mengunjungi curug yang bernama Curug Kembar. mengapa? karena lokasi curug kembar cukup jauh sekitar 1 jam perjalanan dari lokasi Curug Sawer dengan mengikuti arah jalur pendakian Gunung Gede Pangrango. 

Sangat tidak disarankan untuk kamu yang memiliki penyakit asma, karena untuk sampai ke Curug Kembar tersebut diperlukan stamina yang prima, karena kamu akan melewatin kondisi jalan yang menantang, melewati hutan, bukit, bahkan merayap turun ke lembah melalui akar pohon.

Info Lengkap Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi
pict by: Instagram @ommaan77

Obyek Wisata Curug Sawer di Kadudampit Sukabumi Jawa Barat, memiliki pesona keindahan alam yang mantul banget dan Sangat di sayangkan bila kamu sedang berada di kota Sukabumi tidak menyempatkan waktumu untuk mengunjungi wisata alam Curug Sawer tersebut.

Lokasi/rute Menuju Curug Sawer Sukabumi


Seperti yang sudah di jelaskan diatas lokasi obyek wisata Curug Sawer terletak di Kabupaten Sukabumi Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit, berada di dalam di Kawasan Wisata Situ Gunung, Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP), Jawa Barat 43153, Indonesia.

Kawasan ini terletak sekitar 10 km dari jalan poros Sukabumi-Bogor. Buat kamu yang suka menggunakan jasa angkutan umum bila dari Sukabumi kamu bisa menggunakan angkot 08, jurusan Sukabumi - Cisaat, kemudian turun di didepan Alun-alun Cisaat, tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat pangkalan angkot, carilah angkot dengan jurusan Kadudampit.

Jika kamu ingin langsung di antar sampai didepan gerbang kawasan wisata Situ Gunung. Kamu akan di kenakan ongkos tambahan.
Baca Juga: Rute Menuju Curug Cikuluwung
Untuk sampai ke lokasi Curug Sawer Sukabumi terbagi menjadi dua jalur, jalur yang pertama melalui perkemahan Situ Gunung, untuk jalur yang ke dua melewati perkemahan Cinumpang. Jika kamu ingin trek yang lebih sedikit menantang, kamu bisa berangkat dengan mengambil jalur perkemahan Situ Gunung dan kembali melalui perkemahan Cinumpang. Jalur dari perkemahan Situ Gunung cukup menantang karena turun naik di pinggir jurang. Sementara jalur lewat perkemahan Cinumpang relatif lebih ringan, bahkan (kalau berani) bisa ditempuh dengan ojek.

kamu juga dapat menggunakan jasa ojek diarea wisata dengan tarif sekitar Rp. 20.000,-. Namun, akan sangat di sayangkan bila kamu melewatkan atau tidak menikmati keindahan alam sekitar bila menggunakan jasa ojek yang akan mempercepat perjalanan.

Untuk melihat lokasi pasti dan mengetahui jalan menuju wisata Curug Sawer Kadudampit Sukabumi Jawa Barat, mohon dilihat pada peta di bawah ini.


Tiket Masuk Curug Sawer Sukabumi

Kamu tidak perlu khawatir dengan harga tiket Curug Sawer Sukabumi ini, karena biaya masuknya cukup murah, yakni sebesar Rp 18500,- (sudah termasuk parkir), bagi yang ingin camping di wajibkan membayar biaya camping sebesar Rp. 5000/hari. Bagaimana gaes cukup murah bukan.

Jadi, dengan harga tiket masuk yang terbilang ramah di kantong tersebut, kamu sudah bisa langsung menikmati semua keindahan alam Curug Sawer yang masih sangat asri dengan lingkungan yang terbuka.

Fasilitas yang tersedia pada kawasan Situ Gunung terdapat beberapa warung makan, toilet, mushola, pusat informasi dan area parkir. Selain itu juga tersedia area perkemahan yang cukup luas sekitar 5 ha dengan beberapa blok. Dimana masing-masing blok disediakan kamar mandi, jamban dengan beberapa ruangan lengkap dengan air bersih. Bagi yang tidak membawa perlengkapan camping, pihak pengelola menyediakan berbagai perlengkapan camping dan lain-lain.
Baca Juga: Tiket Masuk Coban Parang Tejo Malang
Tidak sampai disitu saja, bagi yang tidak ingin berkemah kamu juga bisa menyewa villa yang ada di sekitar kawasan Situ Gunung, harga yang di tawarkan sekitar Rp. 250.000,- s/d Rp. 350.000,-/malam. Itulah beberapa Info Lengkap Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi yang bisa dijadikan rekomendasi liburan akhir pekan ini.

Sekarang, tunggu apalagi? Masukkan Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi di dalam list wisata yang akan kamu kunjungi selanjutnya bersama dengan teman, kekasih, sahabat ataupun keluarga tercinta di rumah. Salam Lestari Salam Bunga Padi.

2 komentar

Pastinya KK, kapan kapan kita kemah bareng k.


EmoticonEmoticon