Tuesday, 9 October 2018

Info Lengkap Wisata Coban Parang Tejo Malang

Wisata Coban Parang Tejo || Pernahkah Anda mendengar wisata alam Coban Parang Tejo? Nama tersebut pasti terdengar asing bagi Anda. Sekilas kedengarannya pasti terletak di daerah pulau Jawa. Ya benar, wisata tersebut berlokasi di Malang, Jawa Timur. Dan pada kesempatan kali ini PETANIADV ingin mengajak anda untuk mengenal salah satu wisata air terjun eksotis yang ada di Malang ini.
wisata coban parang tejo malang
Pict By : instagram @sr.ltd

Malang memang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan asri, apalagi di daerah kabupatennya. Salah satu yang menjadi ciri khas dari wisata Coban Parang Tejo adalah air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter dengan aliran air yang halus. Air terjun ini berada di lereng Gunung Butak yang bermuara ke sungai Metro yang terletak di perbatasan Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sungai tersebut diketahui mengalir sampai Kabupaten Blitar.

Perlu Anda ketahui, di sekitar air terjun tersebut seringkali tampak pelangi saat musim kemarau dan kondisi matahari yang terik. Sinar warna-warni yang sangat indah itu tercipta dari pembiasan cahaya matahari yang menembus air di sekitar area air terjun. Itulah mengapa, air terjun ini dinamakan Parang Tejo. Karena nama tersebut berasal dari kata Parang yang berarti tebing dan Tejo yang berarti pelangi.
Baca Juga: Wisata Alam Coban Jodo
Ada pula tebing dan perbukitan yang menyegarkan mata Anda jika melihat lingkungan di sekitar tempat wisata tersebut. Di sekitar perbukitan tersebut, Anda dapat mengabadikan pemandangan yang indah dengan berdiri atau duduk di ayunan yang tergantung tinggi. Sungguh terlihat natural dan eksotis, karena wisata ini dikelilingi oleh hutan lindung yang akan Anda temui di sepanjang perjalanan menuju wisata Coban Parang Tejo Malang.

Selain pemandangan perbukitan (tebing pelangi) dan air terjun yang sangat indah, Anda juga menikmati hal-hal yang menarik di Coban Parang Tejo, seperti:
ayunan wisata coban parang tejo malang
Pict By : instagram @ayodolan

  • Spot-spot foto bertemakan Negeri Dongeng, Seperti: ayunan maut, rumah akar, sayap burung, taman love, jembatan kayu, bunga raksasa hingga air terjun Parang Tejo.
  • Ayunan dengan background nuansa alam bukit dan langit
  • Jembatan panjang yang multifungsi
  • Hutan pinus
  • Bukit terbang
  • Playground
  • Area trekking

Lokasi Coban Parang Tejo Malang


Wisata Coban Parang Tejo berlokasi di Dusun Princi, Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang sendiri sekitar 20 kilometer, sedangkan dari Kota Batu berjarak sekitar 21 kilometer.

Rute Menuju Coban Parang Tejo


Anda dapat menempuh perjalanan rute wisata Coban Parang Tejo melalui beberapa pilihan dengan kondisi jalan yang sudah cukup baik dan beraspal mulus, di antaranya:
Baca Juga : Keindahan Wisata Batu Belimbing 
  • Dari perempatan Dieng Plaza ke arah barat menuju Universitas Merdeka Malang. Kemudian ke Perumahan Dieng, lalu ke pangkalan mikrolet. Setelah itu berkendaralah ke Kalisongo, diteruskan ke Petungsewu, dan ke Tegalweru. Ketika Anda sudah bertemu dengan pertigaan Dukuh Sempu, beloklah ke kiri menuju Desa Gadingkulon yang berakhir ke Dukuh Princi.
  • Dari Museum Brawijaya, melajulah ke Jalan Bondowoso. Kemudian ke Jalan Tidar, ke Jalan Puncak Mandala, lalu ke Jalan Puncak Yamin, ke Jalan Esberg, hingga bertemu dengan pangkalan mikrolet AT. Setelah itu, berkendaralah menuju Candi V D, ke Karangwidoro, ke Petungsewu, ke Tegalweru, hingga bertemu dengan pertigaan Dukuh Sempu lalu belok ke kiri. Dari situ Anda akan menemukan Desa Gadingkulon, Dukuh Princi.
  • Dari jalan antar kota Malang dengan Batu, ke pemandian Sengkaling lalu ke arah barat. Selanjutnya di pertigaan Polsek Dau belok ke kiri, lurus sampai ke perempatan Semanding belok ke kiri. Setelah Anda menemui Asrama Putri Arrohmah, berkendaralah ke Dukuh Sempu lurus hingga bertemu dengan Desa Gadingkulon, Dukuh Princi.
  • Dari Kota Batu, Anda bisa berkendara melalui jalur dari Batu Night Spectacular yang berada di Jalan Raya Oro-Oro Ombo. Kemudian melajulah ke Jalan Raya Tlekung, ke Jalan Raya Junrejo, lalu ke Monumen Jun. Setelah itu, berarahlah menuju Sumbersekar hingga bertemu dengan pertigaan Sumberseka Dau belok ke kanan. Lalu, ke Gadingkulon belok ke kanan hingga sampai di Dukuh Princi.
  • Dukuh Princi berada di paling barat Desa Gadingkulon. Setelah Anda sampai di Dukuh Princi, Anda bisa menitipkan kendaraan Anda di rumah penduduk setempat. Kemudian, Anda lanjutkan perjalanan sekitar 500 meter, melewati jalan setapak naik turun bukit dan menyisiri jurang yang dalam hingga sampai di wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Coban Parang Tejo

pict by : instgram @cerita_senjadanfajar

Wisata Coban Parang Tejo memiliki jam operasional hingga 24 jam. Adapun harga tiket masuknya adalah Rp 15.000 per orang, dengan parkir motor seharga Rp 3.000.
Baca Juga : Keindahan Wisata Tebing Marumasa
Saat ini wisata alam Malang ini sedang hits dan menjadi destinasi wisata terfavorit oleh wisatawan lokal. So, bagi Anda yang termasuk wisatawan luar tak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk membawa orang-orang terdekat Anda ke wisata alam Coban Parang Tejo. Dengan berwisata ke tempat ini, akan melepas penat Anda selama liburan dan menambah kehangatan hubungan Anda dengan keluarga, kekasih, kolega hingga sahabat Anda.


EmoticonEmoticon