Wednesday, 3 October 2018

Info Legkap Wisata Jembatan Sawah Lemah Ijo Semarang

Wisata Jembatan Sawah Lemah Ijo || Apabila Anda melewati kawasan Semarang, Anda pasti melihat sederetan sawah terbentang luas di kanan kiri jalan. Adanya sawah yang terbentang luas tersebut membuat Pemerintah Propinsi Jawa Tengah memilihnya sebagai pengembangan destinasi wisata alam. Tapi perlu Anda ketahui bahwa wisata ini awalnya milik Heru Setiawan, Sekretaris Desa Gedong, yang dikelola bersama dengan penduduk Desa Gedong. Dan pada kesempatan kali ini PETANIADV ingin membahasnya untuk anda.
jembatan lemah ijo semarang
pic by : instagram @lemahijogroup

Salah satu wisata persawahan yang terbilang baru tersebut adalah Jembatan Sawah Lemah Ijo. Lemah ijo berarti tanah hijau, yaitu tanah yang ditumbuhi oleh tumbuhan padi yang masih muda. Di atas area sawah yang hijau tersebut didirikan jembatan sebagai daerah pejalan kaki bagi para wisatawan. Jika Anda berjalan di jembatan tersebut, secara langsung Anda bisa menikmati pemandangan hijau yang menyegarkan mata, lengkap dengan udara segar di sekitar daerah tersebut.

Wisata yang berada di Dusun Kayuwangi ini dibuka sejak 20 Juni 2018. Wajar saja jika sarana prasarana masih belum terlalu lengkap, karena daerah ini masih dalam tahap pengembangan  untuk dijadikan wisata terunik di Indonesia. Apa mungkin bisa menjadi yang terunik di Indonesia? Tentu saja bisa, sawah yang biasanya Anda lihat sebagai area untuk bercocok tanam, ternyata bisa digunakan sebagai area wisata yang menyejukkan mata.

Baca Juga : Keindahan Wisata Keretak Nibong

Meskipun demikian, rupanya wisata satu ini sudah kebanjiran pengunjung. Hal ini dibuktikan dengan hasil penjualan tiket yang mencapai 300 tiket sesaat setelah wisata ini dibuka. Sebagian besar dari mereka penasaran dengan nuansa alam di persawahan tersebut.

Wisata Jembatan Sawah Lemah Ijo Semarang ini menyediakan fasilitas untuk swafoto di beberapa tempat. Rata-rata pengunjung lebih menyukai berfoto di atas jembatan yang terbuat dari bambu, dengan background hamparan sawah yang hijau. Selain itu, juga sudah didirikan tempat jualan makanan dan minuman bagi pengunjung yang ingin memanjakan lidah sambil menikmati keindahan alam.

Selain sawah, pengunjung juga bisa melihat bukit yang hijau di sekitar area sawah terebut. Tampak pulau Rawa Pening karena letaknya memang berdekatan, serta kota Salatiga dari kejauhan. Jika kalian ingin menikmati sisi terbaik dari Jembatan Sawah Lemah Ijo, datanglah pada saat sore hari. Langit semarang akan diselimuti oleh senja yang begitu indah.
senja di jembatan sawah lemah ijo
pic by : instargam @ametriyan

Lokasi Jembatan Sawah Lemah Ijo


Jembatan Sawah Lemah Ijo terletak di Jalan Gajahmungkur No.1, Dusun Kayuwangi, Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50664. Untuk anda yang belum mengetahui alamat ini, silahkan cek melalui google maps.

Rute Menuju Jembatan Sawah Lemah Ijo


Setelah Anda mengetahui lokasinya, Anda juga harus tahu bahwa rute menuju Jembatan Sawah Lemah Ijo ternyata dapat ditempuh dari pusat kota Semarang, dimana perjalanan membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih 5 menit, dengan jarak tempuh sekitar 54 kilometer.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Semarang (Jalan Jeruk Raya), maka beloklah ke kiri menuju Jalan Lamper Sari. Lalu belok ke kanan menuju ke Jalan Durian Barat. Lurus hingga bertemu dengan Stationery Store Anugrah ATK, beloklah ke kiri menuju Jalan Tentara Pelajar.

Lalu belok kanan ke Jalan Tol Tanjungmas-Srondol, Jalan Tol Srondol-Jatingaleh. Kemudian belok kiri ke Jalan Tol Tembalang-Ungaran, ke Jalan Tol Semarang Solo. Belok lagi ke kanan ke Jalan Tol Ungaran-Bawen. Belok kiri ke Jalan Tol Semarang-Surakarta, lalu belok kanan ke Jalan Lkr. Sel. Salatiga, belok kanan ke Jalan Raya Salatiga Muncul hingga bertemu RM Lesehan Bu Iroh lalu ada pertigaan ambil lurus ke Jalan Kalirapat. Kemudian berkendaralah ke Jalan Gajahmungkur, Dusun Kayuwangi, maka Anda akan menemukan wisata jembatan sawah di daerah ini.
pic by : instagram @exploreungaran

Harga Tiket Masuk Lemah Ijo Semarang


Untuk harga tiket masuk Jembatan Sawah Lemah Ijo Semarang ditawarkan seharga Rp 5.000 per orang. Dengan jam operasional sebagai berikut:


  • Senin: Tutup
  • Selasa: 08.00 - 17.00 WIB
  • Rabu: 08.00 - 17.00 WIB
  • Kamis: 08.00 - 17.00 WIB
  • Jumat: 14.00 - 21.00 WIB
  • Sabtu 08.00 - 21.00 WIB
  • Minggu 08.00 - 21.00 WIB

Baca Juga : Keindahan Rumah Domes Jogja

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Tengah, atau memiliki keluarga di Jawa Tengah. Berkunjunglah ke wisata ini untuk bernostalgia di daerah pedesaan yang identik dengan area persawahan. Wisata Jembatan Sawah Lemah Ijo yang masih baru ini pasti mengingatkan Anda dengan masa kecil, di mana jumlah sawah pada zaman dulu masih melimpah. Anda bisa mengabadikan momen indah berwisata di Jembatan Sawah Lemah Ijo bersama orang-orang terdekat Anda di kawasan wisata yang konvensional ini. Selamat berwisata di Semarang!


EmoticonEmoticon