Saturday, 6 October 2018

Info Lengkap Wisata Tebing Marumasa Kalibata

Wisata Tebing Marumasa Kalibata || Wisata Tebing Marumasa Kalibata merupakan satu di antara 32 tempat wisata yang ada di Kabupaten Bulukumba. Wisata ini berlokasi tepat di Pantai Marumasa yang memiliki garis pantai yang berwarna putih dengan pasir selembut tepung terigu dan tampak putih dari kejauhan. Inilah yang menjadi salah satu keunikan dari wisata bahari tersebut dibanding pantai lainnya di daerah Bulukumba.
Wisata Tebing Marumasa Kalibata
pic by : instagram @visitsulseslofficial

Berdasarkan informasi yang PETANIADV dapatkan, Pantai Marumasa dulunya ramai dikunjungi oleh wisatawan namun belum dikelola dengan baik. Karena hal itulah, pantai tersebut mengalami penurunan jumlah pengunjung karena tidak adanya perhatian dari pemerintah setempat.

Selain itu, dulunya pantai ini digunakan sebagai tempat hiburan penjajah Belanda yang berkuasa di Sulawesi karena pesona pantai yang sangat indah. Anda pun masih bisa menemukan bangunan-bangunan tua milik para penjajah terdahulu, seperti tangga dari jalan menuju Pantai Marumasa.
Saat ini, pantai Marumasa menjadi lebih indah, bersih dan nyaman berkat pengelolaan para pemuda Kalibata Bira. Sesuai dengan nuansa pantai, wisata Tebing Marumasa Kalibata dihiasi dengan pohon kelapa yang amat cantik dan rindang, air laut yang jernih membiru, serta batu pecahan yang berasal dari pecahan gunung batu akibat ombak deras sejak ratusan tahun yang lalu.
Berada di antara tebing yang menjulang tinggi, membuat Anda dapat menikmati keindahan laut yang biru dari puncak tebing. Di puncak tebing tersebut, Anda bisa berswafoto di manapun Anda berada. Anda bisa meminta tolong pemuda Kalibata untuk menuangkan ide kreatif mereka dalam mengfoto Anda secara gratis. Anda hanya diminta membeli air mineral botol. Nantinya, dari botol minum bekas tersebut akan dikumpulkan kembali oleh pemuda Kalibata untuk disulap menjadi ide kreatif lainnya yang menguntungkan. Sudut lain yang cocok digunakan sebagai spot foto di antaranya bebatuan, ayunan, gardu, hammock.
Tebing Marumasa Kalibata
pic by : instaram @rentalmobilmakasar
Tak puas dengan sehari saja menikmati pantai dan Tebing Marumasa Kalibata, Anda pun bisa menyewa tenda untuk camping di sekitar pantai tersebut. Camping tersebut akan terasa lebih indah saat bulan purnama.

Lokasi Tebing Marumasa Kalibata

Lalu dimanakah lokasi dari salah satu pesona Bulukumba ini? Destinasi wisata Tebing Marumasa Kalibata berlokasi di Bira, Desa Darubiah, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba Regency, Kabupaten Bulukumba, Propinsi Sulawesi Selatan.

Rute Menuju Tebing Marumasa Kalibata

Wisata pantai Tebing Marumasa Kalibata yang terletak di Bira ini dapat Anda jangkau dari Kota Makassar dengan waktu tempuh selama 4,5 jam perjalanan. Terkesan agak lama karena memang letaknya yang cukup tersembunyi sehingga disarankan agar Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menyewa mobil beserta sopirnya dari Bulukumba. Hal ini untuk mengantisipasi Anda agar tidak tersesat di jalan.
pic by : instagram @titimarfuah
Sebenarnya, wisata Tebing Marumasa Kalibata tak jauh dari Tanjung Bira yang lebih dulu dikenal oleh para pecinta laut di Sulawesi. Sebelum sampai di sana, temukan dulu Masjid Besar di Poros Bira yang berada kira-kira 40 kilometer dari Kabupaten Bulukumba. Di lokasi tersebut sudah ada papan penujuk jalan yang terpasang di pusat pertigaan jalan. Ikuti saja arah jalan tersebut, sekitar 1 km Anda sudah bisa memarkirkan kendaraan Anda di bibir pantai.
Baca Juga : Keindahan Wisata Keretak Nibong
Jalanan di rute tersebut memang tampak kecil dan menurun, namun sudah diaspal dan mobil bisa melintas di jalan itu. Anda juga dituntut untuk selalu hati-hati dan saling pengertian dengan pengendara lain yang berpapasan dengan Anda.

Harga Tiket Masuk Tebing Marumasa Kalibata


Harga tiket masuk yang ditawarkan adalah Rp 10.000 per orang. Wisata tebing yang berada di sekitar laut ini memiliki jam buka setiap hari selama 24 jam, sesuai dengan zona Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) tepatnya waktu Makassar.
Bagi Anda yang menyukai wisata alam pantai, Tebing Marumasa Kalibata ini bisa Anda jadikan pilihan sebagai destinasi wisata pantai Anda yang selanjutnya. Meskipun agak susah untuk mencapai pantai Marumasa, percayalah bahwa akan ada panorama alam tereksotis yang menakjubkan mata Anda ketika sampai di pantai itu.

2 komentar

Wisata murah meriah nih. Sayang untuk di lewatkan.

iya bener gan, suasananya ajib banget


EmoticonEmoticon