Friday, 9 November 2018

Info Lengkap Wisata Alam Curug Lontar Leuwiliang Bogor

PETANIADV || Menurut gue pribadi, mencari destinasi wisata alam di bogor itu cukup mudah, karena di setiap sudut kota Bogor terdapat wisata alam yang cukup menarik perhatian, seperti puncak Mustika Manik, Panorama Pabangbon serta wisata alam Ranggon hill yang ada di kaki gunung salak bogor.

Pada kesempatan kali ini PETANIADV ingin mengajak kamu semua untuk mengenal salah satu wisata Curug eksotis yang pernah terlupakan. yaitu Curug Lontar. Tidak banyak pengunjung yang datang ke curug tersebut, karena wisata ini memang terbilang cukup asing di telinga, dan jarang dikenalkan oleh pemerintah daerah. yang membuat terhambatnya pembangunan sarana wisata pendukung disekitar kawasan wisata Curug Lontar Leuwiliang Bogor.
Pict by Instagram: @mrschaaniez

Nah, buat kamu yang lagi mencari destinasi wisata alam yang tidak terlalu ramai pengunjung, seperti Curug Cikuluwung, wisata Curug Lontar leuwiliang bogor ini wajib untuk dicoba dan cari tahu mengenai info lengkap wisata alam Curug Lontar Leuwiliang Bogor. Karena keindahan alam yang dimiliki tempat tersebut tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas, pastinya cocok banget buat kamu yang suka ngetrip ke suatu tempat yang tidak terlalu mainstream, seperti Curug Lontar ini.

Curug Lontar Leuwiliang Bogor


Curug Lontar leuwiliang Bogor, menyimpan keunikan dan keindahan yang berbeda dari curug lainnya. Jika curug lain kita bisa berenang dengan puas, beda halnya dengan Curug Lontar, karena curug ini memiliki debit air yang deras dengan ketinggian 35 meter, membuat siapapun yang mengunjunginya di larang untuk berenang di area curug tersebut.

Kolam di bawah curug tersebut sangat luas, dengan kedalaman lebih dari 20 meter. Konon katanya menurut orang disekitar, bahwa Curug Lontar menyimpan banyak misteri "Jika kita bertanya pada orang disekitar curug". So, jangan coba-coba memaksakan diri untuk berenang, walaupun kesegaran air Curug Lontar telah memanggil-manggill.
Baca Juga : Curug Sawer Sukabumi
Keindahan serta ekosistem alam di sekitar Curug Lontar masih sangat alami juga bersih, tidak seperti wisata alam pada umunya, yang selalu ramai, pastinya akan terlihat banyak pedagang yang berjejer disekitar area tempat wisata, yang mengurangi nilai ke alamiannya.

Lokasi/Rute menuju Curug Lontar Leuwiliang Bogor


Curug Lontar terletak di Bogor Barat tepatnya di Desa Karacak Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Curug yang berlokasi di Lewiliang ini kurang lebih berjarak 40KM dari pusat kota bogor.

Untuk mencapai lokasi wisata alam Curug Lontar Leuwiliang Bogor ini tidaklah terlalu sulit, apa lagi jika kamu menggunakan kendaraan roda dua/empat. Khusunya buat sahabat petaniadv bisa langsung menuju ciampea, yaitu jalan menuju Gunung Kapur Puncak Roti dan Galau, setelah itu lihat petunjuk arah yang menuju Leuwiliang, terus saja sampai kamu menemukan jembatan besar sungai Cianten.
Selepas jembatan Cianten kamu akan menemukan pertigaan (tempat angkot ngetem) ambil jalan kiri. lanjutkan saja perjalanmu sampai menemukan PLTA yang ada di sebelah kiri jalan. anggaplah itu sebuah patokan yang menandakan perjalananmu akan segera sampai. Jangan malu untuk bertanya tidak jauh dari PLTA sekitar 500 meter kamu akan menemukan Pos Ronda, menandakan perjalanmu selesai.
pict by Instagram: @mrschaaniez

Tiket masuk Curug Lontar 

Perlu kamu tahu, bahwa Curug Lontar merupakan bagian dari sungai Cianten, yang bersumber dari Gunung Salak Bogor. Curug dengan ketinggian 35 meter ini pun memiliki debit air yang cukup deras, sehingga sungai pembentuk air terjun ini digunakan untuk sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kracak sejak Zaman Penjajahan Belanda sekitar tahun 1926.
Baca Juga: 7 Wisata Curug Terindah di Bogor
Untuk dapat menikmati pesona keindahan Curug Lontar sangatlah tidak mahal, cukup membayar Rp.5000,- kepada anak-anak yang menunggu, kamu sudah mendapatkan surat izin masuk kawasan Curug Lontar tersebut, selain itu kamu dapat dengan puas menikmati keindahan Curug Lontar pastinya enggan melewatkan kesempatan untuk mengabadikan setiap momen di sekitar area Curug tersebut.

Dari Info Lengkap Wisata Alam Curug Lontar Leuwiliang Bogor yang sudah disampaikan diatas tentunya akan membuat daya tarik bagi setiap orang untuk mengisi hari liburnya, dan sangat cocok sekali buat kamu yang mencari kesunyian, tunggu apa lagi? liburan yukk!!


EmoticonEmoticon