Thursday, 1 November 2018

Info Lengkap Gunung Telomoyo Magelang Jawa Tengah

Hai sobat-sobit PETANI ADV apa kabar semua? semoga dalam keadaan baik sehat dan bahagia yah. Dari banyak nya gunung di Kabupaten Magelang, gunung mana saja yang sudah pernah kamu daki? Gunung Andong, Merbabu, Gunung Sumbing atau Telomoyo? Buat kamu yang belum pernah menikmati keindahan Gunung Telomoyo, pada kesempatan kali ini PETANIADV ingin mengajak kamu untuk mengenal salah satu gunung yang bisa kamu daki dengan menggunakan sepeda motor, mobil hingga berjalan kaki.

Penasaran ingin tahu tentang Info Lengkap Gunung Telomoyo? simak ulasan di bawah ini.

Tentang Gunung Telomoyo


Gunung Telomoyo terletak tepat di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Telomoyo memiliki tinggi sekitar 1.894 mdpl juga merupakan gunung api yang berbentuk strato (kerucut) dan belum pernah ada cacatan gunung tersebut meletus. Penampakan Gunung Telomoyo bisa terlihat dari kota-kota sekitar, seperti Salatiga, Ambarawa, dan Secang, Magelang.
Gunung Telomoyo Magelang Jawa Tengah
pict by: Instagram @semarangcity.id

Gunung Telomoyo ini berada diantara Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran. Gunung Telomoyo terbentuk dari sisi selatan Gunung Soropati yang telah tererosi dan runtuh sejak Pleistosen. Akibat yang di timbulkan dari runtuhan tersebut, terbentuk cekungan berbentuk U. Sehingga Gunung Telomoyo muncul di sebelah selatan depresi ini setinggi 600 m dari dasar cekungan.

Walaupun gunung ini masih kalah populer dengan gunung-gunung lainnya, namun Gunung Telomoyo selalu mempunyai kelebihan yang membuat gunung ini selalu ramai dipadati wisatawan dalam waupun luar negeri.

Menikmati Sunrise Puncak Gunung Telomoyo


Menikmati sunrise di puncak gunung Telomoyo ini sangat berbeda dengan kebanyakan gunung pada umumnya, karena untuk menikmati sunrise di puncak gunung telomoyo kamu tidak perlu sampai menguras tenaga dengan berjalan kaki, karena jalur menuju puncak gunung telomoyo sudah terdapat jalan yang bisa di lalui oleh kendaraan. disepanjang jalan kamu akan di temani dengan keindahan alam yang mantul banget, juga Terdapat air terjun mini yang membuat perjalananmu semakin berwarna.

Alasan mengapa dibuatkan jalan, (untuk pengontrolan) karena tepat diatas puncak gunung Telomoyo terdapat stasiun pemancar milik telkom serta terdapat landasan pralayang, nah dari situlah alasan nya mengapa dibuatkan jalan beraspal.

Gunung Telomoyo Magelang Jawa Tengah
pict by: Instagram @kampretidiotz


Walaupun jalan menuju puncak Telomoyo berupa aspal, tetapi tetap saja di butuhkan kendaraan yang prima, dan kita pun tidak selalu menemukan jalan yang mulus, bahkan sering kali selalu menemukan jalan yang rusak serta bekelok-kelok. Namun itulah tantangan yang akan membuat perjalananmu semakin seru dan menyenangkan.

Tiket masuk Gunung Telomoyo


Wisata Gunung Telomoyo Magelang memiliki jam operasional hingga 24 jam. Adapun harga tiket masuk yang di tawarkan.

Untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.3000,- dan untuk yang membawa kendaraan roda empat seperti mobil akan dikenakan tiket masuk gunung telomoyo sebesar Rp.5000,-. Dari semua harga yang sudah disebutkan bisa saja berubah sewaktu-waktu.

So, agar lebih akurat, ada baiknya kamu datang sendiri dan beri komentar pada postingan dibawah ini bila harga tiket masuk gunung Telomoyo sudah berubah.

Lokasi, Akses jalan menuju Gunung Telomoyo


Lokasi Gunung Telomoyo, terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi pendakian atau gerbang masuk gunung Telomoyo, yang pertama kali kamu tuju adalah Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.
Baca Juga: Wisata Coban Parang Tejo
Akses jalan menuju Gunung Telomoyo, jika kamu berangkat dari Semarang ikuti jl Soekarno Hatta, lurus terus sampai Terminal Tidar Magelang, setelah itu ada pertigaan lampu merah pertama lalu belok kanan, dari belokan tersebut kamu harus lebih berhati-hati, karena jalan akan sedikit menurun.

Tips Mendaki Gunung Telomoyo

Menurut pengalaman saya pribadi, sering kali kita mengalami hal-hal yang tidak diinginkan pada saat liburan, dikarenakan kurangnya persiapan. tetapi tenang saja petani adv akan berbagi tips tentang mendaki gunung telomoyo, agar perjalananmu semakin aman juga menyenangkan. Berikut, simaklah tips-tips mendaki Gunung Telomoyo di bawah ini.
Baca Juga: Curug Sawer Sukabumi
  • Bila kamu ingin mendaki gunung Telomoyo sangat di sarankan mendaki pada saat sore hari atau sebelum matahari terbit
  • Untuk menuju puncak gunung Telomoyo lebih baik dengan berjalan kaki, karena akan lebih alami dan mengurangi polusi, kamu juga bisa menggunakan kedaraan, dan perlu diingat kendaraan yang kamu gunakan harus dalam kondisi sehat. Semua kembali pada diri atau selera kamu masing-masing.
  • Jika kamu menggunkan kendaraan, sebaiknya gunakanlah jenis kendaraan roda dua seperti sepeda motor karena untuk mobil sepertinya agak susah, dikarena banyak jalan aspal yang sudah rusak apalagi ada bagian jalan yang longsor juga, mungkin bisa mobil-mobil tertentu tapi menurut saya pribadi lebih asyik naik motor dan Semua kembali pada diri atau selera kamu masing-masing.

Tapi meski rute perjalanan yang cukup jauh dan berat, semua itu akan terbayar lunas dengan hijaunya pemandangan hutan yang menghiasi perjalanan hingga sampai ke Puncak Gunung Telomoyo Magelang Jawa Tengah. Tertarik untuk mengunjunginya? Tapi ingat ya, untuk tetap menjaga alam Indonesia agar tetap asri dan indah. Selamat berlibur.


EmoticonEmoticon