Saturday, 3 November 2018

Mengintip Ekosistem Mangrove Munjang yang Memanjakan Traveller

PetaniADV || Hutan Mangrove menjadi kawasan yang penting, pengikisan atau erosi bisa diminimalisir dampaknya dari keberadaan hutan manggrove. Pemerintah melalui Kementerian Kehutanan sudah membuat kebijakan mengenai Mangrove yakni UU Nomor 41 tahun 1999 yang menyatakan bahwa mangrove merupakan ekosistem hutan, dan oleh karena itu, maka pemerintah bertanggung jawab dalam pengelolaan yang berasaskan manfaat lestari, kerakyatan, keadilan, kebersamaan, keterbukaan dan keterpaduan.
Pict By : instaram @fkpa_babel
Hal tersebut Pemerintah implementasikan dengan kebijakan yang mengarah pada pelestarian hutan mangrove dengan menggandeng Pemerintah Daerah termasuk Pemerintah Daerah Bangka Belitung yang tentu kamu sudah tahu Bangka Belitung semakin terlihat eksistensinya setelah dijadikan tempat pengambilan gambar Film fenomenal Lakskar Pelangi yang berimbas pada julukan Bangka Belitung sekarang yakni Negeri Laskar Pelangi.

Salah Satu Hutan Mangrove yang ada di salah satu Provinsi di Sumatera ini adalah Hutan Mangrove Munjang Bangka Belitung. Provinsi yang ibukotanya adalah Pangkal Pinang ini telah menetapkan 112 hektar lahan yang dikelolanya adalah lokasi wisata edukasi yang memiliki peran sebagai sumber ekonomi atau penghidupan warga sekitar.

Wisata Edukasi Lestari Mangrove Munjang Bangka Belitung


Konsep yang diterapkan Mangrove Munjang Bangka Belitung adalah wisata alam yang bersifat edukasi lestari dimana pengunjung atau kamu para traveller disuguhi pemandangan yang asri, tentu saja selain sebagai alat untuk meminimalisir dampak fenomena alam yakni erosi yang dapat menyebabkan ekosistem lain mati.
Baca Juga : Keindahan Gunung Telomoyo Jawa Tengah
Mangrove ini dikelola oleh pemerintah daerah, namun awalnya dirintis oleh aktivis lingkungan yang nantinya akan menerima penghargaan dari Pemerintah yaitu penghargaan Kalpataru. Mangrove Munjang Bangka Belitung menyuguhkan pengalaman wisata yang berbeda dimana kenyamanan menaiki hammock akan lebih menyenangkan ketika berada di tengah hutan Mangrove Munjang Bangka Belitung yang begitu asri dan banyak burung berterbangan di udara.

Kawasan hutan Mangrove Munjang juga menjadi tempat penelitian untuk berbagai spesies burung karena kuantitasnya yang banyak memungkinkan peneliti melakukan penarikan kesimpulan mengenai jenis dari spesies tertentu.

Selain keunggulan mengenai kondisi lingkungan yang asri, kawasan hutan Mangrove Munjang Bangka Belitung juga cocok dijadikan background atau bahkan objek photography yang mementingkan keindahan gambar yang epic.

Tempat wisata alam yang mulai booming ini menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan untuk pengunjung seperti jembatan yang sengaja dibangun mengitari area wisata dan pendopo untuk istirahat yang tentunya tidak menghilangkan nilai seni tempat-tempat tersebut.

Kamu yang hobi selfie atau memotret juga sangat memungkinkan mendapat kan objek yang bagus secara estetika dan latar belakang potret diri yang memikat dan mengundang banyak likes dari netizen.

Para traveller dengan segudang rasa penasaran terhadap alam Indonesia juga akan merasa beruntung dengan apa yang ada di kawasan hutan Mangrove Munjang Bangka Belitung.
Baca Juga : Pesona Watu Kemloso Widusari Jawa Tengah
Mengapa? ya tentu karena kelestarian alam Mangrove Munjang Bangka Belitung memanjakan jiwa dan mata para pengunjung.

Pict By : insagram @nurulk85

Mangrove untuk Indonesia dan Traveller


Keselarasan kebijakan mengenai Mangrove Munjang Bangka Belitung membuat pemerintah pusat tidak segan mengucurkan dana untuk terus membangun dan melestarikan Mangrove, ini sebagai upaya pemerintah menjaga ekosistem lingkungan alam Indonesia dan keberlanjutan Mangrove Munjang Bangka Belitung sebagai kawasan pariwisata edukasi lestari.

Menikmati alam Indonesia memang tidak akan ada habisnya karena begitu banyak tempat indah yang mulai dikelola secara professional oleh pemerintah atau pihak swasta. Menjadi warga masyakarat yang tinggal di Negara dengan kekayaan alam yang indah adalah sesuatu yang patut disyukuri karena kita tak harus pergi ke tempat yang jauh untuk bisa membuat jiwa yang haus kedamaian menjadi tenang.
Baca Juga : Deretan Wisata Air Terjun Sukaraja Bengkulu
Kamu hanya perlu bergerak sedikit untuk dapat menikmati barisan ciptaan Tuhan untuk Indonesia. dan mari berkunjung ke tempat wisata alam Indonesia dan tentu dengan tetap merawatnya. silahkan Kunjungi Mangrove Munjang Bangka Belitung untuk menikmati salah satu dari jutaan kenikmatan menjadi warga Negara Indonesia.


EmoticonEmoticon