Thursday, 22 November 2018

Info Lengkap Pendakian Gunung Argopuro via Baderan yang Harus di Coba

PETANIADV || Gunung Argopuro merupakan salah satu Gunung yang berada di Situbondo. Gunung ini memiliki pesona yang sangat indah, sehingga banyak wisatawan yang melakukan pendakian hingga puncaknya.

Seperti yang diketahui bahwa Gunung Argopuro menjadi salah satu gunung yang memiliki jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa. Ini karena, banyaknya jalur yang digunakan oleh para pendaki yang berbeda membuat rute ini semakin jauh.

Salah satunya adalah melakukan pendakian via Baderan, namun saat pulang menggunakan via Bremi. Hal inilah yang menjadikan pendakian memiliki rute yang panjang, sebab para pendaki biasanya tidak menggunakan jalur yang sama.

Nah, bagi Anda yang ingin mendaki ke Gunung Argopuro, ada nih salah satu rute yang bisa digunakan yaitu rute Baderan. Berikut ini adalah Info lengkap pendakian Gunung Argopuro via Baderan yang harus dicoba.

Pendakian Gunung Argopuro via Baderan

Untuk menuju ke rute ini, Anda bisa menaiki kendaraan umum seperti bus. Jika Anda datang dari Jakarta, naik bus dan turun di terminal Probolinggo. Di sana perjalanan dilanjutkan dengan menaiki bus akas kecil dengan jurusan Basuki. Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Desa Baderan dengan menggunakan angkot.

Jika Anda menggunakan kereta, naik kereta dari stasiun terdekat dan turun di Stasiun Malang. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kereta hingga ke Stasiun Probolinggo. Dari stasiun probolinggo, perjalanan dilanjutkan menuju ke Basuki dengan menaiki Bus dan dilanjutkan naik angkot untuk sampai ke Desa Baderan.

Basecamp Baderan


Untuk Anda yang ingin mendaki melalui basecamp ini, jalur Baderan sebenarnya tidak memiliki basecamp yang khusus. untuk melakukan pendakian, Anda hanya perlu mendaftarkan diri ke Polsek setempat dengan nama Polsek Sumbermalang. Jika tidak, Anda bisa melapor ke pihak perhutani agar lebih aman jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Adapun info lengkap pendakian gunung Argopuro via Baderan ini menggunakan jalur pendakian yang bermacam-macam. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Resort Perhutani – Pintu Masuk Hutan/Makadam (4 Jam)


Sebelum mendaki, Anda perlu tahu bahwa jalur Baderan merupakan jalur yang sangat panjang untuk mencapai puncak Gunung Argopuro. Perjalanan awal yang harus ditempuh dari Resort Perhutani hingga Pintu Masuk Hutan saja Anda harus menempuhnya selama 4 jam.

Namun, di jalur ini Anda bisa menemukan alternatif lain dimana hanya membutuhkan waktu 2 jam saja dengan menaiki ojek. Sebab, warga setempat menyediakan jasa ojek untuk mengantarkan pendaki menuju ke pintu hutan. Hanya saja hal ini membuat Anda harus mengeluarkan biaya tambahan.


Pintu Masuk/Makadam-mata Air I/KM 4,2 (2 Jam)

Setelah sampai ke pintu masuk, maka perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Mata Air 1. Di sini Anda akan menemukan jalan-jalan yang licin dengan dikelilingi ilalang. Anda perlu hati-hati dan menjaga keselamatan saat melewati rute ini. Sesampai di Mata Air I Anda bisa bermalam untuk melepaskan rasa penat.

Tenang saja, di sini tersedia mata air yang masih bersih sehingga Anda tidak perlu khawatir kekurangan air. Adapun dari pintu masuk hutan menuju ke mata air ini dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.


Mata Air I – Mata Air II (2 Jam)

Untuk perjalanan selanjutnya tidak seberat perjalanan sebelumnya, dimana Anda bisa bersantai karena rutenya yang lebih mudah. Di sini Anda akan berjalan menyusuri punggung bukit yang naik dan turun.

Rutenya juga dikelilingi oleh rumput ilalang yang tumbuh secara liar. Nah, sesampai di Pos Mata Air II, Anda juga akan menemukan mata Air kedua sebagai sumber Air. Isilah air sebanyak-banyaknya sebagai sumber air untuk melepas dahaga. Untuk perjalanan ini, Anda membutuhkan waktu sebanyak 2 jam saja.

Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan

Mata Air II – Cikasur (1 Jam)

Berbeda dengan perjalanan selanjutnya, perjalanan menuju ke Cikasur akan menjadi perjalanan yang paling menyenangkan. Di sini Anda akan melewati sebuah sabana yang luas dan Anda juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Yang lebih menariknya lagi, di tempat ini juga tersedia sumber mata air yang sangat melimpah.

Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan

Cikasur – Cisentor (1 Jam)

Cisentor sendiri merupakan sebuah pos pertemuan antara jalur Baderan dengan jalur Bremi. Di pos ini tersedia sebuah bangunan seperti gubug yang bisa digunakan untuk beristirahat. Anda juga bisa bermalam di sini, hanya saja tidak ada mata air di tempat ini.

Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan

Cisentor – Rawa Embik (2 Jam)

Sebelum sampai menuju ke puncak, Anda harus menuju ke rawa Embik terlebih dahulu. Adapun waktu yang dibutuhkan adalah 2 jam perjalanan. Untuk medannya sendiri tidak terlalu berat untuk diikuti. Di sini Anda bisa bertemu dengan pendaki lain yang juga ikut mendaki.

Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan

Rawa Embik - Puncak Gunung Argopuro (1 Jam)

Ini adalah perjalanan yang paling ditunggu-tunggu oleh para pendaki yakni menuju ke Puncak. Untuk menuju ke puncak, Anda akan melewati trek yang menanjak dan dikelilingi oleh pepohonan dan semak belukar. Untuk sampai ke puncak, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.
Baca Juga: Pendakian Gunung Sindoro via Kledung
Di atas puncak, rasa capek dan lelah karena berjalan akan hilang karena terbayar dengan pemandangan alam yang sangat indah. Anda bisa menyaksikan hamparan savana yang luas dan indah. Selain itu, Anda juga bisa menemukan sumber mata air yang masih sangat segar dan alami.

Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan

Perlu Anda tahu bahwa dari Info lengkap pendakian Gunung Argopuro via Baderan di atas, biasanya para pendaki memilih jalur keberangkatan dan pulang yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda juga harus mengkalkulasikan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian dari Baderan.

Berikut ini adalah kalkulasinya hingga menuju ke puncak

Resort perhutani – Pintu Masuk Hutan (4 jam)

Pintu masuk – Mata Air 1 (2 jam)

Mata Air I – Mata Air II ( 2 jam)

Mata Air II – Cikasur (1 jam)

Cikasur – Cisentor (1 jam)

Cisentor – Rawa Embik (2 jam)

Rawa Embik – Puncak (1 jam)

Adapun total waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian adalah 13 jam belum termasuk waktu bermalam dan beristirahat. Adapun untuk perjalanan turun via Bremi biasanya hanya memakan waktu 7 jam saja.

Untuk Anda yang ingin mendaki ke Gunung Argopuro, berikut ini ada beberapa tips pendakian yang harus diperhatikan. Misalnya saja seperti memilih hari yang pas dengan cuaca cerah, pendakian bisa dimulai di pagi atau malam hari, tentukan tim yang solid, latihan fisik seminggu sebelum keberangkatan, hingga bawa makanan dan minuman yang cukup.
Baca Juga: Pendakian Gunung Telomoyo
Dari Info lengkap pendakian Gunung Argopuro via Baderan di atas, tentunya Anda sudah memiliki gambaran mengenai pendakian ke Gunung Argopuro. Ya, bukan hanya fisik saja yang harus disiapkan, namun bekal makanan dan minuman juga. Mengingat ini adalah pendakian dengan rute yang panjang dan banyak bermalam.

So, siapkan diri Anda agar bisa sampai ke puncak Gunung Argopuro dengan selamat dan bisa kembali pulang. Jadikan pengalaman mendaki Gunung Argopuro menjadi pengalaman yang tak terlupakan.


EmoticonEmoticon