Sunday, 25 November 2018

Info Lengkap Pendakian Gunung Gede via Putri

PETANIADV || Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang masuk 9 kategori gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat. Gunung ini juga merupakan spot paling favorit yang dikunjungi oleh para pendaki. Sebut saja seperti Alun-Alun Surya Kencana, ini adalah lokasi yang paling ditunggu-tunggu ketika mendaki Gunung Gede.

Hal ini dibuktikan dengan catatan yang tertera pada pihak pengelola bahwa setiap tahunnya terdapat kurang lebih 50.000 pendaki yang datang. Hal inilah yang menjadikan sudah bukan rahasia lagi jika gunung ini menjadi gunung yang sering dikunjungi di Jawa Barat.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk mendaki Gunung Gede, ada baiknya jika Anda perlu tahu Info lengkap pendakian Gunung Gede via Putri. Hal ini penting dimana digunakan sebagai petunjuk arah, terlebih jika Anda baru pertama kali mendaki.

Rute Menuju Basecamp Gunung Putri


Basecamp gunung putri merupakan basecamp yang paling banyak digunakan oleh para pendaki. basecamp ini terletak di sebelah basecamp Cibodas yang terletak diantara Istana Cipanas dan Pasar Cipanas.

Nah, jika Anda datang dari Jakarta, maka Anda bisa menaiki bus dengan jurusan Cianjur atau Bandung. Setelah itu, turun saja di pasar yang sekaligus menjadi Terminal Cipanas. Untuk menuju ke basecamp gunung Putri, Anda perlu menaiki angkot jurusan Gunung Putri.

Perlu Anda tahu bahwa di kawasan Cianjur ini khususnya di daerah kaki Gunung Gede memiliki suhu udara yang sangat dingin. Jadi, pastikan Anda menggunakan pakaian hangat dan tebal terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus memiliki tiket masuk dengan harga Rp. 35.000. Nah, biasanya tiket ini dibeli secara online dengan waktu booking 2-3 hari.

Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk mendaki, berikut ini adalah beberapa Info lengkap pendakian Gunung Gede via Putri dengan rute-rutenya.

Pendakian Gunung Gede via Putri

Bescampe – Legok Leunca (1 Jam)


Perjalanan awal yang harus Anda tempuh untuk menuju Gunung Gede adalah menuju ke Legok Leunca. Legok Leunca menjadi pos selamat datang sebelum Anda mendaki. Untuk menuju ke lokasi ini, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Untuk treknya sendiri tidak terlalu susah karena didominasi dengan perkebunan dan sawah warga setempat.

Nah untuk jalannya sendiri masih datar dan agak menanjak, jadi rute ini belum terlalu berat. Ketika Anda mulai melakukan perjalanan menuju ke Legok Leunca, Anda sudah bisa melihat Gunung Putri dari Kejauhan.

Pendakian Gunung Gede via Putri
Pict by: Instagram @iisyunita04

Legkok Leunca - Buntut Lutung (1,5 Jam)

Perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Buntut Lutung dengan waktu tempuh 1,5 jam. Perjalanan menuju ke Buntut Lutung akan terasa semakin berat, sebab di sini Anda akan jarang menemui mata air. Tidak seperti Jalur Cibodas dimana Anda akan menemukan banyak sungai yang mengalir.

Pendakian Gunung Gede via Putri

Buntut Lutung-Lawang Sekateng (1,5 Jam)

Setelah Anda tiba di Buntut Lutung, maka perjalanan akan dilanjutkan hingga ke Lawang Sekateng. Anda perlu tahu bahwa jalur ini merupakan jalur terberat selama melakukan pendakian ke Gunung Gede tentunya via Gunung Putri.

Anda akan melewati trek yang terus menanjak dan tanpa adanya bidang yang datar sedikitpun. Selain itu, trek-trek yang ada juga dipenuhi dengan bebatuan serta akar-akar pohon yang besar dan lebat. Untuk melakukan perjalanan ini, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan

Pendakian Gunung Gede via Putri

Lawang Sekaten – Simpang Maleber (1,5 jam)

Dari Lawang Sekateng, Anda juga masih harus menempuh perjalanan yang tak kalah berat dengan perjalanan sebelumnya untuk menuju ke Simpang Maleber. Memang trek ini tidak seberat trek sebelumnya, namun Anda tetap harus melewati trek yang menanjak dengan dikelilingi pohon yang rimbun di kanan dan kiri. Untuk menuju ke Simpang Maleber, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan.
Pendakian Gunung Gede via Putri

Simpang Maleber-Alun-Alun Surya Kencana Timur (1 Jam)

Seperti yang sudah diulas sedikit di atas bahwa Gunung Gede memiliki sot yang menaik yakni Alun-Alun Surya kencana. Melewati Jalur Putri, Anda bisa masuk ke Alun-Alun in dari sebelah Timur. Untuk menuju ke lokasi ini, Anda harus memakan waktu 1 jam perjalanan dari Simpang Maleber. Di tempat inilah rasa lelah dan capek yang dirasakan oleh para pendaki akan terbayar lunas karena keindahannya.

Alun-Alun Surya Kencana sendiri merupakan sebuah lahan yang sangat luas dimana di tengahnya terdapat sungai kecil yang mengalir dari puncak Gunung Gede. Selain itu, di sekitar Alun-Alun juga ditumbuhi bunga Edelweiss dan rerumputan hijau yang membentang. Sudah bisa Anda bayangkan betapa indahnya tempat ini?
Baca Juga: Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit
Karena keindahan yang dimiliki inilah yang menjadikan Alun-Alun Surya Kencana dijadikan sebagai tempat favorit bagi para pendaki. Bahkan banyak pula pendaki yang mendirikan tenda untuk bermalam di sini. Hal ini juga dilakukan untuk kembali mengumpulkan energi untuk menghadapi trek selanjutnya menuju Gunung Gede. Sebab, ini baru setengah perjalanan jika Anda ingin menuju puncaknya.

Pendakian Gunung Gede via Putri

Alun-alun Surya Kencana- Puncak Gunung Gede (30 Menit)

Ini adalah momen perjalanan yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Gede. Dimana lagi kalau bukan Puncak Gunung Gede. Untuk menuju ke Puncak, Anda perlu memakan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan dari Alun-Alun Surya Kencana. Dengan trek yang tidak cukup berat membuat Anda lebih rileks karena sudah beristirahat terlebih dahulu di Alun-Alun Surya Kencana.

Di sini rasa lelah seharian berjalan dan bermalam di Gunung dengan menahan hawa dingin yang menusuk tulang akan terbayar seketika. Bagaimana tidak, dari atas puncak Anda bisa menikmati surganya Jawa Barat.

Anda juga akan terkagum-kagum dengan kuasanya Tuhan dalam menciptakan alam semesta yang begitu Indah. Rasanya semua perjalanan dan pengorbanan yang dilakukan telah terbayar lunas. Tidak ada rasa kekecewaan, yang ada hanya rasa syukur karena telah berhasil mencapai puncak tertinggi.

Pendakian Gunung Gede via PutriPendakian Gunung Gede via Putri

Dari semua perjalanan yang sudah ditempuh di atas, Anda juga pelru mengkalkulasikan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendaki Gunung Gede. Berikut ini adalah kalkulasi lengkap yang harus Anda tahu.

Basecamp-Legok leunca (1 jam)

Legok Leunca-Buntut Lutung (1,5 jam)

Buntut Lutung-Lawang Sekateng (1,5 jam)

Lawang Sekateng- Simpang Maleber ( 1,5 jam)

Simpang Maleber- alun-Alun Surya Kencana (1 jam)

Alun-Alun Surya Kencana – Puncak gunung (30 menit)

Jika dikalkulasi secara keseluruhan, maka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian adalah 7 jam. Hal ini diluar waktu istirahat bermalam di Alun-Alun Surya Kencana. Sedangkan untuk jalur penurunan, Anda aling hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4,5 jam saja.
Baca Juga: Pendakian Gunung Argopuro via Baderan
Nah, bagi Anda yang ingin mendaki ke Gunung Gede, berikut ini ada tips pendakian yang harus diketahui. Beberapa tips tersebut seperti memilih hari yang bagus dengan cuaca yang bagus, latihan fisik sebelum keberangkatan, memiliki tim yang solid, jangan sepelekan keselamatan, membawa perlengkapan yang lengkap. Melakukan booking tiket pendakian dan masih banyak lainnya.

Bagaimana? Bukankah Info lengkap pendakian Gunung Gede via Putri tersebut mudah untuk diikuti? Siapkan waktu dan fisik Anda untuk taklukkan puncak Gunung Gede. Selamat mendaki dan semoga selamat sampai tujuan.


EmoticonEmoticon